Saat ini banyak dari pemilik bisnis memanfaatkan website sebagai tombak utama dalam penjualan mereka, khususnya dimana pengguna internet di dunia yang semakin dan akan terus meningkat, Ada miliaran website yang eksis dimana semuanya bersaing untuk memperebutkan perhatian dari pengunjung target mereka yang melakukan penjelajahan online setiap harinya. Untuk itu, website  merupakan salah satu hal yang wajib untuk dimengerti dan dipahami. Jika Anda mengabaikan hal ini mungkin saja bisnis Anda  akan semakin tertinggal.

Keberadaan website akan membantu bisnis dalam membangun brand image Anda dan membantu membuat ikatan atau engagement yang kuat dengan pelanggan setia maupun pontesi calon pelanggan Anda. Bisnis juga mampu dengan mudah bersaing dengan brand besar tanpa mengeluarkan banyak biaya, yang Anda perlukan adalah membuat strategi membangun website Anda dengan Search Engine Optimization (SEO) dan konten, Search Engine Marketing (SEM), Social Media Management dan Paid Ads serta aktivitas Social Media Optimization (SMO) dapat membantu Anda untuk dikenali oleh pelanggan ataupun calon pelanggan Anda.

Selain itu, keberadaan website sangat mudah diakses oleh konsumen, meningkatkan visibilitas brand, serta akan dapat terus melayani konsumen secara online dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis. Tak hanya sekedar memiliki webiste, Anda juga harus secara proaktif untuk membuat konten yang lebih baik dan berkualitas serta mampu meyakinkan pelanggan atau calon pelanggan Anda bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan melalui website jauh lebih baik daripada perusahaan lain atau kompetitor Anda.

Dari banyaknya website yang ada, terdapat kategori jenis website yang berbeda dengan tujuan atau fungsi yang tentunya berbeda, beberapa jenis tersebut, yaitu:

a. Landing Page Website

Landing page merupakan jenis halaman spesifik yang dibuat khusus untuk kampanye pemasaran yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu. Ciri dari landing page ini adalah hanya terdiri dari satu page dan adanya call to action seperti download now, daftar sekarang, dan lain sebagainya. Tujuan dibuatnya landing page ini adalah dapat digunakan untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Nantinya, leads yang diperoleh inilah yang akan menjadi database pelanggan potensial.

b. Corporate/Business Website

Corporate website memang mungkin tidak bisa menjual langsung seperti marketplace atau e-commerce, tetapi Anda dapat menggunakan website ini untuk memberikan informasi tentang bisnis Anda, dan untuk memberitahu klien potensial atau pelanggan bagaimana mereka dapat menghubungi Anda.

c. E-commerce Website

E-commerce adalah platform belanja online dimana pengguna dapat membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda. Tentunya platform ini mempermudah tim Anda untuk memperbarui inventaris online dan membuat daftar produk baru. Selain itu, karena sistem ini saling berhubungan, maka penjualan, logistik, dan marketing semuanya terintegrasi dan Anda dapat memonitor produk ataupun sistem mana yang bekerja dengan baik.

d. Blog Website

Blog menampilkan artikel, foto, dan video yang diperbarui secara berkala. Tak hanya untuk personal, saat ini banyak brand dan bisnis besar yang memiliki blog sendiri. Tujuan membuat blog ini adalah meningkatkan kredibilitas perusahaan atau individu secara keseluruhan dengan konten yang berkualitas dan berguna bagi para pembacanya.

e. Portfolio Website

Jenis website lainnya adalah portfolio website yang memungkinkan para profesional kreatif untuk menampilkan karya terbaik mereka. Website jenis ini sangat cocok untuk seniman, penulis, desainer, pembuat film, pembuat furnitur, fotografer dan profesi kreatif lainnya.

f. Directory and Contact Website

Directory and contact website adalah tempat di mana pengguna atau pelanggan dapat terhubung dengan Anda atau bisnis lainnya. Jenis website ini berfungsi ketika Anda ingin mendaftar repositori bisnis atau orang-orang dalam suatu organisasi. Seperti direktori restoran lokal yang menampilkan restoran di daerah tersebut dengan menu, kisaran harga, nomor telepon, dan ulasan.

Setelah mengetahui beberapa jenis website apa yang sesuai bisnis dan pentingnya website untuk bisnis, Anda harus pastikan untuk membuat website Anda menarik dan tidak asal-asalan, jangan sembarangan membuat website dan berakibat pada website Anda terlihat buruk, karena  memiliki website yang buruk tidak lebih baik daripada tidak memiliki website sama sekali.

Anda juga harus perhatikan hal-hal seperti; konten yang relevan, konsisten, pilih tampilan yang profesional dan user friendly, dan mudah diakses baik melalui personal computer ataupun mobile menjadi kata kunci saat memutuskan memiliki website.

(oleh Irianty Nur Afiah, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)