Peran sosial media di era digital ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Saat ini masyarakat semakin kritis dan haus akan informasi. Tentu hal ini diikuti dengan semakin cepatnya informasi dan berbagai macam infomasi yang beredar. Ini merupakan salah satu dampak yang di bawa oleh media sosial.

Terutama dalam dunia Public Relations (PR). Salah satu peran sosial media dalam dunia PR adalah memberikan platform khusus untuk bisa berkomunikasi dua arah dengan public dengan cara mudah.

Selain itu para praktisi PR dapat membantu perusahaan untuk menyampaikan informas isecara lebih menarik dan kreatif. Lalu bagaimana kita bisa memanfaatkan atau bahkan mengoptimalkan fungsi dari sosial media untuk kegiatan PR kita?

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa membantu kita untuk mengoptimalkan fusgsi dari sosial media.

  1. Tetap update dengan trend sekarang

Pengguna sosial media biasanya merupakan orang-orang yang selalu up-to-date dengan perkembangan informasi dan juga trend yang ada. Atau sering disebut juga dengan istilah viral.  Oleh karena itu kita harus terus memperhatikan apa saja informasi ataupun trend yang sedang viral saat ini. Dari trend tersebut kita bisa ambil dan sesuaikan dengan informasi ataupun konten yang kita ingin sampaikan kepada publik. Tentu tidak semua hal yang viral bisa kita ambil dan kita aplikasikan, namun sebagai seorang praktisi PR kita dituntut untuk lebih jeli dan kreatif memanfaatkan apa yang sedang trendy sekarang.

  1. Penggunaan konten kalendar

Bukan hanya dalam dunia PR, hamper semua penggguna sosial media akan dimudahkan dengan penggunaan konten kalender. Penggunaan konten calendar dapat memudahkan kita dalam pembagian konten, tema yang akan diusung, dan juga waktu-waktu yang tepat untuk membagikan konten secara sesuai. Seperti contohnya kita akan mengusung kampanye dengan tema liburan, kita bisabuat konten kalender dan menyesuaikannya dengan masa libur sekolah atau libur akhir tahun.

  1. Pilih platform media sosial yang sesuai

Penggunaan media social tidak bisa secara asal. Kita harus melakukan banyak research sehingga kita dapat mengoptimalkan penggunaan dan fungsi dari media sosia ltersebut. Mulai dari demografi dari target audience, selera, serta trend yang sesuai dengan target. Jangan sampai kita memilih platform yang  tidak sesuai, sehingga outputnya pun tidak maksimal.

  1. Berinteraksi dengan akun sejenis

Berinteraksi dengan akun sejenis dapat meningkatkan engagement dan juga membuat cakupan audience kita menjadi lebih luas. Inibisa juga menjadi sebuah kolaborasi yang bersifat simbiosismutualisme, karena keduabelahpihak sama-sama bisa mendapatkan keuntungan yang positif.

  1. Pertahankan reputasi positif secara online

Ingat istilah ‘PR is about reputation’? Begitu juga dengan media social kita, kita harus tetap mempertahankan reputasi yang positif. Apalagi saat ini begitu banyak ha lsensitif yang dapat mengancam reputasi kita. Apalagi kecepatan informasi dari platform online, maka dari itu kita harus terus berhati-hati dalam membagikan konten ataupun memberikan tanggapan-tanggapan. Sehingganantinyakitatetapmemilikireputasi yang positif.

(oleh FitriFrisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)