Apa itu Sponsorship?

Sponsorship adalah pemberian atau dukungan finansial atau lainnya untuk membantu penerima mencapai tujuan tertentu, terkadang untuk alasan yang tidak egois, tetapi umumnya untuk mendapatkan keuntungan periklanan, hubungan masyarakat atau pemasaran. Kegiatan sponsorship bagi sebagian besar perusahaan besar di dunia sangatlah penting. Banyak perusahaan yang melakukan banyak investasi untuk melakukan kegiatan sponsorship agar mencapai tujuan atau hasil yang dikehendaki.

Tujuan Sponsorship bagi Humas?

Dalam hubungan masyarakat atau Humas sendiri beberapa tujuan sponsorship yaitu untuk mencapai publisitas yang menguntungkan tentang bisnis, membangun citra, reputasi bisnis dan produknya, khususnya di antara pelanggan, untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya serta mengundang minat para pewarta untuk meliput.

Manfaat Sponsorship

Kegiatan sponsorship tentunya memberikan suatu manfaat tersendiri baik bagi perusahaan maupun produk dari perusahaan tersebut. Menurut Frank Jefkins 1997: 230 manfaat penyelenggaraan penyediaan sponsorship adalah bahwa dana sponsor yang telah dikeluarkan dengan sendirinya kembali ke perusahaan dalam jumlah yang berlipat ganda baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Adapun manfaat dari adanya suatu sponsorship yaitu :

  • Dapat melancarkan iklan dari suatu produk melalui publikasi atau media massa yang meliputi event yang telah disponsori
  • Dapat mendukung strategi atau kebijakan pemasaran
  • Untuk memperlihatkan niat baik perusahaan guna melaksanakan tanggung jawab sosialnya
  • Membangun hubungan antara perusahaan dengan konsumen untuk menambah brand equity
  • Memperkuat ikatan dalam pertukaran
  • Meningkatkan citra positif sebuah perusahaan

Jenis-Jenis Sponsorship

Roy dan Cornwell (2003), menjadi sponsor dalam suatu acara diharapkan menjadi brand awareness dan brand atau corporate image meningkat di mata konsumen.

Pada dasarnya, sponsorship dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu :

  1. Field Sponsorship

Jenis yang pertama yaitu field sponsorship. Ini merupakan jenis sponsor yang berada langsung dilapangan, contohnya sponsorship dalam sebuah pertandingan sepak bola atau suatu event tertentu.

  1. Televised Broadcast Sponsorship

Televised Broadcast Sponsorship adalah jenis sponsorship yang menggunakan program TV untuk mengasosiasikan nama dari suatu merk atau perusahaan, atau juga dengan melakukan promosi dengan TV Program tersebut. Umumnya perusahaan mensponsori acara TV dengan membuat program agar perusahaan dapat mensponsori acara atau perusahaan dapat melibatkan pihak sponsorship di dalam acara tersebut.

Keuntungan Sponsorship

Terdapat nilai lebih dalam suatu sponsorship. Adapun keuntungan dari sebuah sponsorship, yaitu:

  • Lebih efektif dari segi budget/biaya
  • Dapat memperkuat pemasaran, periklanan, dan pr pada saat yang bersamaan
  • Sebagai alternatif promosi
  • Lebih efektif saat mensponsori acara yang berkaitan dengan produk
  • Dapat menjangkau khalayak ramai
  • Dapat diexplore dengan berbagai cara

Kerugian Sponsorship

Selain memiliki kelebihan, tentunya terdapat kekurangan/kerugian dari sebuah sponsorship. Adapun kerugian dari sebuah sponsorship, yaitu:

  • Ketidakpercayaan: penerima tidak memperlihatkan logo atau nama sponsor dengan tepat
  • Memberikan gambaran produk secara berlebihan
  • Penerima manfaat kecewa dengan kondisi produk dari sponsor karena penjelasan produk yang terkadang tidak sesuai dengan fakta/kenyataan
  • Kesalahpahaman atau gagal untuk memahami sesuatu dengan benar

Cara Mengukur Keefektifan Sponsorship

Berikut taktik pengukuran sponsorship yang dapat membantu Anda membuktikan keberhasilan sponsorship:

  1. Exposure Based Method

Exposure Based Method dapat dikategorikan sebagai metode digunakan perusahaan yang memantau kuantitas dan sifat media untuk mendapatkan cakupan yang disponsorinya dan memperkirakan pemirsa yang langsung atau tidak langsung.

  1. Tracking Measures

Tracking Measures Method adalah metode pengukurannya didesain untuk mengevaluasi kesadaran dan menyadari bila ingin melakukan sponsorship harus didasarkan pada survey dahulu.

  1. Slice the Data

Rata-rata, sponsor akan memiliki pengaruh terbesar dengan inti sekitar 20% pelanggan Anda dan sekitar 20% dari penggemar paling setia. Telusuri untuk melihat bagaimana sponsor Anda memengaruhi sub-grup yang lebih kecil ini.

Sponsorship merupakan kegiatan yang cukup efektif bagi perusahaan, namun perlu diingat jika Anda jangan terlalu berharap hal ini akan mendorong penjualan. Sponsorship adalah tentang nilai dan visibilitas. Partisipasi dapat mengangkat reputasi, eksposur dan mendorong agar perusahaan Anda menjadi daftar teratas atau referensi belanja bagi para pelanggan, Anda tetap harus memperhatikan elemen pemasaran/ publisitas lainnya.

(oleh Irianty Nur Afiah, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)