Jakarta, 25 November 2016 – Sebagai salah satu dari tiga pembicara yang berasal dari mancanegara, dan menjadi satu-satunya wakil rumah sakit swasta Singapura, Dr Peng Chung Mien, CEO The Farrer Park Company Singapura mendapat kehormatan diundang untuk berbicara di acara tahunan Indonesia Healthcare Market Access Conference ke-3 yang bertema “Delivering Accessible, Affordable and Quality Healthcare in Indonesia‟ pada tanggal 22 hingga 24 November 2016 di Millennium Hotel Sirih Jakarta.
Dr Peng berperan secara aktif dalam diskusi panel pada Konferensi Tahunan ini; ia berbagi pandangan, memberi contoh-contoh dari konsep keterbukaan dan nilai tambah (value) dari Farrer Park Hospital. Subyek yang dibahas adalah “Improving Patient Experience‟ dengan fokus pada ‘Can Affordable & Quality Private Healthcare be a Reality?’ Secara khusus dalam topik ini, ia mengulas:
- Innovation to Break Cost Barriers – keunggulan dari hotel/rumah sakit;
- Price versus Worth – menciptakan pengalaman yang dapat memperkecil biaya;
- The Future of Medicine – teknologi sebagai alat yang memungkinkan harga yang lebih terjangkau.
Selama kunjungan Dr Peng ke Jakarta, ia mendapat kesempatan bertemu dengan beberapa media untuk berbagi informasi mengenai pengalaman pasien di Farrer Park Hospital dalam sebuah konsep rumah sakit yang sangat berbeda dari rumah sakit pada umumnya, di mana rumah sakit ini terintegrasi dengan hotel.
Sebagai penyedia layanan kesehatan swasta terbaru di Singapura yang dibuka pada bulan Maret tahun ini, Farrer Park Hospital dinobatkan sebagai “Best New Hospital of the Year in Asia Pacific” di acara gala night Global Health and Travel Awards pada bulan Mei tahun ini. Dipilih oleh 6.500 pasien di 12 negara, Farrer Park Hospital merasa bangga menerima penghargaan bergengsi ini.
Pada tahun yang sama, Farrer Park Hospital bersaing dengan 322 peserta dari 92 rumah sakit di 15 negara untuk memenangkan penghargaan “IT Innovation for Patient Care” pada acara penghargaan The Hospital Management Asia di Vietnam. Inovasi Farrer Park Hospital memberikan nilai (value) kepada para pasien melalui:
- Integrasi hotel dan rumah sakit – menghasilkan penghematan biaya sebesar 20 sampai 30 persen
- Desain yang berdekatan – memberikan akses cepat untuk perawatan sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik
- Platform Teknologi Informasi (TI) milik rumah sakit memungkinkan aliran data yang lancar sehingga dokter mendapatkan hasil dengan cepat dan real time pada setiap tes dan pengobatan yang dilakukan untuk pasien mereka – kecepatan informasi untuk perawatan pasien yang lebih baik
- Rumah sakit pertama di Singapura yang menggunakan RFID tag (Radio-Frequency Identification) untuk linen sehingga dapat menghemat biaya, lebih banyak ruang terbuka untuk pasien seperti adanya 15 taman yang menjadi akses ke alam terbuka – yang merupakan bagian penting untuk pemulihan
- Rumah sakit pertama di Singapura yang mengintegrasikan catatan/ dokumen pasien dengan sistem makanan elektronik untuk keamanan pasien
- Rumah sakit pertama di Singapura yang memiliki tempat tidur yang bisa dicuci dengan mesin – untuk pengendalian penularan penyakit yang lebih baik.
The Farrer Park Company, yang terdiri dari sekelompok spesialis di bidang medis dan perhotelan swasta dengan berbagai investor asing, mengembangkan ‘Connexion’, suatu kompleks rumah sakit-hotel pertama di Singapura dan sekitarnya. Ini merupakan fasilitas unik yang dirancang oleh para praktisi kesehatan dan para pelaku bisnis perhotelan yang memberikan pengalaman gaya hidup yang terintegrasi untuk kesehatan dan kebugaran.Connexion dibangun tepat di atas stasiun MRT Farrer Park, mengkatalisasi peremajaan situs peninggalan Farrer Park yang kaya akan sejarah selama 170 tahun.
Farrer Park Hospital memakai desain biophilic (biophilic design) di mana terdapat 15 taman yang rimbun di dalam rumah sakit ini. Taman-taman ini menjadi tempat peristirahatan di lingkungan rumah sakit yang dapat membantu mengurangi stres, memberikan kesegaran sehingga akan meningkatkan produktivitas dan penyembuhan bagi para pasien, perawat dan bahkan karyawannya.
“Saya berharap Farrer Park Hospital akan memberikan pilihan alternatif untuk pasien-pasien yang mencari layanan kesehatan yang terpercaya dan memiliki integritas terhadap pasiennya”, ucap Dr Peng.
Dengan adanya integrasi rumah sakit dan hotel, Farrer Park Hospital memberikan value yang bagus untuk pasien mereka melalui penghematan biaya; di mana pasien akan menemukan pengalaman perawatan medis yang bernilai lebih dari apa yang mereka bayar.
Supaya lebih terintegrasi dan memberi kemudahan akses ke rumah sakit ini dari Indonesia, Farrer Park Hospital akan membuka kantor perwakilan di Jakarta pada bulan Desember mendatang.