Jakarta, 10 Oktober 2018 – Singapore Tourism Board (STB) dan William Reed Business Media (WRBM), pemilik brand ternama 50 Best, telah menandatangani kemitraan untuk tiga tahun (2019 – 2021) untuk menggelar serangkaian lima acara 50 Best di Singapura. Kemitraan ini menandai pertama kalinya WRBM menandatangani perjanjian multi-tahun dengan sebuah organisasi pariwisata nasional yang mencakup edisi World dari penghargaan Restaurants dan Bars. Kemitraan ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan dan kapabilitas industri serta perkembangan untuk perusahaan, mendorong kesadaran global bahwa Singapura merupakan destinasi gaya hidup yang dinamis dan kota kuliner terkemuka, dan meningkatkan standar industri di dunia kuliner dan koktail Singapura.
Di bawah kemitraan yang inovatif ini, penghargaan The World’s 50 Best Restaurants akan memulai debutnya di Singapura pada tahun 2019, ini juga menandai untuk pertama kalinya platform penghargaan restoran global hadir di Asia.
Selain itu, penghargaan The World’s 50 Best Bars akan hadir di Singapura pada tahun 2021, menjadikan Singapura kota pertama yang akan menjadi tuan rumah penghargaan Bar ini, selain pusatnya di London.
Sementara itu, Singapura akan terus menggelar Asia’s 50 Best Bars di tahun 2019 dan 2020, menyusul edisi perdana yang diadakan sebelumnya ditahun 2018. Para pembicara industri internasional terbaik juga akan hadir di Singapura untuk edisi khusus dari acara thought-leadership #50BestTalks di tahun 2020.
Ms. Melissa Ow, Acting Chief Executive, STB, mengatakan: “Kami senang menandatangani kemitraan yang menjadi pelopor ini dengan William Reed Business Media untuk menggelar serangkaian acara 50 Best di Singapura. Penyelenggara memilih Singapura untuk menjadi tuan rumah menjadi bukti keberadaan dan pengaruh Singapura sebagai sebuah destinasi terdepan di dunia kuliner dan koktail internasional.”
Ia mendambahkan, “kemitraan ini juga menggarisbawahi manfaat yang dapat diperoleh perusahaan lokal – mulai dari terciptanya peluang bisnis, hingga profiling talenta kuliner dan bartending lokal kami di panggung internasional, dan yang lebih penting, eksposur global untuk dunia kuliner dan koktail Singapura. Kami sangat senang dengan berbagai peluang dari kemitraan ini, dan berharap dapat menyambut para koki dan mixologist terbaik dunia di Singapura.”
Mr Tim Brooke-Webb, Managing Director dari 50 Best, mengatakan: “Kami senang bekerja dalam kemitraan ini dengan Singapore Tourism Board di seluruh portofolio kegiatan kami dari tahun 2019 hingga 2021, termasuk membawa penghargaan The World’s 50 Best Restaurants ke Asia untuk pertama kalinya di tahun 2019. Sebagai kota kuliner yang percaya diri, dinamis dan berkembang, Singapura adalah lokasi yang tepat untuk 50 Best. Kami memahami dan menghargai komitmen Singapura untuk menyelenggarakan acara-acara besar, menyambut orang-orang dari seluruh dunia dan berinvestasi di sektor F&B (makanan dan minuman), dan memahami keinginan masyarakat Singapura untuk menghadiri acara kami.”
Perusahaan F&B lokal mendapatkan manfaat dari kemitraan multi-tahun
Perjanjian dengan WRBM untuk menggelar serangkaian acara 50 Best di Singapura memenuhi tujuan utama STB untuk menciptakan peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan Singapura, meningkatkan profil industri F&B, dan mengkatalisasi perkembangan industri dan kapabilitas.
Kemitraan ini diharapkan dapat memberikan hasil positif baik di sektor industri dan pengembangan bisnis. Pertama, ini dapat mendorong persaingan yang sehat di antara para pemain lokal di bidang F&B untuk mendapatkan kesempatan berada di platform penghargaan yang diakui secara internasional ini. Dalam jangka panjang, ini membantu meningkatkan standar untuk seluruh industri, dan akan meningkatkan reputasi Singapura secara keseluruhan sebagai kota gastro yang maju setara dengan kota-kota terkenal lainnya di dunia.
Mr. Teng Wen Wee, Managing Partner dari The Lo & Behold Group, sebuah perusahaan perhotelan terkemuka di Singapura yang menciptakan, memiliki dan mengoperasikan serangkaian konsep gaya hidup dan kuliner, mengatakan: “Lanskap F&B lokal semakin tumbuh dalam dekade terakhir, terutama dengan munculnya talenta dan konsep lokal berkelas dunia. Saya percaya kehadiran 50 Best di Singapura akan benar-benar membantu meningkatkan lanskap F&B ke tingkat berikutnya dengan menyediakan sebuah platform terkemuka bagi kami untuk menjangkau audiens internasional.”
Kedua, dengan menyoroti Singapura ketika penghargaan dan acara yang disaksikan secara global ini berlangsung, animo yang baik juga diharapkan dari pemain industri internasional yang ingin tahu dan tertarik untuk mengeksplorasi apa yang ditawarkan Singapura. Hal ini pada gilirannya dapat membuka peluang bisnis yang potensial dan kolaborasi dengan perusahaan F&B, serta talenta kuliner dan bartending lokal Singapura dalam jangka panjang.
Ms. Mayleng Wai, Managing Director dari The Events Artery, dan Co-founder Singapore Cocktail Festival, mengatakan: “Kami sangat senang bahwa Singapore Cocktail Festival akan bekerja sama dengan platform The World’s 50 Best Bars dan Asia’s 50 Best Bars yang diakui secara global. Hubungan dengan brand 50 Best tidak hanya membantu secara signifikan dalam meningkatkan profil festival kami, tetapi juga membantu menciptakan kesadaran untuk talenta bartending lokal dan dunia koktail yang berkembang di Singapura. Ini juga merupakan platform yang luar biasa bagi pemain lokal kami untuk belajar, mencari pengalaman, dan terinspirasi oleh rekan-rekan sesama bartending internasional dan regional.”
Selain itu, kemitraan seperti ini juga berfungsi sebagai wadah pengembangan bakat, yang mana menyiapkan generasi koki lokal berikutnya tetap menjadi prioritas bagi STB. Misalnya, World’s 50 Best Restaurants 2019 akan melihat 50 Best dan STB berkolaborasi dalam program mahasiswa kuliner interaktif, di mana koki terbaik dari seluruh dunia akan memberi pengetahuan dan keterampilan mereka kepada para mahasiswa.
Menghadirkan brand ternama 50 Best lebih dekat ke konsumen
STB membuat upaya bersama untuk memastikan penghargaan yang ditingkatkan dan merupakan pelengkap pengalaman konsumen dimasukkan ke dalam program dari masing-masing acara 50 Best, demi melibatkan konsumen lebih jauh lagi.
Sebagai contoh, di penghargaan The World’s 50 Best Restaurants, makan malam kolaborasi oleh koki internasional dan koki lokal Singapura terbaik akan dikurasi untuk penduduk setempat dan pengunjung yang hadir. #50BestTalks pada tahun 2020 juga akan terbuka untuk umum di mana pengunjung dapat belajar tentang tren terbaru dalam gastronomi, ikut serta dalam diskusi tentang isu-isu hangat seputar makanan, serta menghadiri masterclass oleh beberapa koki terhebat di dunia. Selain itu, penghargaan Asia’s 50 Best Bars akan berkolaborasi dengan acara tahunan Singapore Cocktail Festival untuk menghadirkan aktivasi 50 Best ternama untuk penduduk lokal dan pengunjung.
Menekankan pentingnya partisipasi publik dalam acara ini, Ms. Ow menambahkan: “Memastikan konsumen berpartisipasi dalam rangkaian acara 50 Best adalah kunci untuk meningkatkan keterlibatan dengan penduduk lokal dan pengunjung. Dengan brand 50 Best yang diakui secara global dan dengan pengikut internasionalnya yang signifikan, mereka adalah mitra ideal bagi STB untuk membentuk dan menciptakan acara-acara spesial. Ini sejalan dengan upaya kami dalam mengkurasi kalender acara tahunan yang dinamis dari beragam acara untuk menumbuhkan pariwisata dan menjadikan Singapura sebagai destinasi gaya hidup terkemuka.”
Detail lebih lanjut tentang rangkaian acara 50 Best mendatang yang diadakan di Singapura dan cara mendaftar akan dirilis di kemudian hari.
Untuk informasi lebih lanjut tentang The World’s 50 Best Restaurants dan proses voting, silakan kunjungi www.theworlds50best.com/the-academy/manifesto.