Saat ini merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang. Ya musim liburan sudah hampir tiba. Meskipun Anda tidak merayakan Natal ataupun Tahun Baru, setidaknya musim liburan ini bisa menjadi waktu untuk beristirahat dan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Namun musim liburan kali ini berbeda dari musim sebelumnya,liburan akhir tahun ini tetap dinanti oleh banyak kalangan.

Kebalikannya dengan industri retail di berbagai sektor, musim liburan ini merupakan waktu yang paling sibuk. Apalagi keadaan saat ini dimana banyak orang menghabiskan waktunya untuk online dan berada di rumah saja. Ini merupakan kesempatan yang baik dimana tingkat demand yang ada sedang memuncak. Ini merupakan kesempatan yang baik juga untuk kegiatan PR (Public Relations) Anda.

Berikut merupakan beberapa alasan kenapa ini merupakan waktu dan kesempatan yang baik untuk PR Anda.

  1. Lebih banyak orang mengkonsumsi media saat liburan

Pada saat ini banyak orang sudah libur, ini berarti orang akan memilih untuk memfokuskan perhatian kepada diri sendiri dan juga keluarga. Namun ini juga berati jumlah waktu untuk penggunaan internet semakin tinggi. Orang akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengkonsumsi media. Ini merupakan momen penting bagi PR effort Anda. Terutama pada saat menjelang Natal, orang akan sibuk mencari dan juga membeli hadiah untuk orang-orang tercinta. Mereka akan lebih tertarik dengan promosi- promosi yang ada di media. Manfaatkan waktu ini melalui kerjasama dengan influencer untuk mempromosikan brand Anda atau paket sale yang sedang Anda laksanakan. Ini tidak hanya akan memungkinkan bisnis Anda memiliki keseimbangan antara pendapatan dan kehadiran online tanpa mengorbankan keduanya, tetapi juga akan memungkinkan perusahaan Anda untuk memperluas jangkauannya ke basis konsumen.

  1. Media sangat membutuhkan konten

Meskipun musim liburan, industri media tetap berjalan normal seperti biasa. Ini bisa menjadi kesempatan emas dalam meningkatkan publisitas Anda. Manfaatkan  media digital adalah sumber daya pokok untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda. Ini berarti kesempatan Anda untuk menyediakan konten menarik untuk media-media yang disesuaikan dengan perusahaan dan juga brand Anda. Ini kesempatan untuk mempromosikan citra perusahaan Anda secara positif juga dapat membantu mengembangkan pengenalan brand untuk konsumen ke depannya.

  1. Waktu dimana orang lebih banyak membeli

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, pada liburan akhir tahun (terutama pada saat Natal) semakin banyak orang membeli produk ataupun jasa. Dengan semakin majunya teknologi semakin banyak pula orang yang mengandalkan internet sebagai alat belanja, penting bagi perusahaan Anda untuk dapat mengikuti dan mendapatkan keuntungan dari perkembangan ini. Mendorong PR effort Anda adalah cara terbaik untuk memanfaatkan peningkatan penjualan online ini, karena membuat perusahaan Anda berada di bawah mata audiens target Anda dan mendorong citra terbaik perusahaan Anda akan menarik minat konsumen.

Setelah mengetahui alasanya kenapa ini waktu yang tepat untuk PR Anda. Berikut beberapa tips PR yang bisa Anda implementasikan untuk bisnis yang Anda jalani.

  1. Memanfaatkan konten yang sudah Ada

Selama ini kita memfokuskan untuk membuat konten-konten baru yang menarik. Namun tidak ada salahnya jika kita memuat konten yang sudah pernah kita posting sebelumnya. Tapi perlu dicatat konten tersebut haruslah tetap berhubungan dan memiliki tema yang sesuai. Seperti contohnya Anda pernah membuat konten tentang rekomendasi hadiah yang sesuai untuk Natal. Konten tersebut mendapatkan impression yang tinggi. Maka tidak ada salahnya ada memposting ulang konten tersebut dengan menambahkan sedikit informasi yang baru sehingga konten tetap bisa relevan.

  1. Waktu sangatlah krusial

Menjelang musim liburan, orang-orang akan lebih memfokuskan ke rencana liburan mereka, begitu juga dengan jurnalis-jurnalis. Maka Anda harus mempersiapkan konten dan ide Anda lebih awal. Seperti yang diketahui banyak orang yang memberikan notifikasi ‘out of office’ di email mereka, dan email Anda (dan konten yang ingin Anda promosikan) tidak dibaca sampai dengan mereka kembali bekerja. Yang kemudian konten yang Anda berikan tidaklah relevan lagi.

  1. Terapkan ide kampanye musiman

Natal dan Tahun Baru menghadirkan banyak peluang untuk konten musiman dan biasanya sangat berbeda dari apa yang berhasil untuk periode Natal. Gunakan perencana kata kunci untuk statistik data dan lakukan sebelum Januari. Lihatlah apa yang sedang dilakukan kompetitor Anda, apa yang telah mereka lakukan di tahun-tahun sebelumnya dan apa yang dapat Anda pelajari dari mereka.

Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan dan bisa diimplementasikan ke dalam kegiatan PR Anda.

(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)