Jika sebelumnya kita sudah membahas apa itu byline dan bagaimana byline dapat menjadi strategi Public Relations (PR), sekarang mari kita bahas bagaimana byline dapat meningkatkan visibilitas brand Anda

Sering kali, saat menyebut PR, banyak orang yang berpikir PR hanya tentang siaran pers dan pengumuman dari brand atau perusahaan. Namun, seebenarnya ada banyak strategi dan alat yang dapat digunakan oleh binis atau perusahaan untuk meningkatkan visibilitas brand mereka, yang seringkali lebih lebih efektif dari siaran pers, termasuk berkomunikasi dengan jurnalis, berbagi tren industri dan studi kasus pelanggan, serta menggunakan konten yang dibuat bersama dengan byline.

Di dunia di mana sebagian besar bisnis dan publikasi terus mencari cara yang baik untuk mempromosikan diri mereka kepada audiens, sangat penting untuk membuat konten yang bagus, terutama konten yang berasal dari dari eksekutif perusahaan terkemuka. Jenis konten ini harus menarik bagi publik, dan tidak boleh hanya digunakan sebagai taktik pemasaran yang mudah untuk meningkatkan penjualan.

Ada banyak keuntungan menggunakan byline, namun, salah satu yang utama adalah kenyataan bahwa brand atau perusahaan dapat mengontrol semua hal yang dipublikasikan, yang berarti perusahaan tidak harus bergantung pada jurnalis atau editor yang memilih apa saja yang akan dimasukkan dalam sebuah cerita atau artikel. Dengan jenis konten ini, perusahaan dapat mengontrol kontennya itu sendiri, sekaligus sebagai cara agar mereka dianggap oleh pelanggan mereka.

Menjadi Pakar Pemikiran

Membuat dan membagikan artikel byline sering kali merupakan salah satu elemen kunci dari kampanye PR yang sukses untuk banyak perusahaan. Jenis artikel ini adalah cara terbaik bagi audiens untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sudut pandang perusahaan mengenai topik tertentu.

Saat audiens membaca sesuatu yang ditulis oleh seseorang yang memiliki posisi kepemimpinan untuk sebuah brand, makan audiens akan melihat mereka sebagai pakar di bidangnya. Artikel byline dapat berisi banyak detail tentang topik yang sedang dibahas, termasuk statistik atau data pihak ketiga, yang kemudian dapat digunakan dan dikembangkan lebih lanjut menjadi jenis konten lain.

Publik akan lebih mempercayai perusahaan itu dan akan membagikannya dari mulut ke mulut, yang pada akhirnya akan meningkatkan brand awareness. Selain itu, dengan artikel byline maka berarti ada lebih banyak konten untuk dipromosikan di profil media sosial perusahaan yang dapat menjadi bonus bagi perusahaan.

Promosi

Sebelum peluncuran produk atau layanan, cara terbaik bagi perusahaan untuk menyiapkannya adalah dengan mendapatkan perhatian sebanyak mungkin. Dengan artikel byline, tujuan tersebut akan dapat tercapai, selain itu juga dapat meningkatkan visibilitas brand. Artikel ini dapat diliput oleh banyak publikasi terkenal di industri tertentu, dan mendapatkan lebih banyak popularitas, baik di outlet berita maupun di kalangan publik.

Jika digunakan dengan benar, artikel byline yang berkualitas dapat menarik banyak perhatian audiens terhadap pada brand Anda, yang tentunya akan sangat berguna sebelum peluncuran produk atau layanan, karena begitu produk atau layanan diluncurkan, banyak orang sudah mengetahui dan merasa familiar dengan nama di balik layanan atau produk tersebut, dan pada akhirnya orang-orang ini akan lebih cenderung untuk melakukan pembelian.

(oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)