Masih banyak orang menganggap Marketing dan PR merupakan hal yang sama. Ini dikarenakan banyak orang masih belum paham betul perbedaan yang ada diantara keduanya. Penting sekali untuk memahami perbedaan antara marketing dan PR jika ingin memutuskan jalur karir yang sesuai dengan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menentukan jalur karir yang sesuai dengan Anda.

Pengertian

Marketing dan PR memiliki pengertian yang berbeda. Marketing adalah istilah umum yang membawahi PR dan advertising. Semua metode ini difokuskan untuk mempromosikan kesadaran akan suatu produk, layanan, atau individu. Karir dalam bidang marketing melibatkan pemahaman audiens target dan menggunakan praktik pemasaran yang berbeda untuk terlibat dengan grup ini dengan tujuan mempromosikan apa pun yang coba dijual oleh bisnis tersebut. Sedangkan PR membantu dalam membangun, meningkatkan, dan memelihara hubungan organisasi dengan pihak berbeda. Dalam karir PR, dapat melibatkan hubungan investor, hubungan konsumen, komunikasi perusahaan dan hubungan karyawan.

Seperti yang telah disebutkan tadi keduanya memang saling melengkapi dan saling berkaitan. Ini juga yang menyebabkan banyak orang yang belum paham betul mengira keduanya merupakan hal yang sama.

Tujuan

Marketing bekerja secara aktif dalam mempromosikan perusahaan atau brand. Tujuan dari marketing sendiri adalah meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa melalui user engagement yang akhirnya akan meningkatkan revenue dari perusahaan. Untuk PR, memiliki tujuan mendapatkan liputan pers yang positif dan meningkatkan reputasi perusahaan atau klien. Pada dasarnya, PR berusaha untuk mendapatkan eksposur dan menambah kredibilitas brand.

Skill yang dibutuhkan

Saat ini kita sudah beralih ke era digital, tentu ini membuat perubahan yang signifikan dalam dunia marketing. Dengan perubahan tersebut, membuat kebutuhan akan marketing yang memiliki keahlian dalam digital marketing juga meningkat. Berikut beberapa skill yang perlu dimiliki untuk berkarir dalam dunia marketing:

  • Content Marketing : meningkatkan jumlah audiens dengan membuat konten yang dibuat khusus yang berisi tentang informasi yang penting, ini bertujuan untuk otoritatif perusahaan dan mendorong tindakan (pembelian) oleh pelanggan.
  • SEO (Search Engine Optimalization) dan SEM (Search Engine Marketing): penggunaan search engine berperan sangat penting, karena ini akan mengarahkan audiens ke website dan ini akan meningkatkan web traffic. Maka kemampuan untuk menguasai cara kerja SEO dan SEM sangatlah penting.
  • Kreatifitas: Dalam karir marketing, kreatifitas merupakan skill yang harus dimiliki. Kreatifitas ini termasuk; menulis, desain, video productions, sehingga pesan yang akan disampaikan dapat tercapai ke orang yang tepat dengan cara yang tepat juga.
  • Media Sosial: Saat ini media sosial memiliki peran yang sangat vital dalam kegiatan apapun begitu juga marketing. Sehingga keahlian sudah menjadi hal yang mutlak dimiliki.
  • E-Commerce: Saat ini bisnis online sedang naik daun, tentu sebagai marketer harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menarik orang dalam penjualan dengan menciptakan startegi e-commerce yang tepat.

Sama dengan Marketing untuk menjadi seorang PR, ada beberapa skill yang perlu dimiliki untuk bisa sukses dalam karir PR. Berikut adalah beberapa skill yang perlu dimiliki untuk berkarir dalam dunia PR:

  • Relasi: Salah satu tanggung jawab utama seorang PR adalah membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, maka keahlian dalam menciptakan dan menjaga relasi merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai.
  • Research dan evaluasi: Seorang PR diharuskan memiliki pengetahuan yang luas dan serba ‘mengetahui’ karena perannya untuk menjadi penyalur informasi. Maka dari itu kemampun ini sangatlah penting. Ini juga bisa membantu upaya branding perusahaan.
  • Menulis dan editing: Kemampuan ini merupakan hal dasar yang dibutuhkan untuk menjadi seorang PR yang profesional. Karena dalam kesehariannya PR diharuskan membuat press release, newsletter, video script, laporan dan lainnya.
  • Berbicara: Sama hal nya dengan menulis, keahlian ini merupakan hal dasar yang dibutuhkan. Baik perbincangan secara one-on-one, maupun publik speaking. Ini merupakan kunci dari kesuksesan seorang PR
  • Informasi network: Pekerjaan PR berhubungan dengan orang-orang penting baik dalam media, stakeholder, dan lainnya. Maka seorang PR harus memiliki skill dalam menyampaikan informasi kepada orang dan dengan waktu yang tepat.
  • Event Planning: Dalam pekerjaan PR, menyelenggarakan press conference atau media event-event penting lainnya merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan. Maka keahlian dalam merencakan dan juga membuat sebuah event merupakan hal yang sangat penting.

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, karir dalam Marketing dan PR adalah berbeda. Meskipun PR bisa berada dibawah lingkup marketing, bukan berarti pekerjaan PR lebih mudah atau lebih rendah dibandingkan marketing. Maka dari itu sebelum menentukan jalur karir yang ingin ditempuh, maka ada baiknya seseorang melakukan research dan mengetahui metode komunikasi mana yang lebih sesuai dengan mereka.

(oleh Fitri Frisdianti, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)