Surabaya, 6 September 2017 – “Singapore – Passion Made Possible”, sebuah brand baru untuk memasarkan Singapura secara internasional untuk tujuan wisata dan bisnis telah diperkenalkan dan diluncurkan oleh Singapore Tourism Board (STB) di Singapura pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu. Indonesia yang merupakan salah satu pasar sumber wisatawan utama bagi Singapura menjadi yang pertama di antara 15 pasar dalam meluncurkan brand baru ini secara global untuk 3 bulan ke depan.
Brand baru ini menangkap semangat dan sikap Singapura, serta menceritakan sebuah kisah tentang Singapura lebih dari sekedar destinasi wisata. Dengan tema ‘Passion’ dan ‘Possibilities’ yang tertanam dalam sejarah Singapura dengan semangat terkandung di dalamnya, serta diceritakan melalui kisah-kisah nyata penduduknya, Passion Made Possible merupakan perwujudan dari rekam jejak dan bukti keuletan negara ini untuk memenuhi passion dan terus menerus menciptakan berbagai peluang baru.
“Saat ini konsumen semakin didorong oleh passion mereka dalam membuat keputusan untuk melakukan perjalanan. Kami ingin mengkomunikasikan bahwa Singapura dapat memenuhi passion para wisatawan dan pengunjung. Selain atribut fungsional seperti keamanan dan efisiensi yang kebanyakan orang Indonesia sudah ketahui, kami ingin membangun hubungan yang lebih dalam dan lebih personal antara Singapura dan para pengunjung dari Indonesia,” kata Edward Koh, Regional Director, South East Asia, Singapore Tourism Board.
Brand baru ini sejalan dengan aspirasi Singapura untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas (Quality Tourism). Salah satu pendekatannya adalah bukan hanya sekedar menawarkan hal-hal yang bisa dilakukan di Singapura, namun mengajak para wisatawan Indonesia untuk berpikir apa yang bisa mereka wujudkan di sana. “Misalnya mengejar passion mereka sebagai seorang Pecinta Kuliner (Foodie), Penjelajah (Explorer), Pencinta Belanja (Collector), Pemburu Aksi (Action Seeker), Penyuka Sosialisasi (Socializer), atau Penggiat Seni (Culture Shaper). Sebagai sebuah destinasi, Singapura akan mendukung semangat mereka dalam mengejar aspirasinya. Tentu saja mereka tidak sendirian karena di Singapura mereka akan menemukan orang-orang dengan minat yang sama untuk berbagi passion. Singapura adalah tempat dimana saatnya impian menjadi nyata,” tambah Edward Koh.
Ini adalah momentum yang tepat karena brand baru ini diluncurkan saat Indonesia dan Singapura memperingati 50 tahun hubungan bilateral. Hubungan yang erat antara kedua negara akan terasa lebih personal karena banyak orang Indonesia yang mengejar aspirasi mereka hingga ke Singapura dan memiliki kisah untuk diceritakan, mulai dari koki, pemilik restoran, seniman pop-art, penari, pemilik bar dan sebagainya.
STB Indonesia telah menunjuk keluarga selebriti Indonesia yang populer, Gading Marten dan istrinya, Gisella Anastasia yang berasal dari Surabaya, serta putri mereka Gempita sebagai Brand Ambassador untuk menjalankan kampanye pemasaran STB yang baru. Dengan jumlah follower yang besar di media sosial, STB berharap dapat menjangkau target audiens secara lebih efektif, mereka akan memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi yang ramah keluarga berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Gading dan Gisella melihat bahwa Singapura juga dapat memenuhi passion dan aspirasi personal mereka ketika mereka berpergian sebagai keluarga yang memiliki seorang anak yang aktif.
“Sebagai seorang kolektor sneaker, saya secara pribadi sangat senang memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Mark Ong, perancang dan seniman sneaker asal Singapura. Dia memiliki label lokal yang dikembangkan sendiri dan koleksinya selalu diburu di Singapura dan luar negeri termasuk Indonesia,” kata Gading. Sementara itu, Gisella berkesempatan bertemu dengan Violet Oon, seorang konsultan kuliner dan pemilik restoran dengan spesialisasi makanan Peranakan dalam kunjungannya ke Singapura baru-baru ini. “Beberapa resep Violet menggugah minat saya dan sangat berguna dalam memberi ide karena salah satu passion saya adalah di dunia kuliner,” ujar Gisella. Keduanya akan tampil di Singapore Pavilion dari STB pada acara BCA Travel Fair di Surabaya pada tanggal 7 dan 8 September 2017.
Pembukaan Kantor Kedua STB Indonesia di Surabaya
STB memperluas kehadirannya di Indonesia dengan membuka kantor kedua di Surabaya pada bulan Oktober 2017 nanti. Kota ini merupakan penyumbang jumlah pengunjung ke Singapura kedua terbanyak setelah Jakarta dengan pertumbuhan sebesar 7% pada tahun 2016. Kantor STB di Surabaya memungkinkan STB untuk meningkatkan kegiatan promosinya dan lebih efektif dalam memanfaatkan potensi pertumbuhan pariwisata di pulau Jawa bagian timur, Bali, dan Sulawesi dengan fokus utama pada 4 kota: Surabaya, Malang, Bali dan Makassar. Kantor STB yang baru di Surabaya akan dipimpin oleh Mohamed Firhan Abdul Salam yang pernah bekerja di kantor STB Jakarta pada tahun 2013 hingga tahun 2015 sebelum bekerja di kantor STB di Dubai dari tahun 2015 hingga tahun 2017.
“Kantor STB di Surabaya yang mengatur kegiatan STB di Indonesia bagian timur akan memungkinkan STB untuk mengetahui potensi perjalanan ke Singapura dengan upaya pemasaran dan kegiatan travel dan trade yang lebih terfokus untuk tahun-tahun mendatang. Sebagai permulaan, STB akan meluncurkan brand Passion Made Possible di Surabaya dengan menampilkan Singapore Pavilion (termasuk cruise pavilion) di BCA Travel Fair yang didukung oleh Singapore Airlines di Pakuwon Mall Surabaya pada tanggal 7 hingga 10 September 2017. Saya sangat senang mendapat kesempatan bertemu lebih dekat dengan para konsumen, media, dan rekan-rekan dari travel trade yang selama ini sangat mendukung Singapura,” ujar Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director Indonesia (Surabaya).
Promosi di BCA Travel Fair, Surabaya
Promosi tarif penerbangan Singapore Airlines ke Singapura mulai dari satu juta rupiah (setelah cash back BCA sebesar Rp700.000) yang bisa didapatkan di BCA Travel Fair dengan kesempatan mendapatkan Changi Dollar Voucher senilai 20 dolar Singapura. Pelanggan yang membeli paket akomodasi hotel minimal 2 malam di pameran ini berhak untuk mendapatkan voucher belanja dari ION Orchard yang sedang merayakan ulang tahunnya yang ke 8 tahun ini dengan sejumlah acara fashion, makan dan seni di Singapura. Selain itu, nasabah yang menggunakan kartu kredit BCA untuk pembelian lebih dari empat juta rupiah akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan banyak hadiah termasuk akomodasi hotel, paket pesiar, voucher belanja, tiket atraksi dan souvenir eksklusif.
Jumlah Pengunjung ke Singapura dari Indonesia
Indonesia mempertahankan posisinya sebagai sumber wisatawan utama bagi Singapura dengan 2,894,000 pengunjung di tahun 2016 atau meningkat sebesar 6% dari tahun 2015. Dalam enam bulan pertama tahun 2017, pengunjung Indonesia meningkat sebesar 4% dibandingkan periode yang sama di tahun 2016. STB Indonesia akan terus melakukan kegiatan promosi secara gencar dan menggelar rencana pemasaran dengan fokus pada 4 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung dengan memperkenalkan brand Passion Made Possible yang baru.