Ketika Anda sedang menjadi sorotan dan suara Anda sedang didengar, akan selalu ada orang yang ingin menjatuhkan Anda. Mungkin disaat Anda merilis sebuah buku, atau mendapatkan pekerjaan baru atau bisnis Anda sedang berjalan bagus, ada beberapa orang selalu mengkritik atau beranggapan negatif kepada Anda.
Selalu ada tantangan dalam menangani hal negatif. Berikut beberapa cara menghadapi haters.
Jangan menganggapnya secara pribadi
Dunia digital dapat membuat suatu respon yang negatif terlihat jahat secara langsung. Di forum publik seperti media sosial, tidak setiap orang menyukai Anda. Maka jangan mengganggapnya secara pribadi – lebih baik berfikir bahwa pengguna tersebut sedang frustasi, bad mood, atau anggap saja mereka sedang mengomentari suatu brand bukan ke orangnya secara pribadi.
Mungkin Anda merasa ada dorongan untuk memberi respon/komentar yang negatif, namun biasakan jawaban Anda bernada positif dan tenang. Ini bukan hanya refleksi yang bagus dalam beranda Anda namun juga untuk pengguna lain, namun dapat membantu komentar tersebut menjadi positif. Memberi respon kepada seseorang dengan arti yang dalam tidak hanya dapat menghapus beban dari komentar negatif, tetapi meningkatkan citra merek Anda.
Anggap kritik tersebut menjadi sebuah masukan yang berguna
Terkadang sebuah kritik dapat menuntun ke sebuah pemikiran positif. Catat tanggapan yang Anda terima dari audiens. Kritik dapat menyoroti isu-isu yang perlu diperbaiki, dan membuka fikiran Anda sampai menemukan perspektif baru. Memang tidak mudah, tapi memperbaiki konten Anda berdasarkan respon yang Anda terima dapat membuka peluang baru untuk brand Anda.
Tetap berfikiran positif
Jangan hanya terfokus pada kritikan dan hal negatif saja. Hapus email yang berisi kritik tersebut dan bertahanlah dengan pesan dan respon masuk yang positif. Memiliki inspirasi yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda bisa menjadi pengingat dan meyakinkan Anda tentang mengapa Anda menggunakan media sosial, dan bahkan dapat memberikan konten yang bermanfaat untuk memasukkan yang akan melibatkan lebih banyak pengguna.
Jangan buang tenaga Anda sia-sia
Terkadang Anda hanya butuh mengatakan “Dasar!” – dengan keras. Gunakan dengan kemarahan akan memudahkan Anda bergerak maju. Jangan biarkan kekejaman atau komentar negatif membuat Anda terpuruk. Keluar dari lingkaran tersebut dan wujudkan tujuan awal Anda. percayalah pada diri Anda sendiri. Ketika Anda bergerak menjadi sorotan, akan selalu ada orang yang ingin membuat Anda terpuruk. Itu sudah seperti “candu” sindrom. Jangan biarkan siapapun menjatuhkan Anda dan membuat Anda merasa bahwa Anda tidak pantas untuk menjadi sorotan.
Say goodbye to those haters.
(dari berbagai sumber)