Biografi profesional dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan kredibilitas, baik itu dalam pidato, membantu mendorong bisnis, atau untuk mempromosikan perusahaan. Namun, menulis biografi profesional untuk diri sendiri atau orang lain kesalahan bisa saja terjadi. Banyak orang ingin menunjukkan pencapaiannya tanpa terdengar seperti orang yang egois. Biografi terbaik harus menemukan keseimbangan, merangkai cerita dengan fakta tambahan, alih-alih menjalankan daftar setiap posisi dan penghargaan yang diperoleh seseorang.
Biografi profesional sendiri hampir sama dengan resume, namun tentunya ada perbedaan antara resume dan biografi profesional. Resume dan biografi profesional keduanya adalah dokumen pemasaran pribadi, tetapi digunakan dalam konteks yang berbeda. Namun, resume umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan. Keduanya ditulis dari sisi orang ketiga, mengikuti struktur konvensional, dan sebagian besar didasarkan pada fakta dan pencapaian. Biografi profesional, di sisi lain, memberikan narasi yang lebih informal yang berfungsi sebagai elevator pitch yang menarik.
Profesional dari semua tingkat pengalaman bisa mendapatkan keuntungan dari biografi. Sebagai seorang eksekutif, Anda harus memiliki versi biografi profesional yang panjang dan pendek untuk digunakan pada situs web perusahaan atau pribadi, brosur pemasaran perusahaan, posting blog, LinkedIn dan materi konferensi. Siapa pun dapat mencari di Google untuk menemukan profil atau resume LinkedIn. biografigrafi yang bagus akan mengangkat fakta-fakta itu menjadi prosa yang mengalir lancar. Berikut beberapa yang harus dimasukkan dalam biografi profesional yang unggul yang dikutip dari PR News Online, yaitu:
- Tunjukkan Layanan Anda
Perhatikan layanan dewan dan komunitas untuk menunjukkan area tempat Anda menerapkan kepemimpinan dan pengalaman di luar peran sehari-hari serta berikan wawasan tentang bagaimana Anda membuat keputusan dan jenis tantangan yang Anda inginkan.
- Jaga agar tetap Profesional
Jaga biografigrafi profesional Anda agar tetap profesional, jangan terlalu memberikan informasi pribadi dan informasi yang tidak terlalu penting dan tidak terkait dengan pekerjaan Anda.
- Temukan Suara Anda
Biografi Anda adalah kesempatan untuk menunjukkan bahwa Anda dapat menceritakan sebuah cerita (dalam hal ini, cerita Anda sendiri), mengkomunikasikan konsep abstrak secara efektif, menangkap audiens, dan membuat orang tertarik dengan apa yang Anda katakan. Jadi bicarakan tentang apa yang Anda sukai, apa yang membuat Anda bersemangat, apa yang membuat Anda berbeda, dan yang terpenting, lakukan dengan cara yang terdengar seperti Anda.
- Tulis untuk Audiens Anda
Bedakan dan tulis biografi profesional Anda sesuai dengan audiens, selalu pikirkan audiens Anda dan untuk siapa biografi disesuaikan karena audiens tersebut kemungkinan besar lebih tertarik untuk mendengar / melihat hal-hal yang paling relevan dengan mereka yang pernah Anda alami.
- Hindari Frasa dan Kata-Kata Umum
Tulis spesialisasi Anda dengan jelas, jangan terlalu melebih-lebihkan dengan daftar panjang spesialisasi dan keahlian umum Anda agar terlihat menarik dan hebat karena itu hanya memuat Anda terlihat tidak mengkhususkan diri pada apa pun.
Tentunya menulis biografi di situs seperti Twitter, Instagram, atau LinkedIn bisa jadi menakutkan karena sudah ada begitu banyak biografi orang lain yang menarik di luar sana. Tapi jangan terlalu membanding-bandingkan biografi Anda. Kisah Anda hanya milik Anda untuk diceritakan, dan itu memiliki nilai. Berfokuslah untuk tetap autentik dengan kebenaran, dan jangan khawatir tentang orang lain.
(oleh Irianty Nur Afiah, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)