Apa Itu Share Of Voice

Share of Voice (SOV) adalah ukuran pasar yang dimiliki merek Anda dibandingkan dengan pesaing. Ini bertindak sebagai ukuran visibilitas merek Anda dan seberapa besar Anda mendominasi percakapan di industri Anda. Semakin banyak pangsa pasar yang Anda miliki, semakin besar popularitas dan otoritas yang mungkin Anda miliki di antara pengguna dan calon pelanggan.

Dengan mengetahui SOV Anda, merek Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan posisi Anda saat ini di pasar, memberi Anda lebih banyak wawasan tentang cara mencapai pertumbuhan dan memikat pengguna. Meskipun SOV biasanya mengacu pada pangsa merek dari iklan berbayar di pasar yang kompetitif, SOV memiliki definisi yang lebih luas yang dapat mencakup berbagai elemen pemasaran dan periklanan digital, termasuk sebutan di media sosial dan lalu lintas untuk kata kunci tertentu.

Manfaat SOV untuk Pengukuran PR

Dalam Public Relations (PR), brand awareness atau kesadaran merek cukup sulit untuk diukur. Untuk itu kegunaan SOV sangat bermanfaat, dalam hal ini SOV mengukur bagaimana PR memengaruhi tujuan bisnis dan bagaimana penempatan medianya dibandingkan dengan pesaing. Metrik ini juga dapat membantu PR menetapkan tujuan dan rencana serta menyesuaikan strategi saat kampanye, dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan, Anda juga dapat menggali lebih dalam data yang mengungkapkan jenis pengumuman atau kegiatan apa yang mendapatkan liputan media. Hal ini juga mampu mengungkap outlet media baru untuk dihubungi dan strategi sukses pesaing yang dapat menjadi acuan, dan memberi tahu Anda jika outlet media dan blogger di sektor Anda menyebutkan perusahaan Anda.

Tips Monitoring dengan SOV 

SOV dalam PR biasanya ditentukan dalam hal jumlah kliping, peringkat publikasi dalam hal kualitas pembaca dan angka sirkulasi, penyebutan tunggal vs. penyebutan dengan pesaing, dll.

Berikut adalah lima tips untuk memulai aktivitas SOV Anda:

  1. Kenali Pesaing Anda

Penting untuk mengenal siapa pesaing Anda, untuk itu buatlah daftar perusahaan, produk, layanan yang bersaing dengan Anda. Ketahui siapa yang Anda lawan dalam tender dan jika Anda adalah perusahaan baru, ketahui siapa pemain utama di sektor Anda.

  1. Ketahui Apa yang Dibaca Pelanggan Anda

Lakukan research untuk mengetahui apa yang diminati pelanggan/calon pelanggan Anda, Anda dapat  menargetkan manajer pusat data, kemudian mungkin mencari publikasi atau situs web spesialis data center untuk mencari tahu apa yang pelanggan Anda minati.

  1. Tingkatkan Publikasi atau Situs Web

Tingkatkan publikasi dengan temukan yang memiliki sirkulasi tertinggi, profil pembaca yang paling sesuai, lihat kredibilitas online mereka.

  1. Siapkan Patokan

Pahami siapa yang memiliki pangsa suara dan plot posisi Anda terhadap mereka. Ini bisa berarti siapa yang paling sering disebut dalam publikasi target Anda.

  1. Tetap Lakukan Measurment

Begitu Anda mulai memantau pangsa suara, Anda akan mulai memahami cerita apa yang dikeluarkan pesaing Anda dan apa yang memberi mereka ruang berharga. Anda kemudian dapat mengembangkan strategi Anda sendiri untuk mendapatkan lebih banyak ruang.

Ada beberapa metrik yang dapat digunakan untuk menghitung SOV berdasarkan kategori, yaitu:

  • Keyword organik
  • Keyword pay per click (PPC)
  • Impressions
  • Reach
  • Revenue
  • Mentions
  • Hashtag

Selain menghitung secara manual, Anda juga bisa mempergunakan berbagai tools platform analitik yang secara otomatis akan menghitung SOV Anda relatif terhadap brand serupa atau kompetitornya. Beberapa diantaranya adalah Sprout Social, Brand Watch, dan Awario.

(oleh Irianty Nur Afiah, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)