Public Relations (PR) merupakan hal yang penting dan esensial dalam berbagai jenis bisnis. Hal ini bisa dilihat dari usaha dan waktu yang dihabiskan oleh tim PR dalam sebuah perusahaan ataupun PR agency untuk mempersiapkan segala material untuk menyebarkan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Seperti yang kita semua ketahui, kampanye PR yang efektif dan terencana dengan baik akan membawa ‘hasil’ yang baik bagi perusahaan.
Sebuah perusahaan yang baik akan terus berusaha untuk membuat reputasinya tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Berikut merupakan beberapa cara untuk memaksimalkan upaya PR Anda.
- Bekerja Sesuai Strategi
Pastikan tim PR atau agency yang Anda tunjuk mengerti tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan. Karena PR strategi yang akan Anda terapkan harus sesuai dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan, bukan hanya secara rencana taktis.
- Buatlah Konten yang Relevan dan Berhubungan
Pekerjaan PR sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Pastikan tim PR Anda membuat konten yang berkaitan dan relevan dengan industri yang Anda jalani. Konten dibuat dengan tujuan yang sesuai dan dibuat khusus sesuai dengan target audience sehingga tetap relevan. Fokuskan konten Anda untuk menceritakan sesuatu yang benar dan menarik, serta memiliki tujuan yang jelas.
- Manfaatkan Platform Media Sosial
Banyak para pakar percaya bahwa media sosial adalah alat PR paling efektif yang tersedia untuk bisnis modern. Media sosial memberikan eksekutif PR akses cepat ke audiens yang lebih luas dan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan secara online dan mengembangkan hubungan yang langgeng. PR profesional juga dapat memanfaatkan saluran media sosial untuk terlibat dengan anggota pers dan mengidentifikasi topik apa yang dibahas dan dibagikan jurnalis secara online.
- Gunakan Media yang Sesuai
Media massa masih menjadi satu channel utama untuk perusahaan berkomunikasi dengan audiensnya. Maka dari itu PR harus menghabiskan waktu dan tenaganya untuk melalukan research mendalam untuk mengetahui media-media mana saja yang sesuai dengan target audience Anda, sehingga pesan yang ingin Anda akan sampaikan akan tercapai.
- Install Manajemen Aset Digital
Pada era digital seperti saat ini, pemasangan perangkat lunak Manajemen Aset Digital sangatlah penting. Ini akan membantu dan mempersingkat waktu pekerjaan yang berkaitan dengan pekerjaan digital. Dari mengelola banyak media outlet, menyimpan dan mengakses aset digital dan masih banyak kelebihan yang dapat diperoleh jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam pemasangan sistem ini. Ini membantu menjaga tim PR tetap teratur dan produktif dengan memungkinkan individu untuk menemukan file digital yang mereka butuhkan dengan cepat. Perangkat lunak ini juga digunakan untuk membantu bisnis Anda untuk mempertahankan pencitraan merek yang konsisten dan sekaligus meningkatkan komunikasi dalam tim PR. Secara keseluruhan, perangkat ini adalah alat yang sangat berharga yang digunakan oleh banyak PR profesional untuk meningkatkan strategi PR mereka.
- Ciptakan Peluang Publisitas
Para PR profesional yang terampil mengetahui pentingnya menciptakan peluang publisitas untuk mempromosikan produk dan layanan serta membangun citra terhadap publik yang positif. Oleh karena itu ciptakan peluang publisitas dan manfaatkan peluang ini dengan baik, sehingga bukan saja reputasi baik yang Anda capai tapi pesan kunci yang Anda ingin sampaikan bisa terpcapai juga.
Saat ini masyarakat luas dapat dengan mudah mengakses berbagai macam bisnis dan produk. Konsumen ingin menghabiskan uang untuk merek yang mereka kenal dan percayai, yang berarti persepsi publik lebih penting dari sebelumnya. Setiap bisnis harus berinvestasi dalam PR sebagai cara untuk membangun hubungan yang bermakna, meningkatkan kredibilitas merek, dan membangun reputasi mereka secara online. Coba terapkan strategi diatas untuk meningkatkan upaya PR Anda hari ini.
(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)