Sebuah bisnis tidak dapat berbicara sendiri, itulah sebabnya Anda perlu memiliki juru bicara yang profesional, percaya diri, dan bisa bebicara dengan baik.

Juru bicara ini adalah seseorang yang memahami bisnis Anda dan dapat mewakili nilai-nilai yang dimiliki perusahaan Anda, sehingga mereka dapat mengkomunikasikan pesan utama dari sebuh bisnis dengan jelas kepada target audiens. Oleh karena itu, penting bagi bisnis atau perusahaan untuk memahami mengapa mereka membutuhkan juru bicara yang kredibel.

Juru bicara yang baik sangat penting bagi bisnis apa pun yang ingin membangun profil dan reputasinya, karena dapat secara efektif mengkomunikasikan pesan Anda kepada publik dan media. Selain itu, adanya juru bicara bagi sebuah perusahaan atau bisnis dapat membangun hubungan emosional antara audiens dengan brand Anda.

Baik itu untuk wawancara dengan media, menjadi pembicara di konferensi, atau melakukan presentasi kepada dewan perusahaan, seorang  juru bicara perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Mempersiapkan diri

Banyak juru bicara menjalani pelatihan untuk dapat menangani tekanan saat diwawancara. Jika juru bicara kebingungan saat menjawab pertanyaan sulit, hal ini dapat membuat perusahaan Anda terlihat buruk.

Seorang juru bicara harus siap menghadapi situasi itu, mengetahui segala sesuatu yang terjadi di perusahaan, serta memiliki banyak pengetahuan.

Bagaimana cara mempersiapkan diri? Pikirkan semua pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dan siapkan jawaban untuk mereka sebelum wawancara atau presentasi, kemudian berlatihlah di depan cermin.

  • Kenali pemangku kepentingan

Juru bicara harus mengetahui setiap kelompok / individu dengan minat atau ketertarikan yang berkaitan dengan perusahaan Anda. Anda perlu mengetahui apa yang memengaruhi pemangku kepentingan Anda dan apa yang dapat Anda lakukan agar mereka tetap terkait dengan perusahaan Anda.

Seorang juru bicara yang efektif juga perlu mengenali audiens dan apa yang penting bagi mereka sehingga Anda dapat menargetkan pesan Anda ke kelompok tersebut.

  • Kenali media

Penting untuk mengetahui outlet media mana yang tertarik dengan perusahaan Anda, serta outlet media yang diminati oleh pemangku kepentingan. Memiliki hubungan yang baik dengan media dapat membantu Anda pada saat Anda membutuhkan liputan atau ingin siaran pers Anda diterbitkan dengan segera.

Saat Anda mengetahui outlet media mana yang ditargetkan, juru bicara perlu memahami cara kerja outlet media tersebut dan mengetahui apa yang mereka inginkan dari Anda sekaligus mendapatkan apa yang Anda inginkan dari mereka. Penting untuk mengetahui bagaimana seorang juru bicara digambarkan di media sehingga Anda dapat mengontrol bagaimana perusahaan Anda dilihat oleh orang lain.

  • Tetap tenang

Dalam situasi sulit, juru bicara yang baik akan tetap tenang dan tidak kehilangan fokus. Bisnis Anda akan mendapat reputasi buruk jika juru bicara menanggapi pertanyaan secara negatif. Tetap rileks sehingga Anda terlihat seperti mengendalikan situasi dan Anda akan terlihat lebih percaya diri dan kredibel.

  • Jangan menghindari pertanyaan

Jika Anda tidak menjawab pertanyaan, Anda akan terlihat sedang menyembunyikan sesuatu dan jurnalis malah akan terus menggali untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Selalu sampaikan informasi dengan jujur sehingga Anda menggambarkan perusahaan Anda dengan cara yang baik.

  • Bicaralah dengan jelas

Jangan berbicara terlalu cepat dan bertele-tele. Ketika Anda bicara, selalu pikirkan audiens atau pendengar. Buatlah pidato Anda jelas, ringkas, dan mudah dimengerti.

Juru bicara yang baik dapat membuat perbedaan antara reputasi positif dan reputasi buruk untuk bisnis Anda. Sedikit persiapan sebelum juru bicara Anda berurusan dengan media dapat membuat perbedaan besar dalam hasil yang akan diperoleh bisnis Anda.

(Oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)