Public Relations (PR) campaign atau kampanye PR yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek atau penjualan merek Anda selama bertahun-tahun setelah kampanye selesai. Kampanye PR, memungkinkan Anda mengontrol penyebaran informasi tentang bisnis Anda, menciptakan narasi media yang memposisikan Anda untuk menarik pelanggan. Ini juga dapat digunakan sebagai taktik untuk menghasilkan kesadaran tentang acara atau usaha bisnis tertentu.
Selain itu Anda perlu mengembangkan media plan atau rencana media. Rencana ini menguraikan, siapa yang ingin Anda jangkau, apa yang ingin Anda capai, apa yang akan dilakukan, dan bagaimana Anda akan mengevaluasi kesuksesan. Untuk itu membuat dan mengimplementasikan kampanye PR, memerlukan rencana komprehensif yang dapat diikuti, diukur, dan ditingkatkan oleh bisnis Anda. Agar rencana media dan kampanye PR Anda sukses, berikut beberapa tips yang dapat diikuti, yaitu:
1. Tentukan Tujuan Anda
Penting untuk menentukan dan tulis tujuan serta apa yang akan dirancang untuk dicapai oleh kampanye PR Anda. Setelah Anda mengetahui apa yang ingin dicapai oleh PR, Anda dapat membuat rencana media yang dibuat berdasarkan tujuan tersebut. Saat menetapkan tujuan PR Anda, ingatlah untuk memikirkan tentang bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan selama perencanaan kampanye Anda. Tim kepemimpinan Anda tidak menginginkan daftar tautan ke klip PR dan beberapa cuplikan media sosial; mereka ingin memahami bagaimana promosi mendukung tujuan bisnis.
2. Tetapkan Sasaran yang Jelas
Artikulasikan tujuan yang jelas untuk kampanye Anda. Tidak seperti tujuan Anda, yang bersifat kualitatif, tujuan Anda harus bersifat kuantitatif. Sasaran ini harus sejalan dengan tujuan bisnis, pemasaran, dan penjualan Anda secara keseluruhan. Saat menetapkan tujuan ini, gunakan metode SMART. Tujuan Anda harus:
Specific: Apa hasil yang diinginkan?
Measurable: Bagaimana kesuksesan diukur?
Achievable: Bagaimana kampanye mencapai tujuannya dengan mempertimbangkan pengaruh luar?
Realistic: Apakah sasaran kampanye Anda realistis untuk bandwidth kampanye Anda?
Time-based: Berapa lama Anda harus memenuhi tujuan ini?
3. Identifikasi Pasar Sasaran Anda
Mencapai tujuan Anda membutuhkan jangkauan audiens yang tepat. Jadi, saat memetakan rencana media dan strategi hubungan masyarakat Anda, pikirkan tentang siapa yang ingin Anda targetkan. Setelah Anda mengetahui siapa yang menjadi target pasar Anda, Anda dapat mulai membuat rencana tentang di mana dan kapan kampanye PR Anda akan muncul, Tim Humas (hubungan masyarakat / PR) Anda kemungkinan harus menyesuaikan taktiknya berdasarkan audiens yang diputuskan oleh tim untuk ditargetkan.
4. Peluang Riset
Mulailah meneliti dan merencanakan peluang untuk kampanye media Anda. Alat komunikasi apa yang akan Anda gunakan untuk menyampaikan pesan Anda kepada publik? Contohnya mungkin termasuk:
- Siaran pers dan artikel
- Tampil sebagai narasumber dalam berita media
- Kisah sukses pelanggan
- Surat untuk editor
- Konferensi pers, wawancara, atau tur media
- Penampilan radio, televisi, atau podcast
- Seminar, lokakarya, atau ceramah
- Sponsor acara
Selain itu Anda dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan perpaduan taktik online dan offline untuk menjangkau pelanggan. Saat mengembangkan strategi, tim hubungan masyarakat Anda mungkin ingin memikirkan tentang bagaimana kampanye tersebut berkaitan dengan strategi SEO tim Pemasaran, strategi media sosial, dan saluran pemasaran digital lainnya.
5. Measurement
Luangkan waktu Anda untuk menulis setiap detail dan menguraikan keberhasilan kampanye. Selain itu, pastikan untuk membuat laporan massal dengan KPI yang ditunjukkan, tujuan, dan peluang perbaikan. Tinjau hasil seperti, Apakah Anda mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan dari kampanye ini? Haruskah Anda mempertimbangkan untuk mengubah rencana awal Anda? Jika ya, bagaimana dan mengapa? Untuk menjadi sukses, Anda harus mengukur dan melacak, tidak hanya penampilan media Anda tetapi juga detail dari hasil kampanye.
Saat Anda melacak hasil kampanye media Anda, Anda juga harus mengukur bagaimana hal itu berintegrasi dengan seluruh pemasaran Anda. PR memungkinkan Anda mencapai pasar sasaran tanpa mengeluarkan biaya iklan, tetapi itu seharusnya bukan satu-satunya alat dalam bauran pemasaran Anda. Dengan membuat rencana media yang komprehensif dan mengintegrasikannya dengan strategi PR Anda lainnya, Anda akan menempatkan bisnis Anda pada posisi terbaik untuk tumbuh dan berkembang.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)