Seperti yang kita ketahui media sosial memiliki potensi yang sangat besar saat ini. Bahkan media sosial sudah memiliki fungsi yang cukup banyak selain menjadi platform penghubung antar teman, ataupun kerabat. Salah satu media sosial yang cukup banyak penggunanya saat ini adalah Instagram. Instagram memiliki potensi yang sangat kuat karena Instagram menggunakan visual baik dalam bentuk foto, maupun video. Penggunanya bisa dengan mudah mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, kemudian membagikannya ke akun pribadi mereka, ataupun membagikan ke platform lainnya.
Penggunaan visual pada Instagram membuat platform ini banyak diminati orang karena memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan text saja. Seperti pepatah yang sudah sering kita dengar, ‘A picture is worth a thousand words’ yang berati ide-ide yang kompleks terkadang dapat disampaikan dengan satu gambar. Gambar tersebut dapat menyampaikan makna atau esensinya lebih efektif daripada deskripsi verbal belaka.
Meskipun foto ataupun video sudah memiliki kekuatan yang bisa memberikan pengaruh pada orang yang melihatnya, jika dibarengi dengan captions yang sesuai maka pengaruh yang diberikan akan semakin kuat. Jika sebuah foto ataupun video yang baik tidak memiliki jumlah likes yang banyak bisa jadi caption yang mendapinginya kurang sesuai. Kenapa caption memiliki peran penting? Karena caption sendiri memiliki peran sebagai ‘window to your soul’, followers Anda ‘merasakan’ dan mengenal kepribadian Anda.
Sebelum membahas tips untuk menulis caption yang menarik, kita harus memulai dulu dengan menganalisis postingan-postingan sebelumnya. Dari situ kita bisa melihat postingan mana saja yang berhasil dan memiliki angka engagement yang lebih tinggi dari yang lainnya. Hasil itu bisa menjadi guide kita kedepannya.
Lalu apa saja yang kita perlukan dalam caption kita?
- Call-to-Action (CTA)
Dalam caption kita memerlukan call to action (CTA). Ini bisa berbentuk pertanyaan atau permintaan saran dari para follower kita. Bisa juga dengan meminta followers kita dengan membaca blog kita, ataupun meng-klik link yang ada di kolom bio kita.
- Hashtag
Hashtag membantu kita dalam mentrack postingan kita. Selain itu hashtag juga membantu kita supaya orang bisa lebih mudah menemukan postingan kita. Yang kita ketahui pasti adalah kita harus menggunakan hashtag yang relevan. Hashtag nya sendiri bisa ditulis pada caption ataupun pada kolom komentar, itu tidak menjadi masalah.
Lalu bagaimana cara menuliskan caption yang menarik? Berikut beberapa langkah yang bisa membantu kita dalam menuliskan caption sehingga postingan kita bisa lebih menarik.
- Kenali demografis followers
Kita perlu mengenal demografis dari followers kita. Ini akan membuat kita bisa lebih relevan untuk menyampaikan informasi yang akan kita berikan. Ketika sudah mengenali jenis audiensmu di Instagram, akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat strategi Instagram marketing yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Hal ini akan sangat mempengaruhi kepentingan bisnis perusahaan, sebab strategi pemasaran yang baik adalah strategi yang ramah akan keperluan audiens.
- Format text yang baik untuk impact yang maksimal
Pastikan caption Anda memiliki format baik. Ini akan memudahkan followers Anda untuk membaca dan mudah untuk di mengerti. Informasi yang akan Anda sampaikan usahakan dalam bentuk bullet point atau dengan berikan jarak yang sesuai, sehingga mudah untuk dibaca.
- Pastikan untuk memposisikan CTA dengan baik
Meskipun Anda membuat konten yang orang dapat dengan mudah mencarinya, kita harus memastikan Anda memposisikan CTA Anda dengan baik. Perlu diingat biasanya orang memperhatikan awal atau akhir konten. Sehingga apa yang terjadi di tengah sering kali diabaikan.
- Gunakan Power-words
Dalam menuliskan caption Anda harus menggunakan power-words. Pengunaan kata-kata ini akan memberikan ‘emosi’ untuk pembacanya. Tapi kita juga harus hati-hati dalam penggunaannya, jangan sampai kita terkesan berlebihan, apalagi overselling. Ini akan berdampak buruk untuk citra kita.
- Jangan membuat caption yang panjang
Perlu diingat orang tidak memiliki banyak waktu, jadi jangan sampai Anda membuat caption terlalu panjang. Followers Anda juga tidak akan mau meluangkan waktu yang banyak untuk membaca postingan yang terlalu panjang. Namun jika memang postingan Anda memerlukan caption yang panjang, pastikan apa yang Anda ingin sampaikan benar-benar manarik dan penting.
Dengan tips ini diharapkan kita bisa membuat caption yang lebih menarik dan informasi yang kita berikan bisa meluas dan sampai kepada target audience kita.
(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)