Pernah suatu ketika saya sedang merenungi pekerjaan yang saya jalankan sebagai seorang praktisi Public Relations (PR), tiba-tiba muncul sebuah pertanyaan di kepala saya, apa sih yang membuat seseorang itu menjadi PR yang hebat? Pertanyaan itu muncul karena saya mengagumi orang-orang yang bisa bertahan di dunia PR selama berpuluh-puluh tahun meskipun banyak krisis yang dialami, dan tentunya kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi.
Saya ingin seperti mereka – menjadi PR yang hebat di masa mendatang. Lalu apa yang harus saya lakukan?
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dari para ahli PR untuk menjadi seorang PR yang handal, yang mungkin berguna untuk orang-orang seperti saya yang bercita-cita untuk menjadi seorang PR yang hebat.
1. Selalu standby dengan memanfaatkan teknologi
Pekerjaan PR bukan lah pekerjaan mudah, karena Anda dituntut untuk standby 24 jam jika sewaktu-waktu perusahaan Anda mengalami krisis. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi misalnya smartphone yang selalu aktif, Anda dapat memantau semua berita penting tentang perusahaan atau industri Anda, termasuk untuk memantau media sosial yang memungkinkan Anda untuk melihat trending topic yang mungkin sesuai dengan industri Anda. Selalu mengecek e-mail jugak tidak kalah penting, karena siapa tahu ada rekan media yang membutuhkan informasi dari Anda.
2. Berpikir seperti audiens
Seorang profesional PR harus mengetahui siapa audiens yang dituju untuk menentukan jenis cerita terbaik untuk diceritakan. Meski begitu, tidak setiap kisah akan berhasil. Mengetahui apa yang ingin didengar konsumen akan membantu untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi.
3. Keahlian persuasif
Seorang profesional PR harus mampu melakukan lebih dari sekadar membuat cerita yang menarik dan menceritakannya dengan baik, tetapi juga harus mampu menjual narasinya. Praktisi PR yang baik dapat mendefinisikan cerita, menulis dan menyajikannya sedemikian rupa sehingga media-media akan tertarik untuk mendistribusikannya ke khalayak yang lebih luas.
4. Memiliki jiwa petualang
Profesional PR percaya diri. Mereka tidak hanya mencari segelintir outlet media yang sama dan berpikir out of the box. Mereka berani untuk melakukan sesuatu yang baru dan mengambil resiko yang sudah diperhitungkan dengan mepertimbangkan peluang lain di luar sumber tradisional. Podcast, blog, influencer media sosial, dan YouTuber adalah area-area yang perlu dicoba untuk peluang PR yang baru.
5. Memperhatikan hal-hal kecil
Di bidang ini, akurasi berarti segalanya. Profesional PR yang baik mengembangkan metode untuk memastikan cerita mereka menggambarkan citra positif, dan juga berisi informasi yang akurat. Jangan menyebarkan berita palsu dengan meyebarkan cerita yang masih setengah matang. Pastikan sumber Anda sendiri dapat diandalkan sebelum Anda melempar cerita tersebut ke wartawan.
6. Kemampuan menulis yang baik
Meskipun pengembangan konten memilki makna yang lebih luas akhir-akhir ini, fondasi PR masih sangat bergantung pada artikulasi informasi yang kreatif. Karenanya keterampilan menulis di atas rata-rata sangat penting dalam PR.
7. Membangun hubungan
Hubungan adalah segalanya dalam PR. Salah satu tujuan inti dari profesi ini adalah membangun hubungan yang langgeng dengan klien dan masyarakat umum. Oleh karena itu, keberhasilan dalam PR cenderung pada kemampuan profesional untuk menjaga hubungan dan menjembatani jurang komunikasi dengan memupuk percakapan berkualitas dan membina hubungan pribadi. Sebagai seorang profesional PR yang bekerja untuk sebuah brand, Anda harus responsif, membantu, dan ramah kepada setiap orang yang bertanya.
8. Fleksibilitas
Menjadi seorang PR harus fleksibel. Klien bisa saja mengubah rencana mereka tanpa pemberitahuan dan ada krisis yang terjadi tiba-tiba. Di saluran media sosial, misalnya, satu postingan negatif dapat menjatuhkan seluruh organisasi. Untuk menjadi profesional PR yang baik, Anda harus memiliki kemampuan untuk menangani apa pun yang Anda hadapi, dengan cara seefisien mungkin.
Dunia PR akan terus berkembang, seorang praktisi PR sebaiknya memiliki semua keahlian di atas untuk mendapatkan peluang terbaik agar menjadi profesional PR yang hebat. Meskipun daftar di atas tidak menyajikan semua persyaratan profesional PR yang baik, daftar tersebut adalah poin yang bagus untuk memulai perjalanan karier Anda.
(Oleh Siti Aisyah, Praktisi Public Relations; Referensi dari berbagai sumber)