Earned Media adalah liputan media atau pers apa pun yang dihasilkan secara organik tanpa perusahaan Anda membelinya secara langsung. Beberapa contoh umum dari perolehan media mencakup pembagian media sosial, sebutan pers yang diperoleh melalui penjangkauan media, dan lalu lintas penelusuran organik. Salah satu cara mendapatkan liputan media adalah dengan mengirimkan rilis berita. Mengirim rilis adalah praktik umum yang digunakan perusahaan dan organisasi untuk mendapatkan liputan media. Mengirimkan rilis melalui telepon tidak menjamin Anda akan mendapatkan jurnalis untuk meliput berita Anda. Berikut taktik yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian atau jurnalis dan membuat siaran pers Anda dipublikasikan, sehingga membantu Anda mendapatkan liputan media yang berharga untuk bisnis atau organisasi Anda.

Jadikan Menarik dan Layak Diberitakan

Kunci pertama untuk mendapatkan perhatian media dari sebuah rilis adalah dengan mendistribusikan informasi yang layak diberitakan dan menarik bagi wartawan dan khalayak umum. Kecuali jika beritanya sudah tidak baru lagi, kecil kemungkinan siaran pers Anda akan dipublikasikan sebagai berita jika tidak memuat sesuatu yang menarik. Buat siaran pers Anda berdasarkan setidaknya satu informasi menarik, apakah itu produk baru yang sedang Anda persiapkan untuk dirilis, penawaran khusus yang diberikan bisnis Anda kepada publik, atau temuan statistik atau survei yang mungkin menarik bagi publik.

Hindari Menulis Sesuatu yang Berulang-ulang

Jurnalis membaca siaran pers seperti konsumen berita membaca berita — dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang menyenangkan, menarik, dan penting. Oleh karena itu, siaran pers Anda harus dibaca dengan baik dan tidak memiliki pengulangan yang sering terjadi dalam komunikasi bisnis. Tetap berpegang pada satu pengumuman penting, lalu kembangkan dengan memberikan detail tambahan tanpa membahas hal yang sama berkali-kali. Ingat, lebih baik ringkas daripada berulang-ulang.

Kuasai Seni Menulis Berita Utama yang Bagus

Sebagai penulis siaran pers, tugas Anda adalah menarik perhatian jurnalis dan membuktikan bahwa berita Anda layak diberitakan. Sebelum mengirimkan siaran pers, sebaiknya tuliskan beberapa judul potensial yang berbeda, lalu pilih salah satu yang menurut Anda akan memiliki dampak paling kuat bagi pembaca.

Koreksi, Perpendek, dan Sederhanakan

Kesalahan paling umum yang dilakukan banyak penulis siaran pers pemula adalah mempersiapkan rilis yang terlalu panjang, mendetail, dan bertele-tele. Sama seperti sebuah artikel, siaran pers berfungsi paling baik jika mencakup semua informasi yang perlu Anda ketahui dan tidak ada informasi yang tidak perlu Anda ketahui. Sebelum Anda mulai mendistribusikan siaran pers, lakukan pengeditan menyeluruh untuk memastikan siaran pers tersebut ringkas, menarik, dan efektif.

Membangun Hubungan dengan Jurnalis

Mendapatkan liputan media yang konsisten jauh lebih mudah bila Anda memiliki hubungan yang kuat dengan jurnalis yang selaras dengan industri atau topik yang Anda minati. Jangan hanya menghubungi ketika Anda membutuhkan sesuatu. Pertahankan kontak rutin, berbagi ide, dan sediakan pakar sebagai sumber cerita mereka. Ketika Anda memiliki berita, mereka akan mengenali Anda sebagai sumber terpercaya dan memberikan prioritas bacaan pada penawaran Anda.

Kirim ke Jurnalis yang Tepat

Jika bisnis Anda adalah kuliner, kemungkinan besar Anda tidak akan memperoleh apa pun dengan mengirimkan siaran pers kepada jurnalis yang menulis tentang olahraga. Sebelum Anda mengirimkan siaran pers kepada siapa pun, kenali lima jurnalis teratas dalam niche atau industri Anda. Selain menggunakan layanan distribusi siaran pers berskala lebih besar, biasanya yang terbaik adalah menjangkau jurnalis yang ditargetkan secara individual untuk menyampaikan berita Anda.

Permudah Jurnalis

Selain menjangkau jurnalis yang tepat, ada baiknya juga mempermudah orang-orang yang mungkin ingin menulis tentang siaran pers Anda. Semakin memudahkan pekerjaan seorang jurnalis, semakin besar kemungkinan mereka akan menulis tentang Anda. Lakukan ini dengan memasukkan semua rincian penting dalam siaran pers, termasuk nomor telepon kontak dan alamat email, memberikan kutipan spesifik dan menawarkan informasi yang layak diberitakan.

Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan liputan media yang berharga untuk bisnis atau organisasi Anda melalui rilis berita.

(Oleh Irianty – referensi dari berbagai sumber)