Agar tim Public Relations (PR) bisa meningkatkan atau membangun reputasi dan citra perusahaan, mereka harus mengenalkan brand ke publik melalui berbagai platform publik. Dan di sinilah PR placement berperan.

PR placement adalah salah satu dari banyak teknik yang digunakan tim PR untuk mempromosikan citra perusahaan ke publik. Placement ini bisa dalam bentuk interview di majalah, posting blog online, atau outlet media lainnya yang akan dilihat oleh khalayak luas.

Salah satu bagian terpenting dari pekerjaan agensi PR adalah mendapatkan liputan media yang tepat untuk klien. PR placement yang tepat adalah bagian penting dalam membangun brand awareness untuk bisnis apa pun.

Lima sampai 10 tahun lalu, PR placement mungkin menjadi puncak perjalanan PR agensi, namun kini lanskap Public Relations telah berkembang pesat dengan munculnya pemasaran digital. Setelah sebuah organisasi mendapatkan PR placement, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan hasil maksimal dari setiap liputan media.

Saat Anda mendapatkan liputan media baik berupa feature story, mention, partnership atau jenis eksposur lainnya, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikannya melalui semua saluran yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan nilai dan eksposur dari liputan tersebut. Bagaimana caranya?

  • Bagikan di Media Sosial

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan agensi PR setelah mendapatkan PR placement untuk klien mereka adalah membagikan liputan tersebut di saluran media sosial. Jika liputan sangat bagus dan penting, Anda bisa menggunakan iklan berbayar di media sosial dan jasa influencer untuk menciptakan buzz untuk liputan tersebut. Anda dapat membantu meningkatkan visibilitasnya dengan membagikannya di saluran media sosial sebanyak mungkin.

Tim PR dapat membantu Anda membuat tweet dan posting LinkedIn yang terkait dengan hashtag yang sedang populer dan relevan serta menulis pesan yang membantu mempromosikan cerita itu. Dengan membagikannya di media sosial milik perusahaan, Anda meningkatkan peluang artikel tersebut dilihat oleh calon pelanggan.

  • Bagikan dengan Pemangku Kepentingan

Kapan pun sebuah brand atau perusahaan mencapai sesuatu yang hebat, orang pertama yang tahu haruslah para pemangku kepentingan. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kepentingan dalam perusahaan dan ingin melihat bukti bahwa perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Selain berbagi berita dengan pelanggan, tim PR juga dapat mengirimkan presentasi dan siaran pers kepada pemangku kepentingan, karyawan, eksekutif, dan anggota dewan. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan.

  • Promosikan di Website Perusahaan

Kredibilitas berasal dari konsumen yang mendengar dan membaca hal-hal hebat tentang produk Anda. Cukup dengan memberikan tautan ke outlet media yang meliput perusahaan Anda bisa meningkatkan kredibilitas bagi sebuah perusahaan. Perusahaan yang memiliki banyak liputan media bahkan bisa membuat kolom “news” di situs mereka di mana mereka memamerkan liputan-liputan media yang pernah mereka dapatkan.

Banyak klien juga memilih untuk menulis posting blog singkat dan kemudian mengarahkan traffic ke outlet media yang meliput perusahaan mereka. Ini membantu menjaga cerita tetap hidup dari waktu ke waktu. Calon pelanggan yang baru mengunjungi website Anda dapat dengan cepat menemukan liputan media berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun kemudian.

  • Manfaatkan E-mail

Jika organisasi yang diwakili oleh agensi PR sudah memiliki daftar email marketing yang kuat, mereka dapat menyertakan PR placement mereka di buletin mendatang guna menambahkan sesuatu yang baru untuk kontennya. Berbagi brand placement melalui email adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan klien yang mungkin telah kehilangan minat pada brand. Perusahaan hanya perlu memastikan bahwa mereka tidak membanjiri audiens dengan terlalu banyak email sekaligus.

  • Sertakan PR Placement dalam Presentasi

PR placement dapat menjadi cara yang bagus untuk menambahkan bobot pada proposal, presentasi, dan materi penting lainnya. Liputan media menunjukkan keberhasilan sebuah perusahaan dan secara instan membuat perusahaan tersebut lebih kredibel. Dalam situasi yang tepat, liputan media bahkan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan strategi thougt-leadership dari sebuah brand.

(Oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)