Jika Anda mencari cara yang menyenangkan, menarik, dan gratis untuk terhubung dengan audiens dan meningkatkan brand awareness sambil tetap membuat konten yang bermakna, Anda bisa  memanfaatkan fitur Instagram Live, yang bisa menjadi cara yang bagus untuk memikat penonton di seluruh dunia sekaligus menumbuhkan brand loyalty.

Instagram Live bukan hanya streaming video langsung yang tidak diedit. Penonton dapat menyimak, mengajukan pertanyaan, dan meninggalkan komentar secara real time sehingga membuat fitur ini bagus untuk sesi tanya jawab. Selain itu, akun lain juga dapat bergabung di siaran Anda seperti seolah-olah Anda sedang melakukan video call grup yang interaktif.

Brand, bisnis kecil atau pun besar, dan influencer dapat menggunakan fitur Instagram Live untuk berkolaborasi dengan akun lain yang memiliki konten serupa dengan Anda, sambil mendapatkan masukan dan wawasan langsung yang nyata dari konsumen dan penggemar. Penonton dapat menonton di ponsel atau komputer mereka.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Fuji Film saat meluncurkan kamera instax terbarunya yang memanfaatkan fitur Instagram Live untuk mengumumkan produk barunya kepada publik. Dalam acara peluncuran itu juga hadir seorang seorang narasumber dan ada sesi tanya jawab secara realtime sehingga memudahkan penonton untuk mendapatkan jawaban secara langsung mengenai produk yang baru saja diluncurkan.

Mengadakan atau berpartisipasi dalam Instagram Live dapat membantu mempromosikan kehadiran Anda di aplikasi tersebut. Setiap kali Anda melakukan siaran langsung di Instagram, follower Anda akan menerima notifikasi yang mengundang mereka untuk menonton. Selain itu, Instragam Live Anda juga akan muncul di deretan depan dari feed Instagram Story follower Anda.

Setelah siaran, Instagram Live akan tetap ada di Instagram Stories Anda selama 24 jam, jadi penonton tidak harus menonton saat siaran sedang berlangsung. Anda juga dapat menyimpan siaran Anda ke IGTV sehingga pengikut dapat mendengarkan kapan pun.

Berikut tips dari Ilona Selina, seorang pakar pemasaran digital tentang cara menyelenggarakan Instagram Live yang menarik dan sukses.

  1. Promosikan sebelumnya tapi jangan terlalu jauh dari jadwal siaran langsung Anda

Anda pasti ingin mempromosikan Instagram Live Anda sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mendorong follower Anda mengatur pengingat atau menambahkan acara ke kalender mereka. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat hitung mundur di Instagram Stories. Idealnya, “sweet spot” untuk mempromosikan live Anda adalah sekitar tiga hingga empat hari sebelum siaran berlangsung. Jika Anda mempromosikan terlalu dini, audiens Anda kemungkinan besar akan kehilangan minat atau lupa.

  1. Lakukan siaran langsung di jam-jam audiens Anda paling aktif

Untuk memastikan Instagram Live Anda menarik penonton sebanyak mungkin, Anda sebaiknya menjadwalkan Instagram Live Anda pada saat pengikut Anda paling aktif. Karena seperti disebutkan di atas, Instagram mengirimkan pemberitahuan dalam aplikasi ke pengikut Anda saat Anda ditayangkan.

Untuk mengetahui kapan audiens Anda paling aktif atau akan online selama siaran, lihat fitur Insight di Instagram Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengklik di bawah tab “Audience”, di mana akan menemukan pengelompokan kapan follower Anda paling aktif. Data dipecah berdasarkan hari dan jam  sehingga Anda bisa mendapatkandata yang sangat spesifik.

  1. Buat rencana untuk siaran langsung Anda

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan Anda dan talking point untuk membantu Anda mengembangkan visi yang jelas. Ini akan membantu Anda menghindari jeda yang akan terasa canggung, dan Anda juga akan merasa lebih percaya diri untuk melakukan siaran langsung karena Anda sudah mengatur rencana yang jelas.

Pikirkan Instagram Live Anda sebagai sebuah cerita – sehingga siaran harus memiliki bagian awal, tengah, dan akhir. Untuk melakukan ini, Anda juga perlu mempertimbangkan logistik – apakah Anda akan mengundang seorang co-host? Apakah Anda akan berbicara dengan kamera sepanjang waktu? Apakah Anda akan berbagi foto atau video? Rencanakan konten atau “naskah” Anda seputar aspek-aspek ini.

  1. Latihan sebelum melakukan siaran langsung

Alih-alih melihat terlalu banyak skrip atau latihan, gunakan outline dan latih apa yang ingin Anda katakan dan sampaikan kepada audiens Anda. Kami juga merekomendasikan untuk atur waktu Anda, sehingga Anda tahu berapa lama siaran Anda akan berlangsung.

Jangan bicara terlalu cepat, jangan duduk di kursi yang bisa berputar, pastikan video Anda jelas dan latar belakang Anda bersih, dan, jika perlu, gunakan ring light.

  1. Akhiri Instagram Live Anda dengan call-to-action

Jangan hanya mengakhiri siaran Anda dengan lambaian tangan. Anda  bisa mengakhirinya dengan beberapa call-to-action yang terkait dengan tujuan dan sasaran Anda. Misalnya, jika tujuan Anda adalah meningkatkan jumlah follower, dorong audiens Anda untuk mengikuti Anda. Jika Anda ingin meningkatkan subscriber email, arahkan follower Anda ke tautan di bio Anda untuk berlangganan lebih banyak konten. Namun pastikan call-to-action Anda tidak terlalu memaksa.

(oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)