Dalam setiap bidang atau industri pasti memiliki istilah atau jargon-jargon tertentu ataupun sering disebut juga lingo, begitu juga dalam dunia Public Relations. Istilah ataupun jargon ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi secara internal.
Banyak istilah-istilah yang memiliki arti tertentu yang tidak semua orang memahaminya jika tidak berkecimpung dalam dunia Public Relations (PR). Memiliki pengetahuan tentang istilah-istilah ini sangatlah penting terutama untuk seorang praktisi PR.
Ini beberapa istilah yang ada dalam dunia PR
Above the fold |
Konten yang muncul di bagian atas tengah halaman depan surat kabar cetak atau di bagian paling atas situs web berita. |
Advertorial |
Iklan dalam publikasi yang menyerupai konten editorial tetapi sebenarnya adalah iklan. |
Boilerplate |
Boilerplate pada dasarnya adalah pernyataan “tentang kami”. Ini adalah paragraf pendek yang berada di akhir siaran pers untuk memberikan ringkasan pendek tentang latar belakang dan konteks bisnis Anda kepada wartawan atau publikasi. |
Earned Media |
Publisitas diperoleh melalui upaya promosi dari mulut ke mulut atau selain iklan media berbayar.Ini merupakan konten media dan diskusi seputar merek atau produk perusahaan yang dibuat oleh orang lain dan dibagikan atau dipublikasikan di saluran yang tidak dimiliki perusahaan tersebut. |
Engagement rate |
Persentasi dari jumlah orang yang melihat konten digital dan interaksi dengan konten tersebut. Seperti like, comment, share dan lainnya. |
Embargo |
Keadaan dimana sebuah informasi tersebut tidak dapat dipublikasikan sampai dengan jam dan tanggal tertentu atau sampai kondisi tertentu terpenuhi. |
Impressions |
Jumlah total berapa kali sebuah konten digital dilihat. |
In-house |
Kebalikan dari agensi PR – pekerjaan PR yang dilakukan sendiri oleh petugas PR di dalam perusahaan. |
KPI |
Memiliki kepanjangan dari Key Performance Indicator. Ini adalah indikator kemajuan yang dibuat menuju suatu hasil. KPI membantu bisnis untuk fokus dan mengukur apa yang penting. |
Media Alert |
Sebuah pengingat untuk media tentang acara yang akan datang (konferensi pers, pembukaan, terobosan, pidato penting, operasi foto, dll.) |
Owned Media |
Owned Media adalah konten yang dibuat dan diterbitkan oleh perusahaan di salurannya sendiri seperti situs web dan blog. |
Paid Media |
Paid media adalah ketika perusahaan membayar pihak ketiga, seperti sponsor dan iklan di situs pihak ketiga. |
Pitch |
Ikhtisar berita atau informasi klien yang ditawarkan ke outlet media atau reporter secara individu untuk menyarankan sebuah cerita. |
Press Release |
Informasi yang ditulis dengan gaya liputan berita, sebagai cerita yang ingin Anda lihat ditulis setelah acara media Anda berlangsung. |
SME |
Singkatan dari Small and Medium Enterprise. Usaha kecil dan menengah yang biasanya ditentukan oleh salah satu dari tiga faktor; jumlah staf, perputaran perusahaan, atau total neraca. |
Syndication |
Sindikasi konten adalah saat situs lain memublikasikan ulang konten yang awalnya muncul di tempat lain, seperti blog perusahaan Anda. |
Thought of leadership |
Usaha untuk mempromosikan CEO ataupun eksekutif lainnya dengan cara mempromosikan keahlian mereka. |
UMV |
Singkatan dari number of unique visitors per bulannya yang diperoleh dari sebuah website. |
USP |
Singkatan dari Unique Selling Point. Merupakan aspek bisnis yang membedakan bisnis satu dengan bisnis lain yang serupa. |
(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)