Sebagai petugas public relations (PR) yang profesional yang bekerja disuatu organisasi, sudah menjadi bagian dari pekerjaan Anda membuat sebuah berita yang menarik, memiliki nilai tambah dan relevan buat pembaca. Tim redaksi media baik nasional, lokal, internasional, biasanya mempertimbangkan faktor tersebut ketika memutuskan apakah berita Anda newsworthy dan layak dimuat. Apa saja yang membuat berita Anda layak dimuat di media? Berikut beberapa tips semoga bermanfaat:
- Relevan. Apakah berita Anda ada sangkut pautnya dengan lingkungan serta target publik Anda? Apakah topiknya relevan saat ini? Jika jawabannya tidak, besar kemungkinannya berita Anda tidak akan dimuat. Lakukanlah sedikit penelitian sebelumnya, pikirkan apakah pesan-pesan Anda ada kaitannya dengan lingkungan serta publik dimana organisasi Anda beroperasi.
- Pemilihan Waktu. Apabila organisasi yang Anda wakili akan merilis sebuah produk baru, tetapi tidak segera dirilis dan menunggu beberapa hari untuk menyebarkan siaran pers, jelas kesempatan berita Anda ini tidak newsworthy. Publik atau pembaca terbiasa untuk mendapat berita yang terkini, fresh from the oven, apalagi Anda bersaing dengan banyak organisasi yang berlomba lomba untuk supaya berita mereka dimuat di media. Jika berita Anda terlambat atau ‘basi’, biasanya hal ini menjadi tidak menarik bagi pembaca.
- Kepentingan. Seberapa pentingkah berita Anda? Apakah ada pengaruh bagi para pembaca? Apakah akan ada pengaruh bagi komunitas, konsumen, stakeholders, dan lainnya? Hal ini juga harus berkaitan; apabila sebuah berita tidak ada manfaat bagi target pembaca, kemungkinan besar berita tersebut tidak akan dimuat. Banyak hal yang dianggap tidak signifikan sehingga tidak newsworthy, seperti fakta tentang perubahan di departemen, seperti di Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM), tetapi ada kemungkinan jika perubahan pemimpin organisasi merupakan berita menarik, walaupun tidak selalu.
- Kedekatan. Berita yang semakin dekat dengan lokasi dengan keberadaan pembaca semakin relevan dan akan menarik perhatian pembaca. Dengan demikian berita Anda menjadi lebih layak diberitakan. Publik lebih peduli terhadap berita nasional, seperti isu atau perkembangan terkait pemerintah, utang pemerintah, dll, tetapi ketika perubahan-perubahan tersebut terjadi didaerah dekat dimana pembaca berada maka mereka akan memiliki ketertarikan yg lebih besar pada berita tersebut.
- Keunggulan. Jika berita Anda melibatkan orang atau perusahaan terkenal, kemungkinan berita Anda akan memiliki nilai berita. Bukan berarti bahwa berita tidak perlu relevan, tetapi seorang tokoh dalam cerita biasanya mempunyai nilai daya tarik tersendiri.
Selain itu di era digital ini telah memungkinkan bagi petugas PR yang profesional untuk menjangkau publik secara langsung dengan jangkauan yang lebih luas. Tidak hanya media, kini situs berita dan para blogger serta citizen journalist atau pewarta warga juga seringkali menggunakan press release (siaran pers) yang Anda distribusikan dalam membuat cerita mereka. Saatnya Anda mempertimbangkan mereka yang juga akan membaca press release Anda, dan mereka yang tentunya juga akan Anda tuju.
Optimisasi Internet Melalui Kata Kunci
Kata Kunci Optimasi SEO (search engine optimization) – adalah bagian penting dari apa pun yang Anda publikasikan di Internet. Memastikan bahwa press release Anda akan muncul di hasil pencarian dari jutaan pengguna internet yang mencari dengan Google, Yahoo!, atau Bing dapat sangat meningkatkan jangkauan audiens Anda dan lalu lintas situs. Anda dapat menemukan beberapa tips untuk SEO:
- Judul – Ini memerlukan sedikit pemahaman mengenai SEO juga, tapi lebih penting lagi, dibuat yang menarik serta jelas bagi pembaca. Pastikan judul press release Anda catchy, ringkas, jelas dan kreatif.
- Judul/Caption Foto – Anda tentu seringkali menyertakan photo-op dari event Anda, untuk itu setiap foto perlu pengoptimisasi kata kunci. Gunakan kata kunci yang sama dengan yang Anda gunakan di dalam press release.
Pentingnya Gaya dan Bentuk Dalam Press Release
Tanggal – Ini bisa menjadi tanggal yang akan datang, atau hari Anda menyebarkan press release. Jika Anda mengirim untuk dipublikasikan pada tanggal tertentu pastikan Anda mencantumkannya dengan jelas.
Pertanyaan & Jawaban – siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa. Ini mencakup karakteristik di atas untuk menjadi berita: apa yang terjadi, yang tidak mempengaruhi, mengapa berita ini “berita”, ketika itu terjadi, dan di mana. Informasi yang paling relevan harus berada di atas rilis berita, ini akan membantu pembaca mendapatkan inti dari berita Anda dan supaya memahami mengapa hal itu adalah berita penting.
Boilerplate – adalah informasi singkat menggambarkan organisasi Anda, apa yang Anda lakukan, dan siapa Anda. Ini juga merupakan tempat untuk menggambarkan setiap organisasi yang bekerja sama dengan organisasi Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan bergerak dibidang teknologi menggandeng klien baru, jelaskan perusahaan Anda dan perusahaan mereka juga.
Terakhir, Anda perlu menyesuaikan tone (nada) dari press release Anda, tergantung keperluan dan siapa yang Anda tuju dan jenis publikasi yang Anda tuju. Tentunya orang yang tahu banyak tentang industri Anda menginginkan informasi berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat umum.
Kunci keberhasilan lain dari press release adalah menjaga kontinuitas. Sekali press release disebarkan, kita akan menghadapi traffic berita serta mendapatkan media coverage (liputan) yang tidak bertahan lama, karena banyak berita yang berdatangan dari perusahaan-perusahaan lain. Untuk itu, Anda perlu menjaga agar berita Anda terus bermunculan.
(sumber: theprworld.com & publicrelationsblogger.com)