Apa itu Community Relations?
Community relations merupakan kegiatan yang dilakukan oleh public relations dengan berbagai metode untuk membangun dan memelihara hubungan antara perusahaan dan komunitas yang berada di lingkungan sekitarnya dan tentunya kegiatan ini dilakukan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan. Prinsip yang mendasari community relations bahwa ketika sebuah perusahaan menerima tanggung jawab sipilnya dan mengambil minat aktif dalam kesejahteraan komunitasnya, maka ia memperoleh sejumlah manfaat jangka panjang dalam hal dukungan masyarakat, loyalitas, dan niat baik.
Kenapa Community Relations Penting?
Community relations mengacu pada inisiatif yang digunakan perusahaan untuk bermitra dan berkontribusi pada komunitas mereka. Bentuknya dapat bermacam-macam, tergantung pada misi dan tujuan perusahaan serta kebutuhan masyarakatnya masing-masing. Lantas kenapa Community relations itu penting? Tentunya selain untuk meningkatkan brand awareness dan citra perusahaan, dalam jangka panjang, community relations sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan dukungan, kepercayaan, dan kesetiaan dari masyarakat.
Jenis Kegiatan Community Relations
Kegiatan community relations bisa dilakukan dengan berbagai cara. Norman R. Soderberg dalam bukunya Public Relations for the Entrepreneur and the Growing Business, menyarankan program-program yang dapat dilakukan: mengambil minat aktif dalam masalah masyarakat; mensponsori kegiatan pemuda; berpartisipasi dalam pemerintahan daerah; bergabung dengan grup bisnis dan layanan; membeli bahan dan pasokan dari perusahaan lokal; mendorong pendidikan dan budaya masyarakat; menyediakan kantor atau fasilitas lain untuk organisasi masyarakat; mendukung kegiatan amal lokal; dan ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan.
Saat ini juga Anda dapat memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial yang baik juga dapat memberikan keuntungan bagi community relations. Misalnya me-retweet postingan tentang penggalangan dana lokal atau memberikan dukungan Anda di balik masalah yang memengaruhi komunitas Anda dapat menjadi cara yang ampuh untuk memulai perubahan. Atau memposting kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan komunitas Anda.
Tips Membangun Strategi Community Relations
Jika Anda berencana membangun hubungan dengan komunitas, Anda perlu menerapkan strategi agar hasil yang didapat lebih maksimal. Berikut tips strategi community relations yang dilansir dari prsuperstaruk.medium.com, yaitu:
Berinvestasi pada profesional – Banyak perusahaan memiliki spesialis community relations untuk mengembangkan strategi terbaik. Pengalaman dan keahlian mereka akan memastikan semuanya berjalan lancar dan mencegah skenario terburuk.
Tinjau tujuan dan nilai Anda – Pernyataan misi dan keyakinan inti perusahaan Anda akan menjadi inti dari setiap pekerjaan community relations yang Anda lakukan. Mengingat mereka akan menyoroti proyek apa yang menjadi fokus dan penyebab apa yang harus Anda perjuangkan.
Tetapkan tujuan yang jelas – Seperti kebanyakan tujuan bisnis, rencana community relations harus SMART — Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timely. Pastikan tujuan Anda realistis, agar mencapai tujuan dengan jelas tanpa terlalu mengada-ngada dan membuang-buang anggaran.
Konsultasikan dengan karyawan Anda – Karyawan Anda juga konsumen. Tanyakan kepada mereka bisnis mana yang mereka kagumi karena pekerjaan mereka di komunitas, dan ide apa yang mereka miliki untuk proyek komunitas selanjutnya.
Tentukan jenis proyek – Ada banyak cara untuk memberi kembali kepada komunitas, dari menjadi sukarelawan dan investasi komunitas hingga kampanye kesadaran media sosial. Pilih yang paling sesuai dengan tujuan Anda dan sesuaikan segala sesuatu dalam strategi Anda, mulai dari tenggat waktu hingga personel.
Kombinasikan dengan strategi PR yang lain – Membangun hubungan komunitas paling kuat ketika Anda menggabungkannya dengan strategi PR Anda yang lebih luas. Rencanakan bagaimana Anda akan mempublikasikan setiap langkah proyek sebelum dimulai untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah cakupan yang maksimum.
“One of the marvelous things about community is that it enables us to welcome and help people in a way we couldn’t as individuals.” – Jean Vanier
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – referensi dari berbagai sumber)