Memuji diri sendiri kepada orang lain mungkin terasa tidak nyaman, tetapi itu bisa menguntungkan karier atau bisnis Anda. Penilaian diri yang positif adalah alasan utama banyak pekerja naik ke posisi yang lebih tinggi, dan ini adalah teknik yang harus dipraktikkan oleh setiap pekerja atau pengusaha. Self-promotion atau promosi diri akan membedakan tingkat kesuksesan Anda dalam industri pilihan Anda, tetapi Anda perlu menggunakan pendekatan yang tepat. Mengadopsi pola pikir yang benar dan menggunakan PR tools yang optimal dapat memberi peningkatan eksposur yang Anda targetkan.
Berikut adalah beberapa strategi self-promotion menggunakan PR Tools yang dapat diterapkan:
- Siaran Pers
Siaran pers sering digunakan oleh bisnis untuk menjangkau sasaran melalui outlet media. Hal ini dapat bekerja untuk Anda juga, bahkan jika Anda seorang freelancer. Ini merupakan metode standar untuk mengkomunikasikan pengumuman yang layak diberitakan dan mendorong minat. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah menemukan publikasi yang tepat, dan menyusun struktur siaran pers yang sesuai. Judul yang bagus dan pesan “to the point” dapat membantu Anda menyampaikan berita tentang sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas profesional Anda. Baik itu acara yang akan Anda hadiri atau kemitraan potensial, fokuslah pada informasi yang layak diberitakan di sini.
- Business Cards
Meskipun banyak orang mungkin menganggap kartu nama terlalu lawas, Anda harus tahu bahwa kartu nama masih berfungsi sebagai strategi promosi diri yang efektif. Memasarkan diri melalui media cetak tetap merupakan cara mudah untuk menarik minat. Anda tidak pernah tahu kapan Anda harus membuat kesan pertama yang cepat, dan kartu nama yang dirancang dengan cermat dapat menguntungkan Anda. Terlepas dari itu, jika Anda menghadiri konferensi, atau hanya berhubungan dengan seseorang yang mungkin menunjukkan minat pada kegiatan profesional Anda, memiliki kartu nama untuk dibagikan dengan cepat akan memberi Anda peningkatan eksposur. Namun, untuk pendekatan yang efektif di sini, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat desain cetakannya. Dari warna dan jenis huruf hingga logo dan gambar, pilih setiap elemen desain dengan benar, untuk memastikan dampak visual tertinggi.
- Media Sosial
Anda tidak perlu banyak meneliti topik untuk mengakui dampak media sosial saat ini. Twitter, Instagram, Facebook – saluran jaringan ini telah menjadi sangat berpengaruh dalam beberapa tahun terakhir, memungkinkan merek untuk tetap berhubungan dengan audiens target mereka. Kehadiran online yang kuat sangat penting untuk promosi diri, jadi disarankan untuk membuat akun di platform paling populer dan menjadi anggota aktif saluran ini. Saluran komunikasi digital ini memiliki potensi yang mengesankan, dan strategi media sosial dapat memberi Anda keuntungan profesional yang Anda targetkan. Dengan postingan yang aktif akan membuat perbedaan dalam visibilitas online Anda. Buat konten berkualitas tinggi yang akan disukai oleh pengikut untuk dibaca dan dibagikan. Ajukan pertanyaan, dorong sosialisasi, dan libatkan komunitas media sosial Anda sesering mungkin.
- Situs Web
Situs web adalah komponen penting dari rencana strategi promosi diri online – sebuah platform tempat Anda dapat memamerkan keahlian dan kinerja profesional Anda, dapat diakses oleh siapa saja secara online. Situs Anda dapat berfungsi sebagai kartu nama virtual. Karena Anda ingin menggambarkan profesionalisme dan menginspirasi kepercayaan, menjaga situs tetap diperbarui dan relevan untuk audiens target Anda adalah prioritas di sini. Anda dapat melakukannya melalui konten yang terus diperbaharui dengan konten yang menarik. Hal ini dapat menarik pengunjung ke platform Anda, tetapi juga membuat mereka kembali, dan perbarui situs dengan pembaruan baru secara teratur. Fokus pada minat audiens Anda dan bahas topik yang relevan.
- Portofolio Profesional
Bagaimana Anda bisa memastikan orang melihat Anda sebagai profesional tepercaya? Audiens Anda harus memiliki akses ke contoh pekerjaan Anda, untuk menyimpulkan apakah kemampuan Anda adalah yang mereka cari. Memeriksa pekerjaan Anda harus menjadi pilihan yang tersedia untuk setiap pelanggan/klien potensial. Katakanlah Anda seorang penulis. Cara termudah untuk mempromosikan diri Anda adalah dengan menyusun portofolio tulisan terbaik Anda, dan mempostingnya di situs Anda atau membagikannya melalui saluran media lain. Hal yang sama berlaku untuk bidang praktik lainnya, seperti photografer. Mereka yang melihat portofolio Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah mereka menyukai foto Anda dan akan mendapat manfaat dari potensi kolaborasi dengan Anda.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – referensi dari berbagai sumber)