Seperti yang kita ketahui, saat ini kita sudah berada di era digitalisasi. Banyak aspek kehidupan yang berubah ke arah yang lebih baik dengan adanya kemajuan digital akibat terus berkembangnya teknologi kita. Dalam dunia Public Relations (PR) juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hampir semua yang bergelut dalam dunia PR beralih ke arah digitalisasi. Maka dari itu sekarang kita sering mendengar digital PR.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang elemen penting dari SEO yang terdiri dari tiga hal yaitu;  Search Ranking, Keywords, dan Backlink. Di artikel tersebut kita sudah mengulas tentang peran penting dari pemilihan Keywords. Untuk kesempatan ini kita akan membahas tentang pentingnya backlink. Tapi mari kita ulas sekilas tentang digital PR.

Apa yang dimaksud dengan digital PR?

Secara garis besar PR Digital adalah tentang menggunakan taktik PR untuk mendapatkan backlink untuk mendukung strategi SEO Anda. Untuk itu biasanya dilakukan dengan cara membuat linkable asset atau lebih dikenal dengan link bait. Link bait tersebut kemudian dibagikan dan dipromosikan kepada para jurnalis dari media-media ternama. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong para jurnalis untuk menulis artikel yang relevan mengenai konten yang Anda inginkan dan mencantumkan link bait tersebut sehingga orang bisa mengakses nya.

Kesuksesan dari digital PR sendiri dimana sebuah ide yang berbentuk konten dimuat atau diliput oleh jurnalis. Tapi bukan itu saja, PR juga harus menciptakan aset yang menarik yang dapat ditautkan. Hal ini secara otomatis akan menambah nilai dari editorial dari sebuah artikel. Kembali lagi digital PR adalah tentang membuat konten yang menceritakan cerita yang sangat bagus sehingga jurnalis benar-benar ingin meliput dan link dari konten Anda dibagikan di platform media tersebut.

Digital PR sendiri memiliki peran sebagai taktik yang paling efektif untuk mengatasi beberapa permasalahan umum dalam SEO. Beberapa permasalahan yang dimaksud adalah:

– Menskalakan link building tanpa mengorbankan kualitas dari link yang diperoleh.

– Menghasilkan link editorial

– Mendapatkan link dari publikasi yang relevan dan berkualitas tinggi.

Dari beberapa poin ini bisa kita lihat bahwa digital PR memiliki peran lebih, bukan hanya mendapatkan link saja. Ini bisa disimpulkan hubungan keduanya antara digital PR dan SEO saling berkesinambungan. Namun sering juga SEO dianggap sebagai taktik untuk mendapatkan kesuksesan dari PR.

Setelah membahas tentang digital PR, mari kita bahas tentang backlink. Apa yang dimaksud dengan backlink? Backlink adalah ketika ada link yang menuju ke situs web, situs sosial, atau konten Anda, dan brand Anda disebutkan oleh pihak ketiga. Seberapa baik atau hebatnya link tersebut bergantung pada bagaimana struktur dan otoritas domain dari situs perujuk.

Perlu diingat bahwa kualitas dari backlink tersebut merupakan faktor pertama di SEO. Pada search engine seperti Google, backlink merupakan tolak ukur dari suara dan popularitas sehingga ini berpengaruh dalam pencarian yang relevan dan berkualitas, yang nantinya akan merefer ke situs web Anda.

Lalu apa kelebihan yang bisa kita peroleh dari backlink melalui digital PR?

  1. Mendapatkan link dari publikasi dengan autoritas yang berasal dari tier atas.
  2. Mendapatkan keunggulan kompetitif dari link, yang kompetitor Anda tidak peroleh.
  3. Mendapatkan link yang benar-benar di klik dan mendorong traffic referensi dan juga penjualan.
  4. Menempatkan bisnis Anda di antara target audiens Anda dan membangun brand awareness.
  5. Memposisikan Anda sebagai expert dalam industry dan dapat membangun kepercayaan.
  6. Meningkatkan social engagement.

Untuk mendapatkan backlink yang baik ada beberapa strategi yang bisa membantu Anda untuk mencapainya.

  1. Jangkauan dari liputan media yang diperoleh dan meminta untuk mencantumkan backlink

PR memiliki peran untuk mem-pitching ke orang-orang (yang tepat) yang dapat membantu untuk mendapatkan media placement dan juga membantu dalam meningkatkan hasil pencarian, yang nantinya meningkatkan referral traffic. Pastikan untuk selalu meminta mereka untuk backlink ini juga berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan dari audiens Anda. Karena jika konten (backlink) Anda dimuat di media terkemuka, maka akan mendapat validasi , dan ini akan meningkatkan efektifitas kampanye PR Anda.

  1. Pastikan untuk mendapat Produk Review

Setelah mereview suatu produk, jarang sekali sebuah publikasi tidak menyertakan link ke produk. Namun tidak ada salahnya untuk meminta untuk memastikan.

  1. Tingkatkan pembagian media sosial dengan konten visual

Buat konten yang viral, menarik secara visual, dan cerita menarik untuk mendorong minat dan engagement. Biasanya infografis mendapat 3x lebih banyak like dan lebih sering dibagikan dari pada jenis konten lainnya. Hal ini membuktikan bahwa memnbuat konten yang memiliki visual yang menarik merupakan cara terbaik untuk mendapatkan backlink dari web terkemuka.

(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)