Baru-baru ini, brand lokal asal Bandung yang sudah berdiri selama puluhan tahun, Eiger, sedang ramai dibicarakan di media sosial, terutama Twitter. Pemicunya berawal dari seorang reviewer yang mendapat surat teguran dari tim legal Eiger yang keberatan produknya direview dengan kualitas video yang dianggap buruk oleh pihak Eiger. Permasalahannya di sini, reviewer tersebut tidak ada kolaborasi dengan Eiger dan murni hanya memberikan review mengenai produk Eiger yang dibelinya sendiri.
Pihak Eiger mengkritik dan meminta sang reviewer untuk menurunkan videonya karena menganggap kualitas videonya tidak sesuai dengan standar mereka – padahal reviewnya sama sekali tidak menjatuhkan produknya. Komentar-komentar pedas pun langsung ramai ditujukan kepada pihak Eiger karena dianggap surat yang mereka kirim sangat berlebihan.
Setelah ramai dikecam netizen, pihak Eiger akhirnya mengeluarkan surat permintaan maaf dari sang CEO, namun permintaan maaf ini justru malah memicu netizen kembali mem-bully Eiger karena dianggap permintaan maafnya tidak tulus dan defensif.
Kemana tim PR Eiger? Kenapa malah tim legal yang aktif mengomentari dan mengkritik kualitas video review yang bahkan bukan hasil dari kerjasama? Apakah mungkin Eiger tidak memiliki tim PR?
Belajar dari kasus ini, kita tau apa pentingnya Public Relations bagi sebuah perusahaan dan organisasi.
Semua orang sepertinya tahu istilah public relations (PR), tapi tidak semua orang paham apa artinya. Meskipun banyak organisasi memahami bahwa PR adalah cara yang bagus untuk membangun pendekatan pemasaran dan meningkatkan reputasi online mereka, tapi masih sedikit orang yang tahu banyak tentang apa yang melibatkan PR, atau mengapa hanya sedikit perusahaan yang menginvestasikan begitu banyak waktu dan upaya mereka untuk tetap berada di urutan teratas.
PR adalah tentang berbagi informasi yang benar ke tempat dan orang yang tepat, untuk membangun reputasi brand. PR agency bekerja dengan organisasi atau perusahaan dan membantu mereka membangun citra mereka di industri tertentu. Melalui strategi pemasaran yang efektif, PR agency mempromosikan agenda kliennya.
Ketika digunakan dengan tepat, PR dapat membentuk sebuah perusahaan untuk dapat mengatasi hampir semua hambatan. PR sangat penting untuk brand apa pun, dan karena berbagai alasan.
Membantu Mengelola Reputasi
Memiliki koneksi dengan media adalah prasyarat manajemen reputasi. Misalnya dalam perjalanan bisnis Anda, bisa saja Anda akan menghadapi situasi yang mengerikan seperti iklan yang dianggap menyinggung kelompok tertentu, review di media sosial dari pelanggan yang kecewa tentang seberapa buruk produk Anda, atau kasus seperti Eiger di atas. Di saat seperti itu, koneksi media dapat membantu Anda memperbaiki reputasi Anda contohnya melalui penyebaran informasi melalui siaran pers atau wawancara. PR agency memberi peluang untuk membangun koneksi seperti itu.
Mempromosikan Nilai Brand
Dalam industri apa pun, kepercayaan memainkan peran penting dalam menentukan apakah bisnis akan berhasil atau tidak. Kurangnya kepercayaan juga dapat menyebabkan hilangnya penjualan. Namun, ketika Anda mempekerjakan seseorang di bagian PR, mereka dapat bekerja untuk meningkatkan kredibilitas dengan meningkatkan reputasi organisasi melalui thought leadership, koneksi influencer, dan strategi networking.
Dengan bantuan PR, Anda dapat mengirim pesan positif kepada audiens Anda yang sejalan dengan citra brand Anda dengan menggunakan ide-ide yang ditanggapi oleh target konsumen Anda dengan lebih positif.
Memperkuat Hubungan Komunitas
PR yang baik berarti membangun hubungan yang berkelanjutan dengan banyak komunitas dan influencer penting dan mengetahui bagaimana bisnis Anda dapat menjadi sumber data bagi orang-orang yang berpengaruh.
PR Meningkatkan Kehadiran Anda di Media Online
Di dunia dimana setiap orang terhubung secara digital, PR membantu perusahaan untuk memaksimalkan kehadiran mereka secara online. PR agency tidak hanya dapat memberikan dukungan dan panduan yang dibutuhkan perusahaan saat ini untuk memasarkan diri secara online, tetapi menyiapkan perusahaan agar bisa turun tangan saat terjadi krisis atau ada yang tidak beres dengan image yang sedang Anda bangun.
Dengan bantuan media sosial, siaran pers, dan koneksi dengan situs-situs promosi yang menerbitkan konten, perusahaan PR dapat membantu klien mereka mencapai hal-hal yang diinginkan, dan mengatasi hambatan yang mungkin menghalangi mereka untuk sukses.
Dengan menggunakan jasa PR, perusahaan bisa memantau kepentingan konsumen, mitra, dan karyawan, mengidentifikasi ancaman, membantu manajemen menyelesaikan berbagai konflik dan dengan cepat menjalin dialog. Secara umum, PR fokus pada opini publik. Dalam situasi pasar yang berkembang pesat saat ini, PR menjadi bagian penting dari komunikasi pemasaran. PR mempengaruhi kinerja pemasaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk berkolaborasi dengan agensi PR yang tepat.
(Oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)