Seperti yang kita ketahui, saat ini setiap bisnis mulai dari fashion hingga merek teknologi, beberapa menggunakan QR Code. QR Code juga membantu para profesional public relations (PR) terhubung langsung dengan publik, yang perhatiannya semakin terfragmentasi. Kode Quick Response (QR) dibaca dan dipahami oleh smartphone, kode dua dimensi ini memberikan kesempatan kepada pembuatnya untuk menyematkan berbagai informasi, mirip dengan barcode tradisional di toko. Namun tidak seperti kode tersebut, kode ini dapat berisi teks atau URL di dalamnya, membuat portal yang langsung menghubungkan siapa pun yang memindai kode dengan sejumlah aplikasi khusus.
Pada intinya, QR code digunakan untuk mempromosikan keterlibatan dan interaksi melalui smartphone konsumen, dan strategi ini memungkinkan bisnis untuk menyampaikan informasi langsung kepada konsumen. Cepat dan mudah digunakan, yang merupakan keuntungan tambahan karena sebagian besar konsumen tidak ingin membuang waktu untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Saat ini para profesional PR menyadari manfaat mengirim konsumen dan media langsung ke situs tertentu untuk informasi lebih lanjut.
Seperti contohnya saat reporter harus menambahkan lebih banyak komponen ke berita mereka. Kode QR dapat membantu media dengan memberi mereka informasi perusahaan atau acara saat dalam perjalanan. Alih-alih merujuk seseorang ke ruang pers, kode QR dapat mengarahkan reporter langsung ke siaran pers atau informasi lain yang dapat diakses melalui ponsel. Lantas apa saja keuntungan menggunakan QR Code ini untuk PR? Berikut jawabannya dengan beberapa alasan yang dirangkum dari berbagai sumber, yaitu:
1.Mengarahkan ke Website Perusahaan
Menempatkan QR code pada segala jenis materi promosi dari perusahaan dapat mengarahkan pemindai ke laman pendaftaran di situs web perusahaan. Dengan cara ini, kerumitan mencari bisnis, dan kemudian menemukan situs web yang tepat dari daftar hasil pencarian akan dihilangkan, karena konsumen dibawa ke tempat yang tepat segera setelah mereka memindai kode. Kemudian, mereka bebas menjelajahi dan menjelajahi situs web, dan sebagai bonus tambahan, ada banyak alat yang memungkinkan bisnis mengukur keefektifan kode QR juga.
2.Medorong Audiens Untuk Mengikuti Anda di Media Sosial
Media sosial adalah platform yang bagus untuk menjangkau audiens Anda. QR code di perusahaan PR akan memberikan dorongan untuk jangkauan Anda dengan cara menautkan QR code ke saluran media sosial, yang Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Misalnya, Anda dapat menambahkan tautan Instagram, Snapchat, atau Linkedin ke QR code Anda. Setelah memindai, audiens akan dialihkan ke akun media sosial Anda. Di sini, mereka dapat menyukai postingan Anda dan mengikuti akun Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mendorong keterlibatan sosial. Hal ini tentunya akan memotong waktu pengguna dalam menelusuri Anda secara manual di web. Semakin banyak teknik yang ramah pengguna, semakin baik hasilnya.
3.Arahkan Pengunjung ke Ruang Berita Online
Tidak hanya jurnalis yang mengunjungi redaksi online Anda. Blogger dan konsumen juga mengunjunginya untuk lebih banyak kesadaran merek. Jadi, permudah tugas mereka dengan menautkan redaksi berita online Anda ke QR code. Setelah memindai, audiens Anda dapat menemukan konten di satu tempat — tweet, halaman penggemar facebook, saluran YouTube, dan blog Anda. Anda dapat menempatkan QR code ini di samping konten yang Anda publikasikan atau siarkan. Ini akan memberi pengunjung akses yang mudah ke siaran pers dan ruang redaksi online.
4.Sebagai Kontak Langsung & Tambahan Informasi
Dengan acara yang diselenggarakan perusahaan, seperti konferensi, keterlibatan dan berinteraksi dengan orang banyak adalah suatu keharusan. Cara efektif untuk melakukannya adalah dengan memiliki QR code di kartu nama perusahaan atau materi cetak promosi lainnya sehingga ketika peserta lain memindai kode tersebut, mereka akan diarahkan ke nomor kontak perusahaan atau informasi kontak lain tentang perusahaan. Kode QR perusahaan juga dapat menerima pesan SMS atau email ketika mereka memindai kode perusahaan.
Strategi ini sangat berguna untuk penjualan, peningkatan produk, dukungan pelanggan, serta memantau semua informasi yang dikumpulkan untuk meningkatkan kampanye PR lainnya seperti kampanye email, buletin, atau tingkat kinerja email dan pesan teks (terbuka dan tingkat bouncing). Saat memindai QR code, konsumen juga dapat diarahkan ke halaman unduhan tempat mereka dapat mengunduh aplikasi perusahaan, tempat mereka dapat menjelajahi produk atau layanan yang ditawarkan bisnis, atau berinteraksi dengan perusahaan.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)