Seperti yang kita ketahui, Search Engine Optimization (SEO) merupakan praktik untuk mengoptimalkan website agar dapat tampil di halaman pertama mesin pencari. Optimasi ini memungkinkan search engine atau mesin pencari menilai apakah suatu website layak ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak. Public Relations (PR) juga bisa menjadi alat yang luar biasa untuk pengoptimalan SEO ini, tentunya hal ini dapat berdampak besar pada keuntungan merek Anda.
Namun, SEO tidak memberikan hasil secara langsung, perlunya langkah-langkah untuk meningkatkan peringkat Anda dan meningkatkan visibilitas online merek Anda. Oleh karena itu, pratiksi PR perlu lebih memahami cara kerja SEO dan bagaimana taktik SEO harus dimasukkan sebagai bagian dari strategi keseluruhan mereka. Berikut tips SEO yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengoptimalkan cakupan PR Anda untuk mesin telusur:
1. Selalu Dapatkan Tautan/Link Situs Web Di Semua Liputan Media Online
Pembuatan tautan adalah bagian integral dari strategi SEO apa pun, dan sekarang karena sebagian besar outlet media tradisional hadir secara online, dan blog merupakan bagian integral dari upaya hubungan media apa pun, profesional PR memiliki kesempatan untuk mendapatkan tautan online berkualitas tinggi untuk klien. Pastikan untuk meminta jurnalis / editor / blogger / produser yang bekerja dengan Anda untuk menyertakan link ke situs klien atau media sosial Anda untuk memberikan manfaat SEO dari setiap hit yang Anda dapatkan secara online. Ini mungkin tampak tidak perlu dipikirkan (dan mungkin sesuatu yang sudah Anda lakukan) tetapi ini sangat penting
2. Tetapkan Kata Kunci
Ketika produk atau layanan baru dibuat, terminologi baru dibuat di sampingnya. Gunakan PR untuk menyebarkan kesadaran akan kosakata baru ini. Orang akan segera mulai menghubungkan merek Anda dengan istilah. Kemudian, saat pengguna mengetik istilah ini di mesin telusur, Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan peringkat tinggi karena tidak ada merek lain yang mencoba memberi peringkat untuk kata kunci tersebut.
3. Cari Cakupan Otoritas Domain Tinggi
Secara khusus menargetkan jurnalis dari outlet media dengan otoritas domain tinggi (artinya tautan dari mereka akan membawa lebih banyak bobot SEO). Misalnya, jika Anda mempromosikan cerita untuk perusahaan fashion Anda, tautan media fashion atau publikasi fashion khusus akan kemungkinan besar memiliki lebih banyak nilai SEO daripada tautan dari publikasi nonfashion yang lebih kecil.
4. Platform Media Sosial
Memanfaatkan halaman media sosial Anda merupakan cara sempurna untuk menggabungkan upaya SEO dan PR. Media sosial memiliki kekuatan untuk mempromosikan merek ke target audiens, dan juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan tautan dan berbagi berkualitas tinggi. Anda juga dapat menyiapkan alat untuk menganalisis upaya media sosial, yang memungkinkan untuk melacak konten mana yang paling sesuai dengan audiens Anda. Data ini akan membantu dalam menyusun dan menyempurnakan perpesanan perusahaan. Sinyal sosial kini semakin penting untuk menentukan peringkat, jadi semakin banyak konten berkualitas yang Anda bagikan dan semakin banyak Anda dapat berpromosi melalui media sosial tentunyasemakin baik. Semakin banyak likes, retweet, dan followers yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat Anda.
5. Previous PR Reclamation
Cara lain untuk mendapatkan backlink: gunakan mesin pencari untuk mencari situs lain yang telah menyebutkan merek Anda tetapi tidak memasukkan backlink. Anda dapat menjangkau situs web ini melalui email, media sosial, telepon, atau bahkan formulir ‘hubungi kami’ di situs mereka. Mohon minta backlink ke halaman yang relevan di situs Anda. Jika posting diterbitkan oleh penulis tertentu maka Anda dapat menghubungi mereka secara langsung.
6. Pertimbangkan Untuk Membuat Konten Video
Apakah kata kunci untuk merek Anda sangat kompetitif dalam pencarian Google? YouTube adalah mesin telusur terpopuler ke-2 dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk kata kunci tertentu di sana. Pertimbangkan untuk membuat media video dan mempostingnya di YouTube selain di situs Anda. Kiat pro: Menggunakan video dalam siaran pers juga merupakan salah satu cara terbaik untuk memisahkan siaran pers Anda dari kerumunan.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)