Data-driven Public Relations (PR) atau PR berbasis data membantu Anda menggunakan analitik untuk memberikan solusi terbaik dalam penargetan dan melacak efektivitas strategi PR Anda. Tentunya dengan menggunakan data yang tersedia, Anda akan dapat membentuk strategi PR yang lebih kohesif yang memberikan hasil berdasarkan informasi nyata, daripada hanya mengikuti naluri atau mengandalkan firasat saja.
Manfaat menggunakan PR berbasis data tak hanya dapat memiliki lebih banyak kendali atas konten, tetapi juga untuk secara strategis menemukan dan mengatur waktu siaran pers Anda untuk mendapatkan jumlah penayangan, keterlibatan, dan klik-tayang yang optimal selain akan memberi jumlah perhatian terbesar pada rilis Anda, tetapi juga memastikan mereka berada dalam audiens target yang tepat.
Data juga sering kali dapat menyampaikan cerita untuk Anda dengan lebih efektif dan memberikan kredibilitas pada opini apa pun yang mungkin Anda tawarkan dan mampu memberikan jurnalis laporan akses mudah ke data dan statistik. Reporter rata-rata menghadapi tenggat waktu yang ketat dan interupsi terus-menerus. Meskipun mungkin ada setumpuk siaran pers di mejanya, seorang reporter biasanya akan lebih memperhatikan promosi yang menyertakan data yang solid.
Dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan, berikut beberapa aspek dari apa itu PR berbasis data dan mengapa Anda harus menggunakannya dalam strategi PR Anda yang dikutip dari mediaupdate.co.za, yaitu:
1.Menggabungkan PR dengan Data Besar
Dengan data, Anda sekarang dapat melacak angka seperti tampilan, klik, keterlibatan, dan banyak lagi. Ketika Anda memiliki data yang berharga ini, Anda dapat merencanakan strategi PR Anda sesuai dengan kebutuhan pasar dan menargetkan kelompok yang berbeda. Misalnya, ‘Likes’ di media sosial dapat dilacak dan dianalisis. Ini akan memberi Anda wawasan tentang apa yang populer di antara kelompok usia yang berbeda.
Data besar juga akan memungkinkan Anda melakukan koreksi selangkah demi selangkah. Itu akan membantu tim PR Anda untuk merencanakan kampanye mereka sesuai dengan tren baru yang populer secara online. Jika Anda tahu apa yang populer, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan cara Anda merilis konten untuk kelompok sasaran Anda.
2.Penargetan yang Tepat
Data mampu mengidentifikasi kelompok sasaran yang berbeda. Tim PR dapat menganalisis cara terbaik untuk mempresentasikan produk atau layanan dan dapat menargetkan kelompok usia atau minat yang berbeda dengan kekuatan data yang disediakan. Data akan memberi Anda wawasan tentang siapa yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Jika beberapa grup tidak tertarik, Anda tidak boleh membuang waktu dan uang untuk menargetkan mereka dalam kampanye PR Anda. Anda dapat memfokuskan semua sumber daya Anda ke kelompok tertentu yang akan menyukai gagasan menggunakan produk atau layanan Anda. Itulah prinsip inti dari strategi PR berbasis data, jadi manfaatkan sepenuhnya.
3.Integrasi Berita dan Tren
Mendapatkan data yang tepat akan membantu Anda mengidentifikasi berita dan tren populer yang diikuti oleh masyarakat. Gunakan data tersebut untuk membentuk strategi PR Anda ketika Anda mempromosikan produk Anda melalui berita. Biarkan taktik PR Anda berubah sesuai dengan berita dan tren terkini. Identifikasi penyesuaian apa yang dapat Anda lakukan mengikuti perubahan yang dilakukan dalam tren populer. Mampu berubah sepanjang jalan adalah keindahan dari PR berbasis data. Ini menjamin bahwa cara periklanan ini akan memainkan peran kunci dalam menargetkan berbagai kelompok kepentingan.
4.Kuantitas dan Kualitas Jangkauan PR
Sangat penting untuk menganalisis kedua statistik ini untuk strategi PR berbasis data Anda. Anda harus memprioritaskan kualitas rilis dan seberapa relevan bagi pembaca. Outlet yang menerbitkan rilis Anda harus mengkhususkan diri dalam bidang pekerjaan Anda. Dengan demikian, konten Anda akan menemukan cara bagi pembaca yang tepat yang akan merasakan manfaat informasi tersebut.
5.Manfaat Bisnis dari Big Data di PR
Salah satu manfaat terbaiknya adalah Anda akan memiliki kendali penuh atas konten Anda. Dengan pendekatan yang benar, bisnis Anda akan menjangkau pembaca yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Menargetkan grup yang tepat akan membantu bisnis Anda berada di atas persaingan. Menggunakan data untuk mengetahui lebih banyak tentang audiens Anda dan mengukur popularitas siaran pers Anda akan menghasilkan kesuksesan. Menerbitkan data yang benar dalam siaran pers Anda akan meningkatkan popularitas merek Anda. Anda juga akan terlihat seperti seorang profesional di mata para pembaca.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)