Membangun reputasi dan citra (image) merupakan hal penting untuk sebuah perusahaan. Dua hal ini merupakan sebuah bentuk kredibilitas dan kepercayaan yang diberikan oleh publik. Itu sebabnya reputasi dan citra perusahaan merupakan hal yang sangat penting.
Public Relations is reputation – it’s the result of what you do, what you say, and what others say about you. Kalimat ini sudah sangat sering kita dengar yang menjelaskan bahwa Public Relations (PR) merupakan sebuah disiplin untuk menjaga sebuah reputasi, dengan tujuan untuk mencapai pemahaman, dukungan, dan memberikan pengaruh terhadap opini dan tindakan. Ini adalah upaya terencana dan berkelanjutan untuk membangun dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara organisasi dan publiknya.
Maka dari itu PR sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. PR sendiri disini memiliki fungsi untuk menjaga reputasi sebuah perusahaan. Beberapa perusahaan memiliki PR sendiri didalam struktur perusahaannya atau lebih sering di sebut in-house Public Relations. Tetapi ada juga yang memilih untuk menggunakan jasa konsultasi dari PR agency yang ada. Semuanya tergantung dari kebutuhan dari perusahaan tersebut.
Selain memiliki fungsi untuk menjaga reputasi dari perusahaan, PR memiliki beberapa fungsi dalam sebuah perusahaan, antara lain sebagai berikut:
1. Konseling
PR memilik peran sebagai penasehat bagi perusahaan terkait hubungannya dengan publik. Sebagai PR harus dapat memberikan saran dan masukan kepada pihak internal manajemen berhubungan dengan berbagai kebijakan, relasi, komunikasi perusahaan kepada publik.
2. Research
PR memiliki tujuan untuk memberikan pengertian serta memberikan pengaruh terhadap tindakan publik. Maka dari itu perusahaan membutuhkan data-data yang ada mengenai publiknya. PR disini memiliki fungsi sebagai tim research sehingga dapat mengumpulkan data-data penting dari publik yang kemudian dapat di implementasikan ke dalam strategi PR. Sehingga ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan tersebut.
3. Internal Relations
Membangun relasi yang baik tak hanya dilakukan dengan publik diluar perusahaan, untuk in-house Public Relations juga dapat berfungsi sebagai agen yang menginformasikan dan memotivasi karyawan serta memberikan respon terhadap setiap masalah perusahaan dengan karyawannya.
4. Media Relations
Berkomunikasi dengan publik secara luas merupakan hal penting. Salah satu cara berkomunikasi dengan publik adalah melalui media, sehingga menjalin hubungan baik dengan media merupakan hal penting bagi perusahaan. PR disini memiliki tugas untuk menjalin hubungan dan menjaga hubungan tersebut tetap baik sehingga media dapat bersedia bekerjasama membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan dari perusahaan kepada publik secara luas.
5. Public Affair
PR memiliki fungsi terkait dengan bagaimana perusahaan ikut berkontribusi secara aktif (kegiatan melobi) dalam kebijakan publik. Pengertian melobi sendiri adalah kegiatan yang berhubungan dengan legislator dan pejabat pemerintah dalam mempromosikan atau menolak undang-undang atau peraturan.
6. Manajemen isu
PR juga memilik fungsi untuk mengelola isu-isu yang beredar di publik mengenai perusahaan. PR bertugas untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi semua isu yang berkaitan dengan perusahaan dan juga isu yang bisa memberikan dampak terhadap perusahaan.
7. Financial Relations
Para penanam modal merupakan aset penting bagi perusahaan, maka hubungan dengan para investor perlu dijalin dengan baik. PR bertugas untuk menjaga serta menciptakan kepercayaan investor dengan berbagai cara.
8. Multicultural Relations
Perusahaan sebagai sebuah lembaga komersial yang berdiri di tengah masyarakat dan komunitas yang memiliki berbagai macam budaya. Perusahaan dituntut untuk lebih peka dengan lingkungan sekitarnya. PR disini memiliki fungsi untuk menjalin hubungan baik dengan individu-individu dari berbagai kelompok golongan dan budaya.
9. Special Event
PR bertugas untuk membuat agenda acara-acara spesial untuk perusahaan. Acara ini memiliki tujuan untuk menarik perhatian publik sehingga awareness bisa ditingkatkan dan kemudian diharapkan dapat memberikan pengaruh dan juga meningkatkan kepercayaan terhadap perusahaan. Acara-acara yang diselenggarakan oleh PR ini harus disesuaikan dengan target audience serta tujuannya.
10. Marketing Communications
PR memiliki fungsi untuk memadukan dengan kegiatan marketing, membuat kegiatan khusus yang dapat sekaligus meningkatkan citra positif dari perusahaan. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengubah persepsi masyarakat dan juga meningkatkan penjualan perusahaan.
(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)