Kita semua tahu Public Relations (PR) lebih dari sekedar mengirimkan rilis atau menyelenggarakan konferensi pers dalam mendukung kampanye produk/layanan perusahaan yang Anda wakili.

Siapa yang mau terjebak untuk terus menerus melakukan hal yang sama berulang-ulang, apalagi meniru langkah yang sudah dilakukan para kompetitor, karena tentunya kita harus berbeda dan menonjol.

Lalu, kira-kira apa yang perlu diperhatikan untuk menciptakan kampanye PR yang sukses? Ada lima tips yang dapat membantu Anda dalam memformulasikan kampanye PR yang sukses.

  • Be SMART

Tidak hanya pemikiran yang smart atau cerdas dan logis yang diperlukan, tetapi Anda juga perlu berpegang pada pedoman S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Timely).  Pedoman ini dapat mempertajam tujuan yang ingin dicapai, memastikan tujuan Anda relevan dan seiringan dengan arah perusahaan untuk kedepannya.

  • Be Knowledgeable

Selalu bekali diri dengan pengetahuan terkini terutama mengenai target market, industri dan pesaing Anda. Anda perlu tahu apa dan bagaimana sasaran pasar Anda sehingga Anda dapat menciptakan dan menyampaikan pesan yang benar-benar dapat berbicara kepada mereka. Anda perlu tahu perkembangan industri supaya dapat menciptakan dengan pasti produk/layanan yang dibutuhkan dan membantu Anda mengidentifikasi pasar niche yang menguntungkan.

  • Be Creative

Kreatif bukan sekedar memikirkan hal-hal dengan cara yang berbeda, tetapi menjadi berbeda. Lakukan cara yang berbeda dengan yang biasa Anda lakukan. Keberhasilan suatu PR campaign yang lalu, tidak menjamin formula serupa akan mengulang kesuksesan yang sama apalagi lebih sukses lagi. Cobalah membuat rencana baru untuk setiap campaign baru dan pastikan untuk memasukkan dua karakteristik di atas dalam membuat rencana yang relevan dan efektif.

  • Be Integrated

Integrasikan diri Anda di dalam kehidupan pelanggan Anda. Ketika mereka datang dengan pertanyaan, komplain, atau hanya ingin menghubungi Anda, cobalah untuk mendengarkan dengan baik, benar-benar menjawab kebutuhan mereka dan berinteraksi langsung dengan mereka. Hal lain yang perlu diperhatikan: integrasi antara rencana Anda serta tim di dalam kampanye PR, supaya tercipta cetak biru yang sinergis dan kolaboratif.

  • Be Attentive

Pantau selalu word of mouth (WOM), sadari apa yang terjadi di dunia online dan apa yang dikatakan tentang dan kepada Anda. Ini adalah cara mudah untuk mencegah dan meredakan krisis, bahkan lebih baik lagi, Anda dapat membuat pelanggan setia merasa seperti Anda mengenal mereka dan menghargai mereka. Ini juga bagian dari be knowledgeable, tahu apa yang pelanggan Anda inginkan sehingga Anda dapat melayani mereka. Juga menyadari persaingan Anda dan apa yang kompetitor lakukan, ini bisa menyelamatkan Anda dari lonjakan pelanggan yang berpaling. Yang paling penting, perhatikan dengan seksama setiap perubahan dan efektivitas dari kampanye Anda. Apakah Anda sukses? Apakah Anda memenuhi tujuan Anda? Ukur hasilnya dalam cara apa pun yang Anda lihat cocok, pastikan bahwa Anda mengetahui apa yang terjadi.

Hal yang tidak kalah penting dari aspek PR di atas adalah media relations. Perlakukan media seperti Anda memperlakukan pelanggan Anda, media memiliki peran integral dalam kesuksesan Anda dengan pelanggan. Ketahui bagaimana cara menghargai mereka seperti Anda menghargai pelanggan Anda. Jika tidak, mereka tidak punya cukup alasan untuk mengangkat berita Anda atau menceritakan kampanye Anda.

Terakhir, bukan merupakan ide yang buruk untuk berkonsultasi dalam perencanaan kampanye Anda. Ingat bahwa ada orang yang telah melakukan hal ini sebelumnya akan bersedia untuk membantu Anda untuk memberikan saran atau bahkan bantuan perencanaan. Memang memerlukan tambahan biaya, tetapi bukankah masih lebih baik membayar sebuah perencanaan yang baik daripada mengeluarkan biaya untuk meredakan krisis?

Sumber: publicrelationsblogger.com and theprworld.com

Sumber gambar