Apa itu PR Digital?

PR Digital adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness dengan pendekatan melalui platform online. Dalam banyak hal, ini mirip dengan PR konvensional, namun PR Digital menawarkan kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih luas yang tidak dapat dijangkau hanya dengan pendekatan melalui offline. Untuk membuat dampak yang sangat besar, PR Digital bergantung pada strategi berbasis internet seperti search engine optimization, content marketing, influencer outreach and social media.

Tidak hanya itu, PR Digital merupakan strategi ampuh yang dapat meningkatkan kehadiran dan visibilitas lewat online terhadap suatu merek produk/servis. Informasi statis dapat diubah menjadi percakapan, dan perusahaan dapat berkomunikasi langsung kepada target audiens mereka setiap saat. Dengan menghubungkan perusahaan dengan target audiens, melalui dialog yang menjelaskan fokus perusahaan dan menyebarkan informasi, pesan yang ingin disampaikan jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

PR Digital vs. PR konvensional

PR konvensional melibatkan hubungan dengan jurnalis untuk mendapatkan fitur publikasi dalam surat kabar maupun majalah, radio, dan televisi. Namun saat ini, kebanyakan orang yang memiliki spesialisasi dalam PR convensional telah mengalihkan fokus mereka untuk memasukkan dalam PR digital. Hal ini terjadi karena seringkali menemukan jumlah pembaca atau pemirsa  lebih tinggi pada konten online daripada offline. Namun sampai saat ini beberapa bentuk PR covensional masih tetap diperlukan.

Dengan pertumbuhan internet, ada banyak jalan yang mungkin digunakan untuk mempromosikan bisnis. PR Digital mencakup berbagai kemungkinan pemasaran seperti diwawancarai oleh media online, meningkatkan minat kepada perusahaan secara online dan menggunakan kekuatan interaktif media sosial untuk lebih berkembang dan dikenal oleh khalayak.

Bagaimana PR Digital Menerapkan Strategi

PR Digital memiliki cara melakukan analisa terhadap kinerja suatu kampanye. Berikut adalah strategi utama dalam menjalankan kampanye PR Digital:

Meningkatkan SEO dan rankings – Ketika konten dipublikasikan di situs otoritas tinggi yang menautkan ke situs web perusahaan, peringkat SEO perusahaan akan meningkat untuk kata kunci sesuai target. Ketika peringkat SEO meningkat, ini juga akan meningkatkan traffic dan arahan situs web perusahaan dan dapat meningkatkan sales.

Boost website traffic  – Semakin banyak orang membaca dan membagikan konten di media sosial, semakin banyak orang yang akan mengunjungi situs web perusahaan.

Hasilkan prospek dan penjualan – Menggunakan strategi ini, merek  akan disebut lebih sering oleh pelanggan, tentunya akan menghasilkan referensi dari beberapa orang yang mengunjungi situs web perusahaan, yang pada akhirnya juga mengarah pada lebih banyak penjualan.

Tingkatkan citra merek dan bangun kepercayaan – Target audiens akan mulai mengetahui banyak hal baik tentang merek perusahaan dan dapat melihat semakin banyak ulasan positif.

Terakhir, tentukan tujuan dan strategi apa terbaik untuk meningkatkan brand awareness dan mengarahkan traffic ke situs web perusahaan. Selain itu konten yang dihasilkan harus otoritatif dan mulai membangun hubungan baik dengan influencer dan blogger. Semakin banyak strategi PR Digital yang digunakan, semakin besar kemungkinan meningkatnya reputasi merek serta berhasil dalam mengembangkan bisnis.

(oleh Irianty Nur Afiah – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)