Bukan rahasia lagi bahwa bidang Public Relations (PR) dan pemasaran telah berkembang pesat terutama dalam beberapa tahun terakhir. Kemunculan dan perkembangan komunikasi digital telah menciptakan kebutuhan akan kolaborasi antar departemen untuk menciptakan dan mempertahankan kesinambungan pesan-pesan dari sebuah organisasi. Dari pengembangan konten dan media sosial, paid media hingga earned media, garis antara disiplin ilmu mulai menyatu dan menjadi samar.

PR dan marketing memiliki tujuan yang sama. Keduanya sama-sama bertujuan untuk membangun kesadaran akan brand dan meningkatkan reputasi perusahaan. Baik PR maupun marketing merupakan komponen penting dalam memperkuat dan menyampaikan pesan-pesan penting dari sebuah organisasi. Yang membedakannya adalah marketing adalah tentang menjual, sementara PR adalah tentang menciptakan dan memelihara image di pasar.

Pendekatan marketing dan PR yang terintegrasi dapat membuat kedua praktik tersebut jauh lebih efisien dan efektif. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan dapat mempertimbangkan untuk mengintegrasikan PR dan strategi marketing mereka untuk meningkatkan hasil online mereka.

  1. Integrasi menghasilkan kreativitas yang lebih banyak

Merupakan tugas seorang profesional PR untuk memprediksi dan memahami tren terbaru di berbagai industri yang berbeda. Ini berarti bahwa ketika pakar marketing bekerja dengan profesional PR, mereka memiliki peluang unik untuk menjadi yang terdepan dengan kampanye baru dan menarik. Di sisi lain, pakar marketing juga dapat memberi tim PR wawasan tentang hasil kampanye pemasaran.

  1. Memperkuat upaya promosi

Marketing hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Misalnya mengirim newsletter kepada pelanggan potensial melalui e-mail, menulis konten dan menerbitkannya di blog, atau bahkan berkomunikasi dengan pelanggan melalui media sosial. Sementara itu, PR dapat bertindak sebagai sarana tambahan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan promosi mereka. Kombinasi yang tepat dari content marketing dan strategi PR dapat membantu membawa konten ke level berikutnya dan memastikan bahwa kampanye pemasaran menjangkau khalayak seluas mungkin.

  1. Meningkatkan konsistensi brand

Menciptakan brand yang sukses di pasar saat ini adalah tentang membangun identitas yang kuat untuk perusahaan dan mempertahankan image konsisten yang sama di berbagai platform. Menggabungkan PR dan marketing ke dalam satu praktik membantu memastikan bahwa semua pesan yang dikeluarkan perusahaan ke ranah digital dan offline memiliki tone of voice dan image yang sama. Faktanya, perusahaan bahkan dapat membuat program yang seragam untuk digunakan tim mereka setiap kali mereka mempublikasikan rilis pers atau konten baru.

  1. SEO dan rangking yang lebih baik

Di dunia di mana menjadi yang pertama dalam hasil penelusuran Google sangat penting untuk menjadi yang terdepan dari kompetitor, penting untuk memikirkan tentang bagaimana Anda dapat mengoptimalkan hasil SEO Anda. Banyak pemasar menanamkan keyword ke dalam konten website mereka untuk membantu meningkatkan SEO, tetapi siaran pers juga didistribusikan di seluruh web, menawarkan peluang backlink yang juga dapat membantu SEO. Saat aktivitas PR dan upaya pemasaran digabungkan, jauh lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di search engine.

  1. Meningkatkan hubungan

Terkadang dalam marketing, sulit untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan ketika bisnisnya belum memiliki kredibilitas yang tinggi dalam industri mereka. Untuk organisasi yang baru memasuki pasar, penting untuk memulai popularitas entitas lain di sektor mereka. Pakar PR dapat bekerja dengan outlet media dan influencer untuk membangun hubungan yang mendukung kredibilitas perusahaan saat membangun kekuatan marketingnya.

(oleh Siti Aisyah, praktisi Public Relations; referensi dari berbagai sumber)