Apa itu Earned Media?

Earned media atau media yang diperoleh merupakan hasil yang diinginkan dari usaha hubungan masyarakat, media sosial dan hasilnya termasuk liputan media, sebutan dalam blog, posting atau tweet di media sosial, ulasan produk, dan dialog terbuka tentang merek Anda dalam komunitas online, singkatnya earned media adalah mendapat publisitas atau keterpaparan yang diperoleh dari metode selain iklan berbayar.

Mengapa Earned Media Penting?

Pertimbangkan alasan berikut mengapa earned media sangat penting dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis Anda.

  1. It’s free

Ada banyak jenis media, namun salah satu manfaat paling jelas dari earned media adalah bahwa media itu gratis. Bisnis yang baru dapat dengan mudah menghabiskan banyak biaya dan mencapai sedikit kesuksesan dalam pemasaran awalnya. Jika sebuah perusahaan berinvestasi dalam metode pemasaran yang salah, ia dapat kehilangan banyak uang dengan cepat.

Untungnya, tidak ada investasi finansial yang dibuat oleh perusahaan Anda dengan earned media, di luar waktu dan sumber daya tim Anda. Bisnis Anda benar-benar “mendapatkan” hak untuk dilihat dengan menyediakan konten berkualitas untuk dibagikan dan dikonsumsi, atau membangkitkan minat reporter atau pembuat konten lainnya. Melalui berbagai saluran, media yang diperoleh dibuat dan disebarkan oleh orang lain.

  1. Kredibilitas Merek

Pelanggan yang puas bisa mempengaruhi orang lain untuk jadi pelanggan Anda. Tentu, ia terlihat meyakinkan karena tak punya kepentingan. Hal ini berbeda dengan seseorang yang memang sedang berjualan. Pendapat pelanggan tidak bisa dibeli. Dengan alasan ini, earned media sangat penting untuk perusahaan.

Seperti contoh ketika seseorang atau entitas terkemuka memutuskan untuk mempromosikan merek Anda karena alasan apa pun, mereka menciptakan media yang menguntungkan untuk membuat Anda maju. Promosi positif meningkatkan merek Anda. Ketika media yang diperoleh dikaitkan dengan merek yang hebat, media tersebut memiliki kekuatan untuk menghasilkan pengaruh yang signifikan.

Saat perusahaan Anda mendapatkan popularitas, merek Anda akan memperoleh eksposur lebih dari sebelumnya. Ulasan produk, pembagian media sosial, dan upaya promosi lainnya yang dilakukan oleh orang-orang yang mengagumi produk dan layanan merek Anda mengangkat perusahaan Anda sehingga konsumen lain dapat membagikan kesukaan/minat mereka.

  1. Melengkapi Media Lain

Ketika earned media digunakan dalam kombinasi dengan paid dan owned media, tentunya Anda memperkuat strategi pemasaran Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari dana pemasaran Anda, Anda perlu memaksimalkan potensi pendapatan per konsumen dengan media yang diperoleh secara harmonis.

Inisiatif pemasaran yang luar biasa mencakup berbagai metode untuk menarik perhatian melalui sumber media. Terkadang, bukti paling meyakinkan bagi konsumen lain adalah membaca ulasan atau tanggapan pelanggan lain yang puas. Saat media yang diperoleh dibagikan oleh pelanggan yang puas, hal itu mendorong orang lain untuk mencicipi barang dagangan atau layanan perusahaan Anda.

Strategi Memaksimalkan Earned Media

Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk memaksimankan earned media, berikut ulasannya:

  1. Maksimalkan Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk menyapa audiens Anda. Dengan menjalin komunikasi di antara Anda dan audiens seperti membagikan konten bermanfaat, membalas komentar atau pesan pribadi. Lewat interaksi ini, merek bisa semakin dipercaya.

  1. Tingkatkan Kualitas Konten

Buatlah konten yang berkualitas serta bermanfaat bagi audiens atau calon audiens Anda karena konten menarik punya peluang lebih banyak untuk dibagikan. Untuk mencapainya, Anda bisa membuat konten interaktif atau visual, misalnya kuis, infografik, dan lain-lain.

  1. Buat Pelanggan Menjadi Prioritas

Buat pelanggan Anda menjadi prioritas dengan meningkatkan layanan dan kualitas produk. Tanpanya, beribu interaksi dan jutaan konten berkualitas takkan ada artinya. Jika brand selalu memberikan yang terbaik, reputasi pun akan naik. Oleh karena itu, jangan lupa, selalu anggap pelanggan adalah raja.

Bagaimana Mengukur Earned Media?

Earned media terdiri dari setiap penyebutan merek Anda yang berada di luar saluran yang Anda miliki. Ini akan mencakup berbagai sumber, termasuk situs berita, forum, blog, dan media sosial. Menggunakan alat analisis sosial (tools) adalah cara termudah untuk memantau semua sebutan ini di seluruh web dan memastikan Anda tidak melewatkan satu pun. Dengan mengecualikan saluran Anda sendiri, Anda dapat melacak perolehan sebutan di mana pun saluran itu muncul. Keuntungan dari earned media adalah bahwa sumber utama informasi adalah suara pelanggan, yang berarti wawasan lebih lanjut dapat diperoleh dari pendalaman data yang lebih dalam.

(oleh Irianty, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)