Para profesional yang berjuang untuk relevansi dalam dunia Public Relations (PR) harus terus-menerus selalu mengikuti perkembangan semua tren industri serta peristiwa terkini. Saat ini, siklus berita  bergerak lebih cepat dari sebelumnya, sebagian besar berkat berbagai platform digital. Selain dari berita reguler, cara yang baik bagi para profesional PR untuk mengikuti perkembangan di sekitarnya adalah dengan mendengarkan Podcast yang relevan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan kehumasan. Tentunya tidak hanya konten kehumasan, mendengarkan Podcast dari profesional di industri lainnya juga memberikan manfaat seperti halnya untuk mengetahui peristiwa atau pemahaman dalam topik tertentu.

Lantas apa itu Podcast? Bagi sebagian masyarakat mungkin sudah terbiasa dengan Podcast, namun masih banyak juga yang belum tahu apa Podcast ini. Podcast ada sejak tahun 2005, akan tetapi baru mulai populer di kalangan masyarakat pada tahun 2007. Semenjak tahun 2007, Podcast sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat dan saat ini semakin banyak yang mendengarkannya. Podcast merupakan sebuah rekaman audio dimana rekaman tersebut dapat didengarkan oleh banyak orang dengan berbagai kategori yang membahas sejumlah topik menarik.

Untuk mengakses Podcast sendiri, sekarang sudah banyak platform yang menyediakan konten Podcast, seperti Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud dan masih banyak lagi yang menyediakan konten Podcast ini. Selain fleksibel untuk mendengarkannya, keuntungan Podcast yaitu kita dapat menentukan sendiri apa yang ingin kita dengar, dan juga selain bisa diakses melalui streaming, Podcast juga bisa diunduh serta disimpan.

Podcast memiliki cerita untuk diceritakan, dan kisah yang sebagian menarik para pendengarnya. Tentunya Podcast ini pun dapat dimanfaatkan oleh praktisi PR, selain untuk mengikuti topik yng berkembang saat ini, juga dapat digunakan menjadi sumber konten yang bagus, khusus, dan tajam dan kesempatan untuk menghadirkan peluang besar bagi merek untuk menjangkau target  audiens mereka dengan cara yang berbeda.

Meskipun Podcasting tidak mendapatkan hasil secara cepat dan membutuhkan waktu untuk membangun hubungan dengan pendengar. Namun Podcast dapat membantu Anda tetap up to date, memperkenalkan profil bisnis atau klien Anda dan dapat membantu memenangkan bisnis juga melalui konten yang menarik. Dalam pembuatan kontennya, tentu harus dibuat dengan memperhatikan pendengar tidak hanya minat mereka tetapi juga kebiasaan mendengarkan para pendengar.

Saat ini sudah banyak PR Podcasts yang bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin mendengar seputar PR, seperti Inside PR, Young PR Pros, PR Week Review. Untuk di Indonesia sendiri  PR 101 with Ratri dan Podcast PR Talks. Konten-konten mereka bervariasi mulai dari menampilkan wawancara, pendapat, cerita menjelajahi dunia hubungan masyarakat serta memberikan audiens saran, tips dan informasi tentang membangun karir di bidang PR.

Dari penjelasan diatas apakah Anda tertarik untuk membuat Podcast untuk perusahaan atau klien Anda? Yang terpenting kenali audiens, tetap pada bidang yang Anda miliki, dengan berpegang teguh pada bidang Anda, Anda dapat mencapai target pasar yang lebih spesifik yang mungkin menguntungkan Anda dan industri Anda.

(oleh Irianty Nur Afiah, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)