Press release (siaran pers) merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan Hubungan Masyarakat (Humas) untuk menyampaikan informasi tentang kinerja atau peristiwa kepada publik melalui media. Tentu saja, isi dari siaran pers harus menarik jika ingin mendapat perhatian dari jurnalis di media untuk kemudian diterbitkan atau disiarkan. Siaran pers sering dianggap sebagai alat tunggal untuk menghasilkan publisitas. Tetapi sebenarnya ada banyak jenis siaran pers, dan masing-masing memiliki beragam format dan aturan unik.
Berikut ini adalah beberapa jenis siaran pers yang umum digunakan:
- Berita Umum / Siaran Berita
Ini adalah jenis siaran pers yang paling umum, gagasan di balik rilis ini adalah untuk menghasilkan liputan tradisional di media online dan offline. Sementara idealnya topik dalam rilis harus bernilai “newsworthy” dan dibuat semenarik mungkin untuk menarik pembaca sehigga semakin besar kemungkinan mereka akan menelusuri situs web perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.
- Siaran Pers Acara
Siaran pers acara digunakan untuk mempromosikan acara yang diselenggarakan, dihadiri, atau disponsori oleh suatu perusahaan. Siaran pers acara sedikit berbeda, jenis siaran pers ini perlu menjelaskan dengan jelas detail acara. Tujuannya adalah agar acara spesifik dicetak di media sehingga masyarakat umum dapat mempelajarinya dan juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat umum dan mendorong rekan media untuk menghadiri atau meliput acara. Karena itu, pengaturan waktu sangat penting untuk meningkatkan kehadiran di acara yang akan perusahaan selenggarakan.
- Siaran Pers Peluncuran Bisnis / Bisnis Baru
Siaran pers peluncuran bisnis atau bisnis baru harus mengumumkan pembukaan usaha baru dan menjelaskan mengapa pembukaan ini layak diberitakan. Format siaran pers ini mirip dengan rilis berita umum, tetapi lebih menekankan pada ketepatan waktu.
- Peluncuran dan Pengumuman Produk
Siaraan pers peluncuran produk memiliki format yang mirip dengan siaran pers peluncuran bisnis. Perbedaan utama adalah bahwa siaran pers produk berisi spesifikasi produk yang mengumumkan produk atau fitur baru dan harus memastikan untuk menyoroti aspek-aspek menarik yang membuat berita ini layak untuk diberitakan. Tidak cukup hanya dengan fokus pada fungsionalitas atau atribut baru dari produk atau fitur baru, rilis ini harus fokus pada manfaat di baliknya dan menjelaskan bagaimana ini terus membuat merek Anda berbeda dari pesaing.
- Siaran Pers Kemitraan
Kemitraan dapat menjadi pertanda bagus bagi investor dan khalayak, jadi tulislah siaran pers untuk untuk memberi tahu mereka tentang kemitraan baru yang menarik ini melalui siaran pers. Informasi yang diberikan tidak perlu merinci cukup berikan ringkasan umum. Dalam siaran pers kemitraan, pastikan untuk memasukkan alasan perusahaan – jelaskan mengapa keputusan ini dibuat dan apa yang akan berubah.
Perusahaan juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menyenangkan pelanggan tentang fitur, layanan, atau pengalaman baru yang akan mereka akses. Termasuk kutipan eksekutif dari kedua belah pihak adalah cara yang baik untuk memberikan wawasan dan mengekspresikan kegembiraan atas kerjasama ini.
- Rebranding / mengubah citra perusahaan (perusahaan atau organisasi).
Rebranding sering kali merupakan inisiatif yang menarik bagi perusahaan. Apa pun yang dapat memicu perubahan citra – merger, akuisisi, perubahan arah produk – penting bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan pesan secara komprehensif kepada pelanggan dan pemangku kepentingan.
Siaran pers rebranding sering digunakan oleh perusahaan dalam situasi ini karena memungkinkan mereka untuk mengkompilasi semua detail ke dalam satu dokumen dan mendistribusikannya secara luas. Dalam siaran pers rebranding, Anda harus menentukan apa yang pelanggan dan investor Anda harapkan dari perubahan tersebut. Ini berarti Anda ingin memasukkan detail seperti model penetapan harga baru, audiens yang dilayani, produk atau fitur yang ditawarkan, dan, jika berlaku, logo yang diperbarui.
Namun, siaran pers rebranding juga merupakan kesempatan untuk menarik minat audiens Anda tentang perubahan tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan menyoroti bagaimana perubahan citra merek ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan, atau dengan memasukkan kutipan dari seorang eksekutif yang memandang positif ke masa depan.
- Siaran Pers Perubahan Eksekutif, Staf, dan Karyawan
Perusahaan besar biasanya mengumumkan karyawan baru, terutama yang berada di level manajemen tinggi melalui siaran pers. Siaran pers untuk jenis ini seringkali menyertakan informasi biografis yang cukup luas tentang karyawan baru. Setidaknya satu foto orang tersebut juga harus disertakan.
- Perekrutan Ahli
Di sektor-sektor tertentu, seperti keuangan, hukum, atau perawatan kesehatan, orang senang mengetahui kapan pemilik bisnis ini menambahkan seorang ahli ke dalam tim. Jenis rilis media ini sangat penting untuk membangun kredibilitas individu atau merek dalam bidang tertentu. Ini berarti pemilik bisnis berkomitmen untuk memastikan organisasi didukung oleh pemimpin yang ahli dibidangnya, sebagai sumber informasi yang dapat dihubungi oleh media di beberapa titik di masa depan.
Apa pun jenis siaran pers yang Anda distribusikan, gunakanlah siaran pers secara efektif, seperti menulis berita utama yang menarik dan memberikan banyak informasi yang akurat dan ditulis dengan baik. Rekan media selalu lebih suka siaran pers profesional yang dapat dengan mudah disisipkan ke dalam berita.
Beberapa detail penting yang dibutuhkan semua rilis:
Kontak Pers: Sertakan informasi kontak manajer pemasaran, spesialis humas atau agensi di akhir siaran pers sehingga orang dapat menghubungi perusahaan untuk informasi lebih lanjut.
Informasi Boilerplate: Tulis informasi mengenai profil / informasi singkat bisnis Anda. Berikan informasi detail paling penting yang perlu diketahui khalayak, terutama untuk mereka yang belum pernah mendengar tentang perusahaan Anda sebelumnya.
(oleh Irianty Nur Afiah – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)