Public Relations (PR) marupakan istilah luas yang mencakup hal-hal seperti brand awareness, media relations, publisitas, corporate communications, manajemen reputasi, dan banyak lagi. Jika mempekerjakan tim PR internal akan butuh lebih banyak biaya, maka perusahaan kecil dan menengah bisa menyewa jasa agensi PR eksternal untuk kebutuhan PR mereka. Untuk perusahaan yang lebih besar, bisa mempekerjakan tim internal untuk bekerja dengan agensi PR eksternal.
Agensi PR dapat menjadi sumber daya yang luar biasa bagi pengusaha pemula — tugas tim PR adalah terhubung ke outlet media, jurnalis, dan influencer industri yang ingin Anda temui atau hubungi.
Berikut beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menunjuk agensi PR:
1. Ketahui terlebih dahulu apa yang ingin Anda capai
Seperti halnya strategi pemasaran apapun, Anda perlu menentukan tujuan Anda sebelum membuat keputusan apapun tentang merekrut agensi PR. Buat daftar hal-hal yang ingin Anda capai dengan agensi PR dan kemudian persempit daftar tersebut menjadi tujuan yang paling penting bagi Anda. Misalnya, peluncuran produk baru dengan target audiens yang spesifik, mendorong penjualan produk, membedakan brand dari kompetitor, meningkatkan awareness dari produk yang sudah ada, dll.
2. Pertimbangkan semua opsi
Pada dasarnya Anda memiliki tiga opsi dalam hal mempekerjakan PR: tim internal, agensi PR, atau kombinasi keduanya. Masing-masing opsi ini membutuhkan biaya yang berbeda dan memerlukan tingkat keterlibatan yang berbeda dari perusahaan Anda. Pilihan terbaik, jika bisa, adalah kombinasi profesional PR internal dan eksternal (bahkan jika Anda hanya memiliki satu orang PR internal). Seorang PR internal memiliki pengetahuan yang lebih besar tentang strategi pemasaran bisnis Anda secara keseluruhan dan dapat bekerja dengan agensi PR eksternal untuk membangun strategi PR komprehensif untuk brand Anda.
3. Hitung anggaran PR Anda
Menunjuk agensi PR bisa jadi mahal. Jika Anda tidak menetapkan anggaran dan menyampaikan anggaran tersebut kepada calon agensi PR, Anda mungkin akan merasa tersesat dalam proses hiring agensi PR yang tidak cocok dengan budget Anda, tentunya ini akan membuang waktu kedua belah pihak. Saat menghitung anggaran PR Anda, pastikan untuk menyertakan: base retainer, overages, pengeluaran, dan biaya tak terduga.
4. Tentukan ukuran perusahaan PR yang tepat untuk Anda
Ada agensi PR besar dan kecil, tetapi jangan berpikir bahwa jika Anda adalah perusahaan kecil, maka agensi PR yang kecil tepat untuk Anda. Setiap agensi PR memiliki tim yang unik dan pendekatan yang unik. Agensi PR yang lebih besar cenderung memiliki jangkauan yang lebih luas dan jaringan yang lebih besar, tetapi agensi PR yang lebih kecil mungkin dapat menawarkan layanan yang lebih baik untuk industri khusus, keahlian lokal, dan hubungan yang lebih personal.
5. Dedikasikan satu orang untuk mengelola agensi PR Anda
Setelah Anda mempekerjakan agensi PR, anggap agensi Anda sebagai perpanjangan dari tim internal Anda. Seperti karyawan internal, seseorang harus mengelolanya dan bertanggung jawab atas integrasi dan pertumbuhan yang tepat. Orang tersebut harus memiliki pengalaman yang kuat dalam PR atau bidang lain yang relevan. Dan untuk hasil terbaik, bertindak lah sebagai partner untuk memastikan bahwa strategi dan pesan yang mereka hasilkan sesuai dengan keinginan Anda.
6. Bangun kepercayaan
Kepercayaan adalah kunci dari hubungan antara klien dan agensi yang menyenangkan. Tidak jauh berbeda dari hubungan lainnya, bersikap jujur, transparan, dan saling menghormati saat berkomunikasi dan bekerja untuk tujuan Anda bersama. Jika Anda kliennya, Anda merekrut agensi PR karena mereka berpengalaman pada apa yang tidak Anda ketahui, jadi percaya pada mereka saat mereka memberi rekomendasi.
Penting untuk diingat bahwa PR adalah investasi dalam reputasi bisnis Anda. Menunjuk agensi PR adalah cara yang bagus untuk melengkapi upaya pemasaran Anda, membangun brand awareness, dan meningkatkan traffic dan penjualan.
(Oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)