Seperti yang kita ketahui dunia komunikasi dan juga Public Relations (PR) terus berkembang seiring dengan perubahan zaman dan juga perkembangan teknologi. Dalam dunia PR sekarang sudah merambah ke era digital, maka dari itu kita sering mendengar istilah Digital PR.
Pada dasarnya Digital PR mengacu pada aktivitas yang direncanakan secara strategis menggunakan metode, tools dan juga saluran yang berbasis internet untuk mencapai kehadiran dan juga visibilitas online yang lebih besar. Ini juga berati evolusi praktik PR.
Pada saat ini sebagian besar orang menemukan atau mencari tahu tentang sebuah brand melalui lanskap online. Karena perubahan teknologi dalam kehidupan kita, kita bisa mengakses segala macam informasi melalui search engine seperti Google dan platform media online lainya dengan jangkauan jari.
Jadi untuk mendapatkan publisitas, kita sebagai praktisi PR tidak hanya mengandalkan media tradisional untuk menyampaikan pesan secara efektif. Kita juga harus memastikan supaya brand tersebut memiliki presence dan juga visibilitas online yang positif. Sehingga pesan yang disampaikan untuk target audiens bisa sampai secara efektif dan juga bisa meningkatkan kredibilitas brand.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, praktisi PR sangatlah dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi. Karena adanya tools-tools digital ini, kerja PR menjadi dimudahkan dan juga bisa mendapatkan hasil yang lebih efektif.
Berikut merupakan beberapa tools yang bisa digunakan praktisi PR saat ini.
- Google Analytic
Sudah tidak bisa dipungkiri, kehidupan kita banyak dipermudah dengan adanya Google. Search engine ini juga menyediakan berbagai tools untuk siapa saja yang ingin menggunakannya dengan berbagai macam guna dan fungsi. Tools ini memberikan kita kemudahan untuk memantau traffic dari website kita. Selain itu tools ini memberikan akses data soal performa dari situsweb. Ini terdiri dari traffic source, data demografi visitor, konten populer, dan juga lainnya. Ini akan membantu kita untuk mengetahui beberapa informasi mengenai target audiens kita sehingga kita bisa menjangkau mereka dengan leboh efektif.
- Google Trend
Masih dari Google, tools ini bisa membantu kerjinerja para praktisi PR sehingga lebih mudah dan efisien. Tools ini memberikan akses untuk para penggunanya dalam memberikan data grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian dalam kurun waktu tertentu. Tools ini juga bisa menampilkan berita-berita terkait topik yang menjadi trend. Data yang ditampilkan bisa dibagi menurut kota, wilayah, ataupun bahasa. Untuk PR tools ini membantu kita dalam melihat aktifitas pencarian brand dari waktu ke waktu.
- Google Campaign URL Builder
Tools ini memungkinkan kita untuk dengan mudah menambahkan parameter kampanye ke URL sehingga kita dapat melacak Kampanye Khusus di Google Analytics. Tools ini efektif untuk menganalisa secara spesifik sumber traffic yang diperoleh, terutama saat kita sedang menjalankan campaign tertentu. Ini bisa bisa membantu pada saat kita ingin melaksanakan kampanye di berbagai channel yang berbeda, tools ini akan membantu melihat channel mana saja yang paling efektif untuk kampanye ini. Selain itu tools ini juga dapat memberikan akses tag dari berbagai link dalam kampanye, sehingga ini bisa memberikan data visit untuk URL tersebut.
- MOZ
Moz adalah sebuah perusahaan penyedia data research yang memfokuskan pada Search Engine Optimization (SEO). Moz menyediakan tools ini untuk memudahkan siapa saja untuk mengakses data SEO dari berbagai sektor. MOZ meberikan akses kita untuk memonitor keyword rankings, terutama jika kita menggunakan strategi SEO secara keseluruhan.
- Link Explorer
Ini merupakan salah satu tools dari Moz. Tools ini sangat berguna bagi seorang praktisi PR untuk memonitor profil backlink dari website dan juga mengidentifikasi back link baru yang dihasilkan oleh PR.
- BuzzSumo
Ini merupakan sebuah situs online membantu Anda menemukan peluang engagement, konten, dan penjangkauan terbaik di seluruh sosial dan penelusuran. Temukan kata kunci baru, cerita yang sedang tren, pertanyaan pelanggan, dan kesuksesan konten, sambil memantau apa yang paling penting bagi brand. Ini juga bisa membantu kita untuk memantau coverage dari media sosial web dan juga distribusi berbayar.
(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)