Tidak terasa sudah hampir setengah bulan kita menjalani tahun baru ini. Banyak hal sudah terjadi di awal tahun ini. Baik hal baik maupun buruk, kita harus tetap semangat dan berusaha untuk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Begitu juga kita sebagai praktisi PR (Public Relations), tahun yang baru menjadi motivasi baru untuk mengawalinya dengan kuat dan semangat .
Berikut beberapa tips untuk mengawali tahun sebagai praktisi PR yang lebih baik lagi.
- Tetap aktif dalam menggunakan sosial media
Seperti yang kita ketahui, hampir 50 persen dari populasi menggunakan sosial media. Penggunaan sosial media juga sudah menyebar di berbagai aspek. Semakin hari semakin sulit untuk memisahkan diri dari penggunaan sosial media. Jika Anda bukan pengguna sosial media, maka ini saat yang baik untuk mencoba dan menggunakannya secara aktif. Penggunaan sosial media adalah cara yang mudah — dan biasanya gratis — untuk membuat perusahaan dan produk Anda dilihat oleh banyak orang. Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan memposting berita baru mengenai perusahaan ataupun update tentang produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa mengumumkan ataupun menjalankan obral tahunan di media sosial. Atau ucapan terima kasih untuk mengapresiasi pelanggan Anda. Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk ‘menghidupkan’ sosial media Anda. Memberikan kesan bahwa sosial media Anda aktif sangat penting, karena halaman yang tidak aktif memberi kesan bahwa perusahaan Anda tidak berkinerja baik, jadi pastikan untuk tidak membiarkan posting Anda lewat.
- Pengumuman besar
Pada akhir tahun orang-orang kebanyakan sudah memfokuskan perhatiannya untuk berlibur, berbelanja, dan juga menghabiskan waktu mereka bersama keluarga dan kerabat. Sedangkan tahun baru, waktu dimana orang-orang kembali dari liburan dan kembali dengan semangat yang baru dan masih ‘fresh’. Ini juga waktu yang tepat untuk mengubah dan menciptakan ide baru untuk perusahaan Anda. Jika Anda memiliki sesuatu yang sedang berlangsung, sekaranglah waktunya untuk mengumumkannya. Ini memberi orang-orang yang berada di luar jaringan kesempatan untuk mengejar pekerjaan mereka sendiri sehingga mereka pada akhirnya dapat fokus pada apa yang Anda katakan. Anggaran perusahaan sering diperbarui di tahun baru, jadi ini juga berarti bahwa pelanggan mungkin memiliki lebih banyak untuk dibelanjakan dibandingkan bulan sebelumnya.
- Evaluasi kinerja akhir tahun
Saat ini laporan kinerja akhir tahun pasti sudah ada di tangan Anda. Awal tahun baru merupakan waktu untuk mengevaluasi hasil kinerja Anda di tahun sebelumnya, sehingga Anda bisa berkembang untuk menjadi lebih baik. Dari laporan kinerja akhir tahun, kita bisa melihat strategi PR mana saja yang bekerja dengan efektif dan mana saja strategi yang kurang berhasil. Dari keberhasilan tersebut maka bisa diimplementasikan kembali di tahun yang baru untuk mengulang keberhasilan tersebut. Untuk strategi yang tidak atau kurang berhasil bisa dirunut kembali dan mencari tahu penyebab kegagalannya dan mencari solusi dari kegagalan tersebut. Anda dapat mengukur kesuksesan dengan berbagai cara, tetapi pertimbangkan untuk melakukan hal-hal seperti melihat dan berbagi atau menyebutkan media sosial dan berapa banyak backlink yang Anda peroleh. Jika Anda memiliki blog aktif atau forum pengguna, lihat berapa banyak komentar yang Anda terima. Jika sebuah topik sangat populer, pertimbangkan untuk menulis adendum atau bagian terkait di tahun baru.
- Mulailah untuk menjadi lebih terorganisir
Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengatur semua data perusahaan Anda. Jika Anda tidak memiliki Aplikasi Customer Relationship Management (CRM), berinvestasilah pada aplikasi ini. CRM berfungsi untuk menjaga informasi pelanggan Anda tetap terkini dan bermanfaat untuk semua departemen. CRM adalah cara terbaik untuk menyimpan semua informasi pelanggan Anda — dari informasi kontak hingga data tentang pembelian mereka dan percakapan apa pun yang Anda lakukan — di satu tempat. Semua departemen bisa mendapatkan keuntungan dari sistem organisasi ini, tetapi penting untuk menjaganya tetap rapi dengan menghapus prospek yang hilang dan memperbarui catatan kontak setiap kali ada perubahan.
- Berikan ucapan terima kasih
Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk berterima kasih kepada karyawan dan rekan kerja yang mempermudah pekerjaan Anda. Jadwalkan pesta atau makan siang karyawan untuk menyatakan penghargaan. Namun dengan adanya pandemi, berkumpul bersama atau mengadakan acara bersama merupakan hal yang tidak disarankan. Anda bisa memberikan ucapan terima kasih tersebut dengan email card, dan juga mengadakan pertemuan secara virtual bersama sebagai sesi sharing pendapat dan pengalaman yang menjadi bentuk apresiasi kinerja sesama.
(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)