Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang engagement dari media sosial. Engagement sosial media bisa diartikan secara singkat sebagai tolak ukur interaksi yang terjadi dalam media sosial. Interaksi ini bisa dalam bentuk like, komentar, share, subscriptions, views dan lainnya. Ini kemudian dikolerasikan dengan jumlah orang yang membentuk hubungan dengan brand ataupun perusahaan terkait.

Hal ini membuat engagement sosial media untuk sebuah brand sangat penting. Karena engagement menunjukkan  sosial presence, meningkatkan followers, membina hubungan baik dengan para pengguna media sosial merupakan sebuah investasi penting untuk bisnis.

Setelah mengetahui betapa kuatnya pengaruh engagement ini dalam sebuah media sosial, sebagai PR kita juga mengetahui betul peran engagement ini. Maka dari itu kita perlu melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan engagement rate dari media sosial.

Lalu kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan untuk mem-boosting engagement media soisal media kita? Berikut beberapa hal yang bisa membantu kita dalam meningkatkan rate engegement kita.

  1. Fokus untuk membuat konten yang menarik

Media sosial mempunyai fungsi untuk berbagi berbagai konten. Pastikan kita bisa memberikan konten yang menarik untuk audiens kita, seperti fakta menarik, cerita atau pengalaman, atau berbagai informasi yang penting. Yang perlu kita ingat disini adalah membuat konten yang menarik dan juga sesuai dengan audiens kita. Juga jangan lupakan untuk tetap menekankan poin relevan untuk brand kita.

  1. Buat konten yang lebih visual

Seperti pepatah yang sering kita dengar: ‘A picture is worth a thousand words’, dengan gambar atau bantuan visual lainnya, bisa menyampaikan sebuah pesan makna atau esensinya lebih efektif. Dengan menambahakn gambar, animasi, ataupun video memberikan nilai tambah dalam konten sosial media dan konten marketing secara keseluruhan. Hal ini membuat konten terlihat lebih menarik dan meningkatkan minat audiens.

  1. Buatlah shareable content

Setelah memfokuskan perhatian kita dalam membuat konten yang menarik, usaha kita tidaklah berhenti disitu. Setelah audiens tertarik dengan konten yang kita buat, kita juga bisa membuat konten yang shareable atau mudah untuk dibagikan. Konten yang menarik dan mudah dibagikan merupakan bagian dari keberhasilan dari konten dan sosial media strategi. Karena ini secara otomatis meningkatkan nama brand secara keseluruhan.

  1. Buatlah interaksi dengan audiens

Buatlah konten-konten yang bisa membuat interaksi atau conversations baik dengan kita sebagai brand maupun dengan sesama audiens. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan gaya bahasa yang simpel dan mudah dipahami. Dalam pembuatan konten ini tentu haruslah dilengkapi dengan data yang akurat yang merupakan hasil research. Gunakan juga bahasa yang bisa menarik audiens kita untuk memberikan respon.

  1. Tulislah dengan caption panjang

Caption yang dibuat dengan baik dengan pesan yang jelas dan mungkin CTA (call to action) dapat memberikan dampak yang signifikan. Keterangan memungkinkan Anda untuk mengambil pesan visual dari foto beberapa langkah lebih jauh.

  1. Buat kontes dan giveaway

Memberikan timbal balik untuk para audiens kita untuk membagikan kembali konten, atau retweet  dengan hashtag tertentu adalah  cara yang baik untuk menghargai dan memberikan pengakuan bagi audiens kita. Pada umumnya, orang akan lebih senang untuk terlibat dengan sebuah brand jika itu berarti mereka akan mendapatkan sesuatu dari brand tersebut. Selain itu ini merupakan effort yang baik untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)