Istilah publicity atau publisitas sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari kita. Publisitas sendiri memang sering dikaitkan dengan Public Relations (PR). Namun masih banyak yang bingung dan sering kali mengira dua hal ini merupakan hal yang sama, pada kenyataannya keduanya merupakan hal yang berbeda. Untuk itu kita akan membahas lebih dalam tentang perbedaan dari Publisitas dan PR.

Definisi

Publisitas bisa diartikan sebagai cara menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, baisanya melalui media. Publisitas bisa dalam bentuk berita, cerita, informasi acara atau tulisan, yang memiliki tujuan untuk menciptakan kesadaran dan kredibilitas pada orang-orang tentang merek, produk, atau perusahaan.

Publisitas sendiri memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi atau berita ke publik dan banyak orang dengan waktu yang singkat. Merupakan bentuk komunikasi tak berbayar dan informasi nya bisa bersifat positif ataupun negatif dan netral.

Kegiatan publisitas sendiri hanya sebatas menyebarkan informasi, meningkatkan kesadaran dan tidak ada kaitannya dengan jumlah penjualan produk atau perusahaan. Publisitas merupakan menciptakan kesadaran di masyarakat umum melalui komentar editorial atau tidak bias tentang suatu produk.

Public Relations (PR) merupakan alat manajemen strategik untuk membantu sebuah perusahaan atau organisasi dalam berkomunikasi pada publik. Dalam konteks ini publik memiliki arti sekelompok orang yang memiliki yang memiliki kepentingan atau berdampak pada kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis.

PR dengan berbagai upaya bertujuan untuk menjaga citra positif perusahaan dimata publik serta menjaga hubungan erat dengan mereka. Jadi PR memiliki banyak tanggung jawab bukan hanya untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang brand ataupun perusahaan. Atau dengan katalain, publisitas merupakan bagian tanggung jawab dari PR.

Tabel Perbandingan

Berikut merupakan perbandingan dari Publisitas dan PR sehingga kita bisa melihat dengan lebih mudah dan jelas.

Publisitas Public Relations
Pengertian

Menyajikan informasi atau berita kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran

Mengelola citra perusahaan di mata publik
Kontrol

Tidak dibawah kendali perusahaan

Dibawah kendali perusahaan
Sifat
Positif atau negatif Positif
Bentuk komunikasi
Tidak berbayar Berbayar (dalam anggaran kampanye PR)
Tujuan
Kesadaaran Masyarakat Perhatian dan menciptakan hubungan dengan publik

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita dapat melihat Publisitas dan PR merupakan dua hal yang berbeda tetapi memiliki keterkaitan. Keduanya memiliki kepentingan untuk menyampaikan pesan dari perusahaan kepada publik.

Namun PR memiliki tanggung jawab yang lebih banyak dibandingkan dengan publisitas, yaitu menjaga citra positif dari perusahaan dan juga meninciptakan hubungan erat dengan publik sehingga kredibilitas perusahaan pun tetap terjaga.

(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)