Definisi Branding dan Marketing
Branding adalah substansi yang membentuk bisnis. Ini mencakup nilai-nilai perusahaan, unique selling point, target audiens, dan pernyataan misi secara keseluruhan. Branding dapat menarik dan memelihara target audiens untuk tetap menjadi pelanggan. Strategi branding Anda memengaruhi seluruh pengalaman audiens dengan perusahaan Anda, dan oleh karena itu harus dipertimbangkan dengan cermat sejak awal perusahaan, produk, atau layanan.
Marketing atau pemasaran didefinisikan sebagai seperangkat alat, proses, dan strategi yang Anda gunakan untuk secara aktif mempromosikan produk, layanan, dan perusahaan. Pikirkan pemasaran sebagai tindakan yang diambil untuk terhubung dengan pelanggan dan membuat pelanggan membeli produk atau layanan Anda.
Perbedaan Branding dan Marketing
Meskipun sering disebutkan secara bergantian, branding dan marketing adalah dua hal yang terpisah. Mengetahui perbedaan antara keduanya adalah kunci untuk menguasai kedua bagian bisnis Anda. Branding dan marketing sama-sama penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Menjadi kuat di kedua sisi akan menempatkan perusahaan Anda di jalan menuju kesuksesan.
Perbedaan utama antara branding dan marketing adalah:
- Marketing digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, branding digunakan untuk secara aktif membentuk brand dan siapa Anda. Dalam hal ini memerlukan strategi untuk keduanya karena kedua hal ini memiliki tujuan yang berbeda dan hasil yang berbeda.
- Marketing mendapatkan perhatian pelanggan, branding adalah cara untuk menjaga perhatian kepada brand
- Marketing mendorong penjualan, branding mendorong pengakuan dan loyalitas
- Branding didahulukan, pemasaran di urutan kedua
- Strategi pemasaran datang dan pergi—tetapi branding adalah selamanya
- Pencitraan brand memiliki dampak yang sama besarnya pada tim Anda seperti halnya pada pelanggan Anda
Branding dan Marketing Saling Membutuhkan
Branding dan marketing adalah dua komponen bisnis yang berbeda. Namun, keduanya saling bergantung satu sama lain, dan keduanya berkontribusi pada kesuksesan satu sama lain bila diterapkan dengan benar. Dalam skema besar membangun bisnis, branding selalu dilakukan terlebih dahulu sebelum marketing. Sebelum Anda berpikir untuk menerapkan strategi pemasaran, Anda harus fokus pada branding Anda. Siapa Anda sebagai brand, apa yang ingin Anda bawa ke pasar, apa nilai Anda. Dan yang paling penting, bagaimana Anda akan mengomunikasikannya kepada target pelanggan Anda. Ketika Anda memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, barulah untuk mulai berpikir tentang marketing.
Intinya upaya marketing akan paling diuntungkan dengan memiliki fondasi branding yang kuat di awal. Ini akan memungkinkan marketing untuk menyoroti produk dan layanan dan memamerkan karakteristik brand. Memiliki branding yang baik akan membentuk kampanye pemasaran yang kuat yang dapat menghasilkan pengembalian yang maksimal.
Brand Marketing Tips
Setelah mengetahui perbedaan dan pentingnya branding dan marketing. Anda dapat mengembangkan strategi brand marketing. Brand marketing adalah cara untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dengan mempromosikan brand Anda secara keseluruhan. Pada dasarnya, ini menceritakan kisah layanan atau produk Anda dengan menekankan seluruh brand Anda. Beikut beberapa tips yang dapat dilakukan:
- Pahami Tujuan Brand
Memahami mengapa brand Anda ada adalah inti dari strategi brand marketing. Langkah pertama ini adalah di mana Anda akan mulai menentukan bagaimana brand Anda akan terlihat dan terasa. Ini berarti mencangkup pemilihan palet warna, tipografi, dan citra untuk brand Anda.
- Research Mengenai Target Pasar
Pahami siapa pelanggan Anda dengan menciptakan persona pelanggan. Persona pelanggan adalah gambaran menyeluruh tentang pembeli Anda. Ini akan membantu Anda menciptakan hubungan emosional dengan audiens.
- Tentukan dan Buat Cerita
Anda dapat menjual kisah brand Anda dengan membuat pesan yang tepat. Kisah yang Anda buat dan jual akan menghubungkan brand Anda dengan target audiens Anda, mendorong loyalitas, dan membantu mengingat brand.
- Kenali Pesaing Anda
Mengenal audiens Anda sendiri, sama pentingnya untuk mengenal pesaing Anda. Teliti brand, tentukan bagaimana Anda berbeda dari pesaing, lalu fokuskan pada perbedaan ini dalam pesan pemasaran Anda.
- Buat Pedoman Brand
Setelah Anda memahami brand dan audiens Anda, pikirkan tentang bagaimana menghubungkan brand dalam pemasaran. Pedoman brand kreatif adalah tempat panduan logo, warna, font, nada suara, dan lainnya. Ini akan membantu setiap desainer dan pemasar yang bekerja dengan Anda menceritakan kisah brand Anda dan menyampaikan pesan Anda dengan cara terbaik, serta memastikan konsistensi brand.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – referensi dari berbagai sumber)