Singapura 24 Agustus 2017 – Singapore Tourism Board (STB) dan
Singapore Economic Development Board (EDB) hari ini meluncurkan sebuah brand destinasi
terpadu, Singapore – Passion Made Possible, untuk tujuan memasarkan Singapura dari segi
pariwisata dan bisnis. Diluncurkan secara resmi oleh Minister of Trade and Industry (Menteri
Perdagangan dan Perindustrian) Mr. S. Iswaran, serta didukung oleh Ministry of Communications
and Information (Kementerian Komunikasi dan Informasi), brand terpadu yang baru pertama kali
diluncurkan oleh kedua kantor pemerintahan ini mengedepankan karakter Singapura dari segi sikap
dan pola pikir: sebuah semangat yang optimis, tekad yang tidak pernah padam, serta upaya yang
senantiasa mengejar segala peluang dan penciptaan kembali.
Selama lima dekade terakhir, Singapura telah membangun reputasi yang kuat sebagai pusat bisnis
global dan pariwisata, dan dikenal sebagai negara yang memiliki infrastruktur berkualitas serta
keamanan, stabilitas, konektivitas dan aksesibilitas yang baik. Namun, kompetisi global untuk
memikat wisatawan dan investasi semakin ketat, ditambah lanskap media yang semakin beragam
dan kompleks. Di saat yang sama, pengunjung semakin kritikal dalam memilih sebuah destinasi, di
mana kesempatan untuk membenamkan diri dengan budaya setempat dan kedekatan emosional
menjadi sesuatu yang dicari, serta pelaku bisnis internasional yang di sisi lain ingin menciptakan
solusi baru untuk membuat sesuatu yang berbeda. Oleh sebab itu, brand terpadu ini bertujuan untuk
mengkomunikasikan nilai lebih yang dimiliki Singapura untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan
dan dunia usaha yang membedakan Singapura di dunia internasional.
Edward Koh, STB Executive Director, Southeast Asia mengatakan, “Singapore adalah Passion Made
Possible. Dengan brand ini, kami dapat menceritakan kisah Singapura lebih dari sekedar pariwisata.
Tidak lagi hanya bersifat deskriptif atau fungsional, brand terpadu kami yang baru mengacu pada
warisan dan keunikan negara ini, merayakan kisah orang-orang berbakat yang impiannya menjadi
nyata di Singapura. Seiring berjalannya waktu, brand seperti ini akan menghubungkan Singapura
dengan para audiens kami secara lebih kuat. Orang-orang Indonesia yang merupakan sumber
wisatawan utama kami akan terus melihat Singapura sebagai sebuah destinasi yang menarik dan
juga sebagai destinasi untuk membuat impian menjadi nyata.”
Dr. Beh Swan Gin, Chairman EDB, menambahkan, “Singapura membuat perubahan dari yang
sebelumnya menitikberatkan pada ekonomi yang digerakkan oleh investasi, menjadi sesuatu yang
akan digerakkan oleh inovasi. Secara khusus, perusahaan lokal dan internasional berupaya untuk
menciptakan produk, jasa, dan solusi baru yang memiliki dampak lebih kuat di Asia. Saat ini
merupakan waktu yang tepat untuk mengirimkan sinyal yang kuat dan jelas bahwa perusahaan
dapat mewujudkan hal ini secara sukses dari Singapura dan mengubah segala peluang yang ada
menjadi kenyataan. Singapura dan para penduduknya adalah yang membuat kami sampai pada
posisi saat ini, karena kami selalu berusaha untuk melampaui batas yang menjadi kemungkinan,
dan tidak membiarkan keterbatasan menjadi penghalang kami.”
Singapura adalah di mana Impian Menjadi Nyata
Dalam pengembangan brand terbaru ini, STB dan EDB telah melalui penelitian kualitatif dan
kuantitatif yang melibatkan lebih 4.500 responden terkait apa yang menjadi prinsip dasar Singapura,
dari mulai penduduk lokal, pemangku kepentingan di industri, dan audiens internasional di
Singapura dan 10 negara1. Para responden mengatakan bahwa tema mengenai “passion” dan
“possibilities” adalah yang paling mencerminkan semangat Singapura. Sementara “possibilities”
dilihat sangat berhubungan untuk Singapura sebagai sebuah destinasi, sedangkan “passion” adalah
apa yang mendorong segala kemungkinan tersebut.
Oleh sebab itu Passion Made Possible bermakna untuk mengangkat semangat sebuah bangsa yang
membangun kedekatan, afiliasi dan ingatan utama untuk memilih Singapura sebagai sebuah
destinasi untuk dikunjungi atau berinvestasi. Dengan tema “passion” dan “possibilities” yang diambil
berdasarkan sejarah Singapura dengan semangat yang terkandung di dalamnya, serta diceritakan
melalui kisah-kisah nyata penduduknya, Passion Made Possible adalah sebuah ekspresi dari
perjalanan sebuah negeri serta kegigihan Singapura untuk memenuhi passion dan terus menerus
menciptakan peluang baru. Dengan mengambil semangat yang ada, brand ini akan berbicara
kepada para warga negara serta penduduk Singapura untuk membangun kedekatan dan afiliasi.
Untuk calon pengunjung dan pebisnis, hal ini juga akan membantu mengukuhkan ingatan utama
untuk memilih Singapura sebagai destinasi untuk berkunjung dan berinvestasi.
Sebuah brand terpadu untuk menghadirkan Singapura di mata dunia
Dengan pendekatan yang berbeda dari brand-brand sebelumnya yaitu STB “YourSingapore” dan EDB
“Future Ready Singapore”, Passion Made Possible mewakili atribut Singapura yang lebih dari sekedar
pariwisata dan bisnis. Hal ini akan memberikan peluang dan sarana bagi warga negara dan
penduduk Singapura untuk menunjukkan semangat berwirausaha dan kegigihannya kepada dunia,
dan sebagai sebuah brand pemersatu untuk Singapura di hadapan dunia internasional.
Untuk selanjutnya, selain STB dan EDB, brand ini juga akan diadopsi oleh badan legislatif dan kantor
pemerintahan di bawah Ministry of Trade and Industry (Kementerian Perdagangan dan Industri) dan
dimasukkan dalam kampanye pemasaran dan kegiatan pameran dagang ketika menyasar audiens
internasional.
Kampanye Global Passion Made Possible
Melanjutkan peluncuran pertama brand ini di Singapura, Passion Made Possible akan diperkenalkan
di berbagai kota di dunia melalui acara konsumen, kegiatan trade, kemitraan industri, dan kampanye
pemasaran global melalui konten film dan visual yang mengangkat bagaimana Singapura membuat
Passion Made Possible ini menjadi nyata. Brand terpadu ini akan memulai pengenalannya secara
global di Singapore: Inside Out Tokyo pada tanggal 25 Agustus 2017, dan akan diluncurkan di Asia
Pasifik dan pasar jarak jauh seperti Eropa dan Amerika di bulan September 2017.