Di era media sosial, memasarkan merek Anda melalui radio terasa kuno. Meski sudah lama ada, radio sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibanding saluran komunikasi lain dalam hal menghasilkan PR positif. Berikut adalah beberapa alasan mengapa radio layak dipertimbangkan sebagai alat PR.
Radio Dapat Mensegmentasi dan Menargetkan Audiens Tertentu
Menargetkan konsumen pada waktu yang tepat sangat penting untuk keberhasilan setiap kampanye periklanan. Susunan format dan pilihan stasiun radio memungkinkan pengiklan menargetkan pendengar yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Perusahaan media memiliki pengetahuan dan penelitian mendalam tentang demografi setiap stasiun radio, sehingga radio dapat menawarkan wawasan tentang hari, waktu, dan format apa yang paling diuntungkan oleh bisnis Anda. Agar pesan Anda didengar oleh demografis yang tepat, wawancara radio biasanya merupakan strategi dan investasi waktu yang bagus. Penting untuk memiliki cerita yang kuat dengan sudut pandang manusia agar perencana program mempertimbangkan keterlibatan Anda. Seperti semua PR yang baik, cerita Anda harus segar, menarik, objektif, dan memberikan nilai bagi pendengar.
Radio Dapat Diadaptasi
Radio telah beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tren konsumen. Radio kini dapat diakses melalui laptop, komputer, ponsel, bahkan smart speaker. Pendengar dapat menyetel ke stasiun radio favorit mereka kapan pun mereka mau, melalui perangkat apa pun yang paling cocok untuk mereka. Pendengar radio tidak perlu menyisihkan waktu tertentu untuk berada di lokasi tertentu, seperti jenis media lainnya, yang membuat radio semakin ramah pengguna.
Tidak Ada Batasan Geografis
Anda dapat melakukan wawancara melalui telepon dan tampil langsung, semua dari kenyamanan rumah atau kantor Anda. Keahlian presenter radio berarti tidak ada yang tahu Anda tidak berada di studio dan ini menghemat waktu perjalanan Anda. Selain itu, jika bisnis Anda online dan pelanggan Anda internasional, Anda dapat menjangkau orang-orang di berbagai negara secara lebih efektif dan meningkatkan kesadaran merek Anda dengan tampil di program radio internasional.
Radio itu Interaktif
Radio dapat menjadi satu-satu dan pribadi dengan pendengar. Acara dengan segmen ajakan memberi kesempatan kepada pendengar untuk terlibat dan didengarkan. Kontes memberi penghargaan kepada pendengar atas kesetiaan mereka dan meningkatkan minat mereka pada stasiun radio. Kehadiran media sosial menyediakan ruang untuk interaksi yang dipersonalisasi dengan stasiun dan kepribadian on-air mereka.
Radio memberi pendengar kesempatan untuk terlibat dengan program atau kepribadian dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh platform media lainnya. Dan, berkali-kali, radio dapat memicu introspeksi dan percakapan dengan orang-orang di sekitar mereka.
Radio Hemat Biaya
Radio menjangkau konsumen secara lebih efisien. Dengan radio, satu pemancar mencakup area geografis yang luas, terlepas dari jumlah pendengarnya. Ini memungkinkan Anda menggunakan anggaran pemasaran dengan baik dengan menjangkau audiens yang lebih besar dengan biaya yang lebih terjangkau. Radio sangat hidup dan menarik, jadi pastikan itu adalah bagian dari rencana komunikasi Anda – radio mungkin dapat membawa merek Anda ke tingkat berikutnya tanpa biaya iklan.
Tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari radio
Ada banyak cara untuk mengembangkan profil merek melalui radio, misalnya membangun reputasi Anda sebagai pakar yang mengomentari topik spesialis. Cara yang baik untuk memulai di bidang ini adalah menawarkan diri Anda sebagai komentator ahli di stasiun lokal yang relevan dan menunjukkan bahwa Anda adalah pembicara yang andal dan berwibawa dengan memberikan wawancara atau komentar yang bagus.
Jenis rencana PR radio yang Anda gunakan juga bergantung pada beberapa faktor khusus untuk kebutuhan Anda. Sebelum memulai kampanye Anda sendiri, berikut beberapa rekomendasi untuk PR radio yang hebat.
Kelola harapan
Jangan pergi ke PR radio dengan harapan penjualan meningkat dengan cepat. Alih-alih, uraikan beberapa tujuan masuk akal yang ingin Anda capai dari kampanye Anda, dan rancang untuk mencapainya. Titik awal yang baik mencakup jenis liputan yang Anda inginkan, berapa banyak wawancara yang Anda inginkan jika Anda ingin mengaitkan merek Anda dengan stasiun tertentu, atau apakah Anda ingin mendorong beberapa bentuk umpan balik atau tindakan pendengar. Kampanye kemudian dapat disesuaikan untuk memenuhi tujuan ini. Ini adalah jenis pertanyaan yang akan ditanyakan oleh agensi PR seperti kami kepada Anda selama konsultasi awal untuk memutuskan PR radio seperti apa yang paling cocok untuk Anda.
Pikirkan apa yang akan dikomunikasikan
Hal pertama untuk mendapatkan hasil maksimal adalah Anda harus memiliki cerita yang solid untuk diceritakan. Perlu memastikan konten Anda menarik, serta berlaku untuk audiens mana pun yang Anda targetkan. Ini bisa jadi hasil penelitian yang lakukan, inisiatif baru, beberapa informasi yang ingin disampaikan, aksi yang dilakukan perusahaan Anda untuk mendapatkan perhatian, atau sesuatu yang Anda berikan sebagai bagian dari kompetisi. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin tampil terhadap audiens Anda, terutama jika itu adalah bagian dari kampanye reaktif.
Mempersiapkan juru bicara Anda
Salah satu aspek terpenting adalah menemukan juru bicara yang kuat untuk menyampaikan cerita Anda. Pikirkan baik-baik tentang siapa yang akan menjadi yang paling efektif. Siapa pun yang Anda pilih, sangat penting bahwa mereka adalah seseorang yang bereputasi baik dan dapat dihubungkan yang dapat berinteraksi dengan sukses dengan penyiar dan terlibat sepenuhnya dengan target audiens. Terlepas dari siapa yang Anda pilih, mereka memerlukan beberapa bentuk pelatihan media dan pengarahan menyeluruh tentang apa yang diharapkan. Jawaban preventif untuk pertanyaan kompleks sangat disarankan, demikian pula catatan tentang perbedaan setiap pemirsa dan stasiun. Meskipun Anda ingin konsisten dalam pesan Anda, cara berkomunikasinya mungkin berbeda tergantung pada siapa Anda berbicara.
Akankah kampanye menjadi saluran tunggal atau multi-platform?
Penting untuk mengetahui sejak awal kampanye Anda akan murni di radio atau lintas saluran, ditampilkan di streaming langsung atau di iklan media cetak. Tidak hanya mereka semua harus menyampaikan pesan yang sama, tetapi Anda juga harus memastikan bahwa mereka tidak saling bertentangan, yang bisa menjadi risiko saat melakukan wawancara langsung. Inilah sebabnya mengapa pengarahan menyeluruh untuk juru bicara sebelumnya sangat penting. Selain mengadaptasi pendekatan Anda ke berbagai platform dan saluran pemasaran, ada baiknya juga merencanakan umpan balik yang Anda terima di berbagai bentuk media ini setelahnya.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – referensi dari berbagai sumber)