- Tell Your Story
Setiap bisnis kecil memiliki cerita untuk diceritakan dan cara paling pasti untuk membuat reporter, blogger dan editor menulis tentang bisnis Anda adalah dengan mendapatkan perhatian mereka. Luangkan waktu untuk mencari tahu kisah asal merek dan kisah lain yang layak dibagikan tentang bisnis Anda. Kemudian tuliskan cerita Anda, sehingga mereka siap untuk berbagi kapan pun ada kesempatan.
- Gunakan Google Alerts
Google Alerts adalah layanan gratis yang memberi tahu kapan saja kata kunci pilihan dan nama merek Anda muncul secara online. Mungkin sulit untuk mengetahui apakah dan bagaimana upaya PR bisnis kecil Anda membuahkan hasil, tetapi salah satu cara untuk melacaknya adalah menggunakan Google Alerts. Ini mudah digunakan—buat alert di Google dengan memasukkan “search query’—hal-hal seperti nama bisnis, nama pesaing, industri, dan kata kunci relevan lainnya. Setiap kali istilah tersebut muncul di web, Google mengirimkan peringatan tentang hal itu ke email. Ini adalah cara yang baik untuk memantau keberadaan bisnis Anda di web, melihat apa yang dilakukan pesaing dan apa yang dikatakan orang tentang bisnis dan tentang bisnis pesaing.
- Terlibat Dalam Kegiatan Komunitas
Komunitas Anda adalah sumber dukungan – jika Anda memanfaatkannya. Itu berlaku untuk individu dan bisnis lokal. Terhubung dengan orang-orang di komunitas Anda adalah taktik PR yang hebat (bahkan jika bisnis Anda sepenuhnya online). Selalu bermanfaat bagi Anda untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang yang memiliki kepentingan dalam kesuksesan Anda – anggota lain dari komunitas Anda.
Berpartisipasi dalam acara lokal, mendukung bisnis lain di daerah Anda, dan melakukan pekerjaan amal di komunitas Anda akan membantu Anda membangun hubungan positif dan membuat kesan yang baik. Hubungan yang Anda bangun di komunitas Anda cenderung menghasilkan beberapa pendukung Anda yang paling vokal. Dan, promosi dari mulut ke mulut sepadan dengan bobotnya.
- Buat Media Kit
Setiap usaha kecil harus memiliki media kit. Media kit harus mencakup beberapa elemen berikut yang menunjukkan identitas merek Anda:
- Lembar fakta tentang bisnis
- Biodata untuk anggota kepemimpinan di tim
- Logo perusahaan (PNG transparan beresolusi tinggi dalam warna dan hitam putih)
- Foto kepala anggota kepemimpinan (resolusi tinggi)
- Foto produk, jika menjual produk (resolusi tinggi)
- Gambar tim beraksi, jika Anda menyediakan layanan atau menjalankan lokasi ritel (resolusi tinggi)
- Pengantar merek Anda (termasuk kisah asal Anda!)
- Gambar atau informasi desain grafis unik lainnya yang akan mewakili dan mendidik tentang bisnis Anda.
Jika bisnis Anda kekurangan dana, Anda mungkin khawatir tentang bagaimana Anda akan membayar untuk foto profesional. Tapi, jangan khawatir. Meskipun gambar profesional adalah yang terbaik, bidikan amatir yang cukup terang juga akan berfungsi.
Tujuan media kit Anda adalah untuk menyediakan sumber daya bagi jurnalis, blogger, dan pembuat konten lainnya untuk mempresentasikan bisnis Anda secara akurat dan profesional.
- Menulis dan Mendistribusikan Siaran Pers
Siaran pers adalah cara cepat dan langsung untuk berkomunikasi dengan media lokal. Siaran pers adalah pengumuman berita singkat yang Anda (atau seseorang di tim Anda) tulis dan kirimkan ke sumber berita lokal. Outlet berita selalu mencari cerita. Dengan mendistribusikan siaran pers, Anda membantu bisnis Anda dan publikasi serta penyiar yang membutuhkan konten. Buat daftar kontak pers di surat kabar lokal, saluran berita lokal, dan stasiun radio lokal Anda. Kontak ini harus selalu disertakan saat Anda mendistribusikan siaran pers. Untuk berita yang lebih signifikan, buat daftar kontak influencer media sosial, blogger industri, dan publikasi asosiasi perdagangan nasional. Jika berita Anda berdampak lebih dari komunitas lokal Anda, kirimkan siaran pers ke daftar kontak lokal dan daftar kontak digital Anda.
- Membangun Hubungan Media Sosial dengan Influencer
Media sosial adalah alat PR gratis. Facebook, Instagram, dan Twitter memungkinkan Anda untuk terlibat dengan audiens Anda secara langsung. Dan, interaksi Anda tetap sebagai catatan sejarah aktif yang dapat dilihat siapa pun. Itu berarti bahwa kerja keras yang Anda lakukan untuk menciptakan keterlibatan positif yang autentik tetap hidup sebagai bukti kewarganegaraan yang baik dari merek Anda. Ini juga berarti bahwa setiap kesalahan langkah diabadikan di depan umum. Jadi, pastikan untuk berpikir sebelum Anda memposting.
Namun, selain menciptakan keterlibatan positif dengan pengikut Anda, Anda juga dapat proaktif dalam membangun hubungan dengan pemberi pengaruh di industri Anda. Influencer adalah produsen konten yang menghasilkan banyak pengikut. Mereka umumnya ahli dalam topik khusus yang mereka sukai. Mereka menginspirasi pengikut mereka. Luangkan waktu untuk menyelidiki influencer di bidang Anda. Jangkau dan kenali mereka (dengan cara yang rendah hati, non-penguntit, dan non-penjualan).
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – referensi dari berbagai sumber)