Facebook Pixel adalah fitur analitik berupa kode yang diletakkan pada website. Kode ini berfungsi mengumpulkan data-data pengguna untuk mencatat konversi dari Facebook Ads, memaksimalkan iklan, membangun audiens yang tertarget, dan menjangkau orang yang melakukan sesuatu di website Anda. Tentunya, keberadaan Facebook Pixel dapat digunakan untuk memastikan iklan ditayangkan ke orang yang tepat, mencari pelanggan baru, mendorong lebih banyak penjualan, dan mengukur hasil iklan Anda.
Fungsi Facebook Pixel
Seperti yang sudah dijelaskan, Facebook Pixel memberikan informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk membuat Facebook Ads dan menargetkan iklan Anda dengan lebih baik. Data pelacakan Facebook Pixel membantu memastikan iklan Anda dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang Anda inginkan. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat konversi Facebook Ads Anda dan mendapatkan Return of Investment (ROI) yang lebih baik. Ada beberapa fungsi lain yang bisa digunakan melalui Facebook Pixel, yaitu:
a. Melakukan Retargeting
Ketika Anda mengetahui produk atau jenis artikel apa saja yang sering mendapat perhatian dari para pengguna internet atau calon pelanggan, tentunya Anda akan lebih sering melakukan promosi tersebut agar dapat meraih lebih banyak awareness. Melalui Facebook Pixel, Anda bisa mengetahui grafik peristiwa yang terjadi pada website, seperti orang-orang yang melakukan pembelanjaan tapi tidak menyelesaikan prosesnya, masuk ke halaman tertentu, mendaftarkan akun, hingga mendaftarkan newsletter pada website.
b. Menemukan Audiens Sejenis
Anda juga bisa mendapatkan beberapa jenis audiens baru dengan ketertarikan yang serupa dengan audiens yang menjadi target Anda. Data ini bisa diperoleh dari aktivitas website atau atau cookies, seperti pembelian, pendaftaran akun, berlangganan e-mail, dsb. Audiens sejenis atau lookalike audiens merupakan cara Facebook membantu Anda menemukan target audiens serupa dengan behavior dan interest dari target sasaran, dampaknya tentu saja lebih memudahkan Anda dalam membuat strategi untuk audiens yang berpotensi.
c. Mengoptimalkan Nilai Facebook Ads
Selain mengandalkan kemampuan Facebook Ads untuk mengiklankan produk, Anda juga harus menggunakan website agar hasil pemasaran semakin optimal. Cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat artikel di website yang relevan dengan audiens Anda. Setelah mengunggah beberapa artikel, Anda dapat melihat kemajuan website tersebut dengan mengeceknya menggunakan Facebook Pixel. Ingat, Anda juga harus memperhatikan keamanan dan kecepatan website agar tidak lamban, error saat menerima banyak kunjungan.
d. Melakukan Tracking Conversion Secara Spesifik
Tak hanya berguna sebagai pemantau jumlah visitor blog dan viewers artikel, Facebook Pixel juga bisa melakukan konversi terhadap data yang Anda miliki dari website. Konversi atau sering disebut sebagai conversion rate bisa digunakan untuk melihat jumlah pengunjung website yang melakukan tindakan menguntungkan, Sebagai contoh, membuat audiens mengunjungi website untuk membeli atau melakukan pendaftaran. Hasil dari conversion rate ini nantinya bisa Anda pelajari untuk merencanakan marketing campaign selanjutnya.
Bagaimana Cara Public Relations (PR) Dapat Memanfaatkan Iklan di Facebook?
Saat ini industri PR berubah dengan cepat. Dalam bidang yang sangat kompetitif, perusahaan PR besar dan kecil mengubah penawaran tradisional mereka untuk juga memasukkan layanan digital yang mendorong pendapatan untuk klien mereka – dan untuk diri mereka sendiri. Platform periklanan seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn berpotensi merupakan sebagai alat yang sempurna untuk meningkatkan layanan yang diberikan.
Dengan menggunakan Facebook berbayar atau platform lainnya, bidang PR memiliki kemampuan untuk menghasilkan pesan, posisi, cakupan media yang diperoleh, dan bahkan melakukan strategi yang berpengaruh untuk klien mereka. Lantas apa saja cara yang bisa diterapkan guna menghasilkan hasil yang maksimal dari beriklan Facebook? Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan:
- Ubah konversi traffic dari penempatan media menjadi penjualan menggunakan Facebook Pixel. Setiap kali Anda mendapatkan klien di acara pagi, klip majalah digital, hit influencer, atau bahkan cetak, itu menghasilkan gelombang lalu lintas situs web baru untuk klien Anda.
- Gunakan setiap in-real-life event untuk menangkap perhatian audiens yang dapat Anda targetkan ulang kedepannya. Rekam dan posting video live di profil bisnis Instagram klien Anda dan / atau buat acara Facebook Live Anda. Facebook memungkinkan Anda untuk menargetkan ulang siapa pun yang berinteraksi dengan profil bisnis Instagram atau yang menonton persentase tertentu dari video Facebook Live – cara sempurna untuk menjangkau siapa pun yang mungkin Anda lewatkan.
- Gunakan konten video untuk membangun penonton yang siap bertindak. Video jelas menjadi pusat perhatian dalam hal strategi konten dan membangun audiens yang hangat dari calon pelanggan yang siap mengambil tindakan.
- Reframe client conversations seputar pendapatan, perolehan pelanggan alih-alih membahas likes, followers dan impressions. Anda sudah memiliki klien stabil yang solid untuk perusahaan Anda – sekarang saatnya untuk meningkatkan penjualan mereka di layanan iklan Facebook. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendiskusikan iklan Facebook dengan fokus yang sangat jelas untuk menghasilkan revenue dan melacak kesuksesan.
- Gunakan iklan berbayar LinkedIn untuk klien B2B Anda, bersamaan dengan Facebook. Iklan LinkedIn biasanya lebih mahal daripada Facebook, tetapi kualitas prospek B2B paling top-of-the-funnel cenderung jauh lebih tinggi. Ini dapat memberikan hasil yang besar jika Anda menggunakan kedua platform secara bersamaan.
(oleh Irianty Nur Afiah, praktisi Public Relations – IndoneisaPR.id; referensi dari berbagai sumber)