Jakarta, 27 Juni 2016 – Meliá Hotels International mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham, yang dipimpin oleh pendiri sekaligus Chairman perusahaan, Gabriel Escarrer Juliá, yang juga menggunakan kesempatan perayaan hari jadi perusahaan ke-60 pada tahun ini untuk menuturkan visi perusahaan di masa lalu, sekarang, dan masa mendatang. Escarrer bercerita mengawali bisnis ini dengan menyewa sebuah hotel kecil di Palma de Mallorca pada saat usianya 21 tahun.
Kemudian Escarrer menegaskan peran Meliá Hotels International dalam sejarah pariwisata internasional selama enam dekade terakhir, dan secara khusus berterima kasih kepada para pemegang saham Meliá Hotels International atas dukungan mereka dalam satu tahun ini yang juga menandai peringatan IPO perusahaan ke-20 tahun.
Pada pidatonya yang sangat terfokus pada masa depan, Escarrer lebih memaparkan kekuatan Meliá Hotels International dan keunggulan kompetitif pada saat ini, dan mengakhirnya dengan penjelasan tentang prioritas strategis saat ini dan proses transformasi budaya yang memungkinkan perusahaan melihat 60 tahun ke depan yang sangat menjanjikan.
Kekuatan dan kepemimpinan masa kini
Escarrer memulai dengan meninjau hasil di tahun 2015, tahun di mana perusahaan meninggalkan masa-masa krisis dan menuai hasil dari upaya-upaya serta strategi perusahaan yang sukses: pendapatan global meningkat sebesar 16 persen atau naik lebih dari 2,9 milyar Euro, dan peningkatan Ebitda sebesar 29 persen, dengan laba sebelum pajak sebesar 101,6 juta Euro dan dan laba bersih sebesar 40,5 juta Euro.
Di tahun 2015 perusahaan juga mencapai tujuannya dalam mengurangi hutang bersih, yang saat ini turun lebih dari 200 juta Euro. Manajemen aset menghasilkan lebih dari 200 juta Euro dari penjualan hotel, sementara perusahaan tetap mempertahankan pengelolaan pada semua hotel yang telah dijual. Escarrer juga menekankan komitmen untuk renovasi dan reposisi melalui investasi senilai 78 juta Euro di tahun 2015, dengan hotel-hotel yang telah direposisi mencapai peningkatan rata-rata sebesar 30 persen pada rata-rata tarif kamar di tahun pertama setelah pembaruan hotel-hotel tersebut.
Berkenaan dengan kinerja saham selama tahun 2015, Escarrer menjelaskan bahwa harga saham Meliá Hotels International naik sebesar 37 persen, di mana pada tahun itu IBEX (indeks pasar saham Spanyol) rata-rata anjlok sebesar 7 persen. Ia juga menyatakan kepuasannya atas pelunasan awal dari obligasi konversi yang jatuh tempo di tahun 2018, di mana hampir semua pemegang obligasi mengajukan konversi menjadi saham, dengan perusahaan melakukan peningkatan modal sebesar 13,34 persen.
Mengenai kinerja bisnis hotel, Escarrer membahas kenaikan sebesar 15,1 persen pada pendapatan per kamar yang tersedia (RevPAR) setelah pertumbuhan selama 23 kuartal berturut-turut, peningkatan penjualan sebesar 28 persen melalui website meliá.com, dan lima juta anggota saat ini yang sudah terdaftar dengan program loyalitas MeliáReward. Meliá Hotels International selalu berfokus pada inovasi dan teknologi baru, dan saat ini perusahaan dianggap sebagai salah satu perusahaan terbaik dalam Transformasi Digital.
Dari semua hal tersebut, Escarrer sangat antusias dalam membicarakan ekspansi perusahaan secara internasional, yang merupakan kekuatan dasar perusahaan, di mana pada tahun 2015 memungkinkan perusahaan untuk menambah 25 hotel baru, dan di tahun 2016 akan ada pembukaan lebih dari 24 hotel baru.
Keunggulan kompetitif
Bagi pendiri dan Chairman Meliá Hotels International, perolehan dan posisi Meliá Hotels International setelah 60 tahun pertamanya telah dicapai melalui keunggulan kompetitif seperti proses globalisasi awal perusahaan yang saat ini sudah sangat kuat; model bisnis yang sangat beragam (tidak hanya secara geografis, tetapi juga antarhotel yang dimiliki dan dikelola, city hotel atau resor hotel); portofolio yang luas untuk setiap segmen pasar yang berbeda-beda; model tata kelola perusahaan yang menggabungkan ketegasan dan transparansi perusahaan yang tercatat dengan nilai-nilai bisnis keluarga; nilai-nilai perusahaan, terutama inovasi yang berkelanjutan; tanggung jawab sosial perusahaan yang berpedoman pada keinginan untuk membangun sistem yang difokuskan untuk melindungi dan mendukung anak-anak, lingkungan, dan pariwisata berkelanjutan.
Keyakinan dalam menghadapi masa depan
Dalam presentasinya, Escarrer membahas bagaimana perusahaan sedang mempersiapkan diri menuju masa depan, baik berkaitan dengan strategi maupun transformasi budaya yang diperlukan untuk menerapkannya.
Menurut Escarrer, Rencana Strategis Meliá Hotels International yang baru berfokus pada peningkatan semua merek milik perusahaan, digitalisasi, pertumbuhan selektif di pasar-pasar utama, pengelolaan Sumber Daya Manusia, dan struktur organisasi yang efisien dan global, selalu memastikan kualitas dan nilai aset, dan model keuangan yang konsisten dan kuat ketika berhadapan dengan ancaman dan siklus bisnis.
Escarrer menutup rapat ini dengan menyatakan bahwa perusahaan telah siap sepenuhnya untuk mencapai pertumbuhan yang cepat dan strategis di seluruh dunia, memenuhi ekspektasi para pelanggan yang beragam dan berubah-rubah, dan menghadapi tantangan dari lingkungan internasional yang bervariasi, semua berkat model bisnis yang tidak berdasarkan pada model industri padat modal tetapi berfokus pada keunggulan perusahaan sebagai pengelola hotel.
“Dalam 60 tahun ini kami telah berkembang dari sebuah perusahaan kecil menjadi grup multinasional dengan hampir 100.000 kamar yang tersebar di 43 negara, namun kami tidak pernah kehilangan semangat ataupun nilai kekeluargaan kami. Berkat nilai-nilai tersebut, serta tim yang kokoh dan bertalenta, kami mampu mencapai pertumbuhan yang bertanggungjawab dan berkelanjutan serta mempertahankan kepemimpinan global kami,” tutup Gabriel Escarrer Julia, pendiri dan Chairman Meliá Hotels International.