Startup adalah istilah yang sudah banyak didengar belakangan ini. Startup adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang memiliki makna yaitu bisnis yang baru dirintis. Startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan ini baru didirikan yang berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Sebagai perusahaan yang masih dalam fase awal ini memerlukan awareness sehingga membutuhkan bantuan strategi Public Relations (PR) untuk mensukseskan ide bisnis startup tersebut. Berikut merupakan beberapa langkah strategi PR untuk startup dalam menjangkau masyarakat luas.

  1. Mengetahui Keunggulan

Untuk membuat strategi PR yang baik, PR harus mengetahui betul keunggulan dari perusahaan tersebut, apa yang membuat startup tersebut berbeda dengan perusahaan kompetitor atau startup yang sudah ada. Ini dapat membantu membuat ‘identitas’ yang unik dari startup tersebut dan membuat nya lebih menonjol dibandingkan dengan perusahaan atau startup yang sudah ada. Selain itu keunikan ini bisa menjadi salah satu alasan yang baik bagi potensial pelanggan untuk mengalokasikan anggaran dan waktu mereka pada startup ini.

  1. Memberikan Give away

Jika startup tersebut menawarkan produk, maka startup sebaiknya mempertimbangkan untuk menyediakan giveaway yang high-profile. Ini memiliki tujuan untuk menarik perhatian masyarakat. Selain itu startup ini juga harus mempersiapkan produk yang ditawarkan kepada orang- orang berpengaruh (Influencer, Blogger, atau YouTuber) sehingga mereka memiliki kesempatan ‘hands -on’ terhadap produk yang ditawarkan, biasanya ini disebut juga dengan PR package. Dari PR package ini diharapkan mereka bisa mereview atau setidaknya membicarakan produk tersebut sehingga dapat meningkatkan awareness dari produk atau startup tersebut. Jika yang ditawarkan adalah jasa, mereka bisa mempromosikannya dengan cara memberi diskon untuk penggunaan pertama atau memberi free trial dalam jangka waktu tertentu. Ini juga memiliki tujuan yang sama, supaya masyarakat luas dapat memiliki kesempatan untuk ‘hands- on’ secara langsung.

  1. Generate Buzz

Dengan bantuan jasa dari perusahaan PR, startup bisa memanfaatkan pengetahuan dan keahlian mereka membantu meningkatkan buzz dari masyarakat luas. Hal ini bisa dilakukan dengan cara word of mouth yang positif baik secara offline ataupun online. Biasanya perusahaan PR akan memberikan startegi yang baik untuk membantu startup tersebut sesuai dengan target market.

  1. Mendapatkan Liputan Pers

Membina hubungan yang baik dengan media atau Media Relations yang baik, merupakan salah satu cara untuk menciptakan kepercayaan dari publik. Hal ini dikarenakan masyarakat menggunakan media sebagai sumber informasi terpercaya. Dengan mengadakan press conference, media briefing atau media gathering, startup bisa mendapatkan liputan pers. Media Relations juga dapat meningkatkan kredibilitas dari perusahaan. Selain itu liputan dari pers merupakan public record dari startup tersebut.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Menggabungkan SEO dalam strategi PR ke kampanye dari startup dapat meningkatkan reputasi dari brand startup dan visibilitas online. SEO juga dapat meningkatkan traffic ke website dari startup tersebut. Dengan menggunakan key word tertentu yang sesuai dengan target market dari startup, calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan startup atau brand tersebut.

  1. Personalisasi

Pelanggan akan memberikan respon yang lebih positif ketika mereka mendapatkan pesan baik berupa surat ataupun email yang lebih personal. Ini juga menciptakan kesan yang lebih ‘dekat’ dan personal dengan pelanggan sehingga pelanggan akan merasa diberikan perhatian dan merasa lebih dihargai. Dengan hubungan yang lebih dekat ini, maka pelanggan akan lebih bersedia untuk mendengar dan melihat apa yang startup/ brand tawarkan.

(oleh Fitri Frisdianti – IndonesiaPR.id – referensi dari berbagai sumber)