Peluncuran produk yang sukses membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Anda tidak bisa hanya meluncurkan produk dan berharap yang terbaik. Untuk memastikan bahwa produk Anda berhasil, Anda perlu merencanakan semuanya dengan hati-hati.
Peluncuran produk adalah titik penting antara pengembangan dan pergi ke pasar. Terlepas dari jenis produk yang Anda jual, Anda harus memiliki taktik yang efektif untuk membangun buzz di sekitar merek dan produk Anda, mencapai target, dan mencapai angka penjualan yang Anda tuju. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda memiliki peluncuran produk yang sukses:
- Lakukan Riset
Sebelum meluncurkan produk Anda, Anda perlu melakukan riset. Ini berarti memahami target pasar Anda dan mengetahui apa yang mereka cari. Ini juga berarti mengetahui pesaing Anda dan apa yang mereka tawarkan. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk melakukan penelitian, kemungkinan besar Anda akan gagal.
- Dapatkan Umpan Balik dari Pelanggan Potensial Sebelum Peluncuran
Akan sangat membantu jika Anda selalu mendapat umpan balik dari calon pelanggan sebelum meluncurkan produk Anda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang mereka cari dan apa yang ingin mereka lihat dalam suatu produk. Hal ini juga merupakan cara terbaik untuk mengukur apakah produk Anda adalah sesuatu yang mereka akan tertarik untuk membeli atau tidak. Manfaatkan berbagai platform termasuk email, media sosial, pesan instan, dan bahkan panggilan telepon atau coba lakukan survei atau grup fokus dengan calon pelanggan untuk mendapatkan umpan balik dari mereka.
- Buat Rencana Pemasaran
Anda tidak dapat meluncurkan produk tanpa rencana pemasaran. Anda perlu tahu bagaimana Anda akan menyebarkan berita tentang produk Anda, dan Anda harus memiliki anggaran untuk itu. Rencana pemasaran Anda harus mencakup metode tradisional seperti periklanan dan media sosial, dan PR. Rencana pemasaran Anda harus mencakup:
- Ikhtisar tentang sasaran pemasaran dan periklanan bisnis Anda.
- Deskripsi posisi pemasaran bisnis Anda saat ini.
- Deskripsi target pasar bisnis Anda dan kebutuhan pelanggan.
- Key performance indicators (KPI) yang akan Anda lacak.
- Timeline kapan tugas dalam strategi Anda akan selesai.
Saat membuat rencana pemasaran, pastikan pesan produk Anda menekankan manfaat produk bagi pengguna. Namun, materi pemasaran Anda tidak boleh dilebih-lebihkan atau terlalu menjanjikan. Sebaliknya, Anda harus mendidik pelanggan dan prospek Anda tentang produk Anda, keunggulannya dibandingkan pesaing Anda, dan proposisi penjualannya yang unik.
- Miliki Tujuan yang Realistis
Saat menetapkan tujuan untuk peluncuran produk Anda, pastikan itu realistis. Jika Anda menetapkan pandangan Anda terlalu tinggi, Anda mungkin akan kecewa. Di sisi lain, jika Anda menempatkannya terlalu rendah, Anda tidak akan dapat mencapai potensi penuh Anda. Cari tahu apa yang realistis untuk Anda, dan lakukanlah. Pastikan tujuan spesifik Anda SMART— Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-Based. Seperti perhatikan hal-hal berikut:
- Jelas dan efektif menetapkan nama baru untuk produk Anda atau memposisikan merek Anda dalam cahaya baru
- Membangun kesadaran dan kredibilitas untuk iklan produk baru perusahaan Anda
- Menciptakan peluang untuk penjualan dan memperluas saluran distribusi
- Jual silang produk baru Anda ke pelanggan yang sudah ada
Dari tips diatas Anda tetap harus bersiap untuk hal yang tak terduga. Tidak peduli berapa banyak perencanaan yang Anda lakukan, selalu ada kemungkinan terjadi kesalahan. Sangat penting untuk memiliki rencana darurat jika sesuatu terjadi. Dengan cara ini, Anda dapat meminimalkan kerusakan dan memastikan peluncuran produk Anda tetap berkembang.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – referensi dari berbagai sumber)