Apa itu PR berbasis data?
Data driven atau berbasis data merupakan suatu cara melakukan pekerjaan berdasarkan data yang ada. Jadi, setiap pekerjaan yang dilakukan haruslah berdasarkan data yang ada. Data driven sangatlah penting dan bermanfaat bagi pekerjaan. Pasalnya, hal ini membuat pekerjaan lebih tervalidasi, lantaran sesuai dengan data yang dimiliki.
Dalam PR, data adalah alat yang hebat untuk membantu Anda memasukkan data berharga untuk strategi PR Anda, dengan menggunakan semua data yang tersedia, Anda akan dapat membentuk strategi PR yang lebih kohesif yang memberikan hasil berdasarkan informasi nyata, daripada mengikuti naluri, mengandalkan firasat, atau tidak memiliki strategi sama sekali. PR berbasis data sebenarnya dapat memudahkan Anda melacak efektivitas strategi PR Anda dan memasukkan data ke dalam siaran pers.
Saat ini semakin modernnya tool yang digunakan, penanda digital kini dapat melacak angka berharga seperti penayangan, keterlibatan, klik-tayang, dan banyak lagi. Dengan menambang data yang tersedia, Anda dapat melihat di mana penempatan media Anda berkinerja terbaik, mengidentifikasi hari dan waktu yang optimal untuk memposting siaran pers untuk eksposur dan keterlibatan maksimum, dan membantu Anda mengelompokkan media. Gabungan, informasi ini akan memungkinkan Anda untuk membentuk strategi PR yang jauh lebih efektif.
Manfaat Menggunakan Humas Berbasis Data
Secara alami, ada beberapa manfaat menggunakan hubungan masyarakat berbasis data, yaitu:
- Memiliki kontrol lebih besar atas konten – Ini termasuk menggunakan data untuk secara strategis menemukan dan mengatur waktu siaran pers Anda untuk mendapatkan jumlah penayangan, keterlibatan, dan klik-tayang yang optimal. Hal ini tidak hanya akan memberikan jumlah perhatian terbesar pada siaran pers, tetapi juga memastikan mereka berada dalam target audiens yang ditargetkan.
- Menggunakan data untuk mempelajari audiens dan mengukur keberhasilan siaran pers – Memasukkan data dalam rilis aktual, akan memberi Anda peluang sukses terbesar. Ketika Anda menggunakan data dan statistik dalam siaran pers Anda, jurnalis dan reporter akan lebih memperhatikan daripada jika Anda tidak melakukannya. Data seringkali dapat menceritakan kisah untuk Anda secara lebih efektif dan memberikan kredibilitas pada setiap pendapat yang mungkin Anda tawarkan.
- Membuat siaran pers berkualitas lebih tinggi – Menyertakan data yang konsisten dan andal membantu dan membuat merek Anda tampak lebih berkualitas. Ketika jurnalis mulai menganggap Anda dan merek Anda lebih serius, mereka kemungkinan akan mengambil lebih banyak rilis Anda dan membantu Anda membangun hubungan media yang tahan lama dan berkualitas. Dan itu semua berasal dari penggunaan data perusahaan dalam konten Anda.
Cara Menggunakan Data untuk Meningkatkan Strategi PR
Ketika sampai pada upaya hubungan masyarakat, Anda dapat memanfaatkan data untuk membuat strategi yang lebih terukur. Dengan menggunakan data, Anda dapat merencanakan konten, penempatan, dan meningkatkan waktu siaran pers dengan lebih baik. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari budget yang ditetapkan dan menjangkau audiens terbesar dan terbaik. Berikut cara-cara yang dapat diterapakan, yaitu:
Memahami Siklus & Tren Berita
Ada data yang tersedia yang dapat Anda digunakan/manfaatkan untuk memprediksi tren dan siklus. Berita. Jenis cerita apa yang diambil? Berapa panjang yang paling cocok? Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar cerita Anda diterbitkan? Ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu diingat ketika Anda melempar siaran pers Anda.
Selanjutnya, bagaimana tren di industri Anda berlaku untuk pembaca di komunitas tertentu? Terkadang orang di luar niche normal Anda mungkin tertarik untuk mendengar tentang tren yang berkembang di tempat lain, dan jurnalis selalu mencari cerita yang sesuatu yang sedang trend.
Mengasah Penargetan Lokasi Anda
Data juga memungkinkan Anda untuk mengetahui cerita mana yang berkinerja lebih baik di lokasi yang berbeda, membantu Anda mempelajari di mana audiens target Anda tinggal dan jenis konten apa yang paling ingin mereka baca. Anda juga akan dapat mempelajari outlet media mana yang memberikan liputan paling banyak kepada Anda sehingga Anda dapat mengembangkan hubungan tersebut. Di sisi lain, Anda juga dapat mempelajari outlet mana dalam rentang target Anda yang tidak mencakup Anda, memberi Anda kesempatan untuk melihat bagaimana Anda dapat membangun hubungan tersebut sehingga mereka akan memperhatikan Anda dan mengambil cerita Anda.
Ukur Kualitas, Bukan Kuantitas
Anda perlu mempertimbangkan kualitas outlet yang menjalankan cerita Anda, serta seberapa relevan mereka yang membaca rilis Anda akan menemukan informasi tersebut. Jika Anda diterbitkan oleh outlet yang meliput industri spesifik Anda tetapi mendapatkan jumlah penayangan yang lebih rendah, ini sebenarnya adalah nilai yang jauh lebih baik daripada jika cerita Anda berjalan di publikasi yang tidak terkait dan mendapatkan banyak hits. Nilai sebenarnya terletak pada kualitas pandangan. Meskipun tidak semua siaran pers dibuat sama, tetapi siaran pers yang dijalankan pada waktu yang tepat, dan diterbitkan di tempat yang tepat akan menghadirkan audiens yang Anda inginkan. Ini semua terbentuk melalui PR yang hati-hati dan berbasis data.
(oleh Irianty, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)